Minggu, 30 Maret 2008

PONPES SUNAN DERAJAT, Paciran Lamongan eps 2

PROGRAM : KELILING PESANTREN
LOKASI : PONDOK PESANTREN SUNAN DERAJAT, Paciran Lamongan
EPISODE : 15 (LIMA BELAS)
LIPUTAN : 12 – 13 MARET 2008
TAYANG : 13 APRIL 2008

===============================================================
SEGMENT 1 => (6’)

BUMPER IN
HIGLIGHT PROGRAM EPISODE INI (30”)
OPENING PROGRAM => HOST CITA HELMI………………………………………
Still Text: Crew Menuju Lokasi Pondok Pesantren Sunan Derajat Paciran Lamongan
(NB: Hanya di Segment 1 saja – di proporsikan sesuai alur)
OPENING PENGANTAR SEGMENT DI LOKASI (Reporter) => Cita Helmi
(Cita Helmi Naik Dokar/sama dengan eps lalu)

VO.
ASSALAMU’ALAIKUM SOBAT SANTRI/ MINGGU LALU TIM KELILING PESANTREN SUDAH MENGUPAS TENTANG SEGALA AKTIFITAS PERNAK-PERNIK PROFIL PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT YANG BERADA DI PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN INI// NAH!/ SOBAT SANTRI/ BAGAIMANA DENGAN KETRAMPILAN WIRAUSAHA PARA SANTRI DISANA!// MARI KITA KUPAS LEBIH DALAM LAGI?//
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)
KONDISI SOSIO-GEOGRAFIS SEBUAH MASYARAKAT TIDAK TERLEPAS DARI PERKEMBANGAN DAN DINAMIKA PEREKONOMIAN YANG BERLAKU DIDALAMNYA// LETAK GEOGRAFIS PERILAKU SOSIAL DAN KECENDERUNGAN DALAM MEMILIH MATA PENCARIAN MERUPAKAN TIGA MATA RANTAI YANG SALING MENGAIT DAN SALING MEMPENAGRUHI.// KETIGANYA BERJALAN PARAREL DAN BERGERAK SECARA LINEAR//
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN PESANTREN TIDAK HANYA MENUNTUT PADA TINGKAT KEBUTUHAN KUALITAS DAN KUANTITAS PRODUKSI/TETAPI JUGA MEMBUTUHKAN PELAKU EKONOMI DENGAN KAPABILITAS YANG LEBIH/BERWAWASAN LUAS/JUJUR SERTA MAMPU MENGEMBANGKAN MENJADI SEBUAH USAHA YANG MEMBERIKAN MANFAAT BERSAMA//

PODOK PESANTREN SUNAN DERAJAT PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN INI MENIRU PENDIDIKAN YANG DITERAPKAN OLEH SALAH SATU WALI SONGO DALAM DISIPLIN PERKONOMIAN// DIMANA KANJENG SUNAN DRAJAT DAHULU ADALAH SEORANG AHLI ILMU EKONOMI/SELAIN MENGUASAI ILMU AGAMA// DALAM PROSES MENSYIARKAN AGAMA ISLAM/BELIAU JUGA AHLI DALAM DUNIA PERDAGANGAN//

BELIAU JUGA MENERAPKAN ILMU KEJUJURAN DAN BUDI PEKERTI// DIMANA PEDOMAN TERSEBUT MAMPU MEMBAWANYA SAMPAI KEJENJANG KESEJAHTERAAN YANG MELIMPAH// DENGAN PRINSIP LEBIH BAIK MEMBERI DARIPADA MEMINTA KEPADA ORANG LAIN// HAL ITULAH YANG SEKARANG DITERAPKAN OLEH PONDOK PESANTREN SUNAN DERAJAT SEKARANG INI//

PESANTREN INI MAMPU MENGOLAH MANAGEMEN KEPESANTRENAN DENGAN BAIK// ARTINYA MEMBANGUN PESANTREN SAMBIL BERBISNIS// DENGAN CARA BEKERJA KERAS DAN DIBANTU MASYARAKAT SEKITAR /DALAM MENGHIDUPI PESANTREN INI// TUJUANNYA ADALAH PONDOK PESANTREN INI MAMPU BERKEMBANG DENGAN BAIK//
SOUND BITE : DR.KH. ABDUL GHOFUR
(PENGASUH PONPES SUNAN DERAJAT)
IN :
OUT :
NAMUN TIDAK MENGABAIKAN PROSES PENDIDIKAN DI DALAM PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT// ARTINYA SEMUA TETAP BERJALAN SESUAI KORIDORNYA MASING-MASING// SELAIN SANTRI BELAJAR ILMU AGAMA DAN UMUM/MEREKA JUGA DIBEKALI ILMU KEMANDIRIAN USAHA// AGAR KELAK JIKA SANTRI LULUS DARI PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT / MEREKA MAMPU MEMBUKA LAPANGAN PEKERJAAN SENDIRI// YANG NANTINYA MENJADI KADER USAHAWAN YANG BERMORAL DAN JUJUR// SERTA MAMPU MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT INDONESIA//
CITA HELMI (Reporter) => In Frame
(Menerangkan Praktek Fotografer )

MESKI HAL ITU SULIT DILAKUKAN/NAMUN PEMBELAJARAN DAN PELATIHAN
DARI GURU PEMBIMBINNG MAMPU MENCETAK TENAGA TERAMPIL DI PESANTREN// INSYAALLAH SEDIKIT DEMI SEDIKIT AKAN MEMPEROLEH KESUKSESAN// DIMANA MAKNA FILOSOFI/ MENGUBAH DAN MEMBANTU MASYARAKAT KURANG MAMPU ITU LEBIH PENTING/ DARIPADA TIDAK PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR//
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 2 atau Visual
(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)
BUMPER OUT

SEGMENT 2 => (7’)
BUMPER IN
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

SOBAT SANTRI/ ILMU KETRAMPILAN WIRAUSAHA PONDOK PESANTREN SUNAN DERAJAT INI MENGACU PADA KONSEP KANJENG SUNAN DERAJAT// YANG TUJUANNYA MEMBERIKAN BEKAL SANTRI DALAM SEGALA BIDANG ILMU//
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

CITA HELMI (Reporter) => In Frame
(Menerangkan Praktek Pembuatan Roti )

SELAIN MEMBERIKAN MODAL DALAM PENDIDIKAN/JUGA LAPANGAN PEKERJAAN// PENDIDIKAN WIRAUSAHA PESANTREN INI TIDAK SEMATA HANYA PROFIT ORIENTED/NAMUN SEBAGAI TEMPAT PRAKTEK BAGI PATA SANTRI DISANA// BAIK DALAM BIDANG JASA MAUPUN INDUSTRI PERTANIAN// SEMUA MENGACU PADA ALAM DAN NON KIMIAWI//
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

DIMANA DALAM MASA SEKARANG SUDAH BANYAK TERBUKTI BAHWA HANCURNYA PETANI DI INDONESIA/KARENA HANCURNYA TANAH PERTANIAN// HINGGA PARA PETANI SERING MENGALAMI GAGAL PANEN// HAL INI KARENA BANYAK BAHAN-BAHAN KIMIA YANG DIGUNAKAN DALAM BERTANI MENYALAHI ATURAN YANG DITETAPKAN OLEH PEMERINTAH// DARI PENGALAMAN ITULAH/ PONDOK PESANTREN MEMIKIRKAN CARA YANG TEPAT DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TERSEBUT//

SOUND BITE : H. ACHMAD IWAN ZUNAIH. Lc, MM.
(KEPALA UNIT USAHA PONPES SUNAN DERAJAT)
IN :
OUT :

DIMANA KELAK PARA PETANI MAMPU PANEN MELIMPAH/TAPI TANAHNYA TETAP SUBUR!// BAGAIMAN SOLUSINYA?// INDUSTRI PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT AKHIRNYA MENCIPTAKAN BAHAN BAKU PUPUK ORGANIK NON KIMIAWI/SEBAGAI PENYUBUR TANAMAN// AGAR TANAH TETAP SEHAT DAN TIDAK RUSAK//

KUALITAS PUPUK PESANTREN PUN DIATAS STANDART// ARTINYA LEBIH BAIK DARI PUPUK KIMIA DAN BAHANNYA DARI ALAM SEKITAR PESANTREN// ALHAMDULLILAH CARA TERSEBUT SANGAT MENGUNTUNGKAN BAGI PARA PETANI SEKITAR KABUPATEN LAMONGAN DAN SEKITARNYA//

TERBUKTI SAMPAI SEKARANG BERJALAN DENGAN BAIK// DIMANA SEKITAR PONDOK YANG BERTANAH KAPUR DI KAWASAN PACIRAN INI TETAP SUBUR DITUMBUHI POHON PRODUKTIF// MESKI NAMPAK GERSANG/ TETAPI HAWANYA SEJUK// DENGAN RIMBUNNYA TUMBUHAN PRODUKTIF DI KAWASAN TERSEBUT//
SEHINGGA MASYARAKAT PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN MENJADI GEMAR BERTANI DAN TIDAK TAKUT LAGI GAGAL PANEN// APALAGI INDUSTRI DI PONDOK PESANTREN SEBAGAI PENDAMPING MAMPU BERKEMBANG DENGAN BAIK//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 3 …Wawancara atau Visual )
(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)
BUMPER OUT
SEGMENT 3 => (7’)
BUMPER IN
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

SOBAT SANTRI/ TIDAK MUDAH DALAM MENGELOLA SEBUAH INSTITUSI KEPESANTRENAN// HANYA MANUSIA-MANUSIA KREATIF DAN CERDAS YANG MAMPU MENGELOLANYA// APALAGI HASILNYA MAMPU DI AMALKAN DEMI KESEJAHTERAAN UMAT!//
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)


PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT YANG MEMPUNYAI LUAS 60 HEKTAR DAN DIKELILINGI GUNUNG KAPUR INI MAMPUNYAI NILAI EKONOMIS YANG CUKUP TINGGI//
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

MAMPU BERFIKIR DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM SEKITAR ADALAH SALAH SATU TUJUAN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT // KANDUNGAN TANAH KAPUR ITULAH YANG MEMPUNYAI KEUNTUNGAN YANG LUAR BIASA// DIMANA SELAMA INI HANYA DIJUAL SEBAGAI TANAH URUK/NAMUN SEKARANG SUDAH MAMPU DIOLAH MENJADI BAHAN BAKU PUPUK ORGANIK//

SELAIN ITU RIMBUNNYA POHON MENGKUDU DISEKITAR GUNUNG KAPUR/JUGA MAMPU DISULAP MENJADI BAHAN OBAT-OBATAN YANG BERNILAI TINGGI// NAMUN SEBELUMNYA DIOLAH DAHULU/MENJADI MINUMAN SEGAR// KONON MINUMAN MENGKUDU SANGGUP MENYEMBUHKAN SEGALA PENYAKIT// PEMASARANNYA PUN TIDAK HANYA DITANAH AIR SAJA/BAHKAN SAMPAI KE LUAR NEGERI//
CITA HELMI (Reporter) => In Frame
(Menerangkan Pengepakan Minuman Mengkudu)

SUNAN DERAJAT DATANG KE PACIRAN LAMONGAN INI JUGA MENINGGALKAN WARISAN YANG TAK TERNILAI HARGANYA// SELAIN BERUPA PONDOK PESANTREN/ BELIAU JUGA MENINGGALKAN AIR SUMUR SUMBER KEHIDUPAN MASYARAKAT KABUPATEN LAMONGAN// YANG MAMPU DIKELOLA PONDOK/ MENJADI AIR KEMASAN SIAP MINUM//

KEMANDIRIAN PONDOK INILAH YANG SAMPAI SEKARANG MAMPU MENGHIDUPI PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT MENJADI BESAR// TIDAK HANYA SECARA FISIK BANGUNAN/NAMUN JUGA PERKEMBANGAN PENDIDIKAN JUGA SEMAKIN LUAS//

SELAIN MEMPUNYAI PENDIDIKAN MADRASAH SAMPAI KE JENJANG PERGUARUAN TINGGI/PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT INI JUGA MEMPUNYA SEKOLAH KEJURUAN AKUTANSI DAN MANAGEMEN/SEKOLAH KEJURUAN OTOMOTIF DAN SEKOLAH KEJURUAN KELAUTAN//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 3 atau Visual )
(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)
BUMPER OUT
SEGMENT 4 => (4’)
BUMPER IN
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”)

SOBAT SANTRI/ ILMU ADALAH MILIK ALLAH// ILMU ADALAH CAHAYA TERANG YANG DAPAT MENERANGAI KEGELAPAN// MEMBERIKAN ILMU KEPADA SIAPA SAJA/ MENAMBAH HIDAYAH DAN KESELAMATAN DUNIA AKHIRAT//
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)
SEMENTATRA BELAJAR DI PONDOK PESANTREN SUNAN DERAJAT PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN INI SANGAT MENYENANGKAN// KARENA BISA MERASAKAN MANFAAT KEILMUAN YANG DIDAPAT DARI PONDOK PESANTREN// SELAIN BISA BERINTERAKSI SESAMA SANTRI DARI SELURUH INDONESIA/JUGA BISA BELAJAR BANYAK TENTANG PENDIDIKAN DALAM SEGALA BIDANG//
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

ISTILAHNYA BELAJAR SAMBIL BEKERJA BISA DILAKUKAN DI PONDOK INI// KARENA BANYAK PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DI PESANTREN INI// BAIK DALAM BIDANG JASA MAUPUN INDUSTRI AGRIBISNIS// KARENA MANFAATNYA SANGAT BESAR BAGI PARA SANTRI//

KESEMPATAN ITU TIDAK DISIA-SIAKAN PARA SANTRI DALAM PROSES BELAJAR DISANA// MUNGKIN HANYA SATU-SATUNYA PESANTREN DI INDONESIA YANG MENGUNAKAN SISTEM METODE TERSEBUT// DI TEMPAT LAIN BELUM TENTU ADA!// HAL INI SEBAGAI PENGALAMAN BERHARGA/BAGI SIAPA SAJA YANG BELAJAR DI PONDOK PESANTREN SUNAN DERAJAT//

SOUND BITE : NUR AISYAH (SANTRI PUTRI)
IN :
OUT :

DIMANA YANG SEBELUMNYA TIDAK TAHU TENTANG ILMU EKONOMI/DENGAN BELAJAR SAMBIL BEKERJA DI PESANTREN INI JADI MENGETAHUI// KARENA SETIAP SANTRI YANG BELAJAR DI PONDOK PESANTREN INI DIWAJIBKAN UNTUK PRAKTEK LANGSUNG DALAM WIRAUSAHA//

TIDAK HANYA DI SALAH SATU BIDANG SAJA/NAMUN KETRAMPILAN LAIN JUGA DIAJARKAN// SEMUA DISESUAIKAN DENGAN KEINGINAN DAN BAKAT PARA SANTRI DISANA// SEBAGAI TAMBAHAN ILMU PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN DALAM BEKERJA// SUPAYA JIKA LULUS NANTI BERGUNA BAGI MASYARAKAT DAN BANGSA//

SOUND BITE : YONO ABDUL ADHIM (SANTRI PUTRA)
IN :
OUT :

TRANFORMASI ILMU SANGAT BERPENGARUH DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR DI PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT// SEHINGGA PROSES BELAJAR JADI ENAK DAN MUDAH DI SERAP BAGI PARA SANTRI DISANA// TAK TERLEPAS ITU/ NILAI KESOPANAN SANTRI TETAP TERJAGA DENGAN BAIK// MEREKA MAMPU MEMISAHKAN ANTARA BELAJAR DAN BERTEMAN DENGAN GURUNYA// BAIK BELAJAR AGAMA MAUPUN DI KELAS//

MAKLUM DENGAN JUMLAH SANTRI PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT MENCAPAI 6000 ORANG TIDAK MUDAH UNTUK MENGATURNYA// APALAGI SANTRINYA DATANG DARI SELURUH ASIA TENGGARA// KHUSUSNYA DARI MALAYSIA// HANYA BELAJAR KEPRIBADIAN DALAM AGAMA YANG MAMPU MELATIH BUDI PEKERTI MEREKA// SEHINGGA NANTINYA MAMPU MENJADI BEKAL SANTRI DALAM MENGEMBANGAN BAKAT DAN KETRAMPILANNYA//

=> PETUAH BIJAK (KE 2): Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur)
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
=> CLOSING : Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur

Roll Credit Title (Running Slow: Horizontal , dengan visual aktivitas pondok dengan skala proporsional)

PONPES SUNAN DERAJAT, Paciran Lamongan eps 1

PROGRAM : KELILING PESANTREN
LOKASI : PONDOK PESANTREN SUNAN DERAJAT, Paciran Lamongan
EPISODE : 14 (EMPAT BELAS)
LIPUTAN : 12 – 13 MARET 2008
TAYANG : 6 APRIL 2008

===================================================================
SEGMENT 1 => (6’)

BUMPER IN
HIGLIGHT PROGRAM EPISODE INI (30”)
OPENING PROGRAM => HOST CITA HELMI
Still Text: Crew Menuju Lokasi Pondok Pesantren Sunan Derajat Paciran Lamongan
(NB: Hanya di Segment 1 saja – di proporsikan sesuai alur)
OPENING PENGANTAR SEGMENT DI LOKASI (Reporter) => Cita Helmi

VO.
ASSAMU’ALAIKUM SOBAT SANTRI/ BERJUANG TIDAK HARUS DENGAN KEKERASAN// SEPERTI YANG DILAKUKAN KANJENG SUNAN DRAJAT DALAM MENSYIARKAN AGAMA ISLAMA DI TANAH JAWA// BERKAT KEULETAN DAN KESABARAN BELIAU/ MAMPU MEREDAM KEKERASAN MENJADI KESEJUKAN// SEHINGGA PESISIR PANTAI UTARA LAUT JAWA BERNAFASKAN ISLAMI/KHUSUSNYA DI KABUPATEN LAMONGAN//
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)
PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN MEMILIKI NILAI HISTORIS YANG AMAT PANJANG DALAM DUNIA ISLAM// KARENA KEBERADAAN PESANTREN INI TAK LEPAS DARI NAMA YANG DISANDANGNYA/ YAKNI SUNAN DRAJAT//
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)
SUNAN DRAJAT ADALAH JULUKAN DARI RADEN QOSIM PUTRA KEDUA SUNAN AMPEL DENGAN NYI AGENG MANILA/PUTRI ADIPATI TUBAN ARYA TEJA// PERJUANGAN SUNAN DRAJAT DI DIMULAI TATKALA BELIAU DIUTUS AYAHANDANYA UNTUK MEMBANTU PERJUANGAN MBAH BANJAR DAN MBAH MAYANG MADU GUNA MENGEMBANGKAN SYIAR ISLAM DI DAERAH PESISIR PANTAI UTARA KABUPATEN LAMONGAN SAAT ITU//

MELIHAT KONDISI MASYARAKAT PESISIR PANTAI UTARA TELAH TERSERET SEDEMIKIAN JAUH DALAM KESESATAN// KANJENG SUNAN DRAJAT MULAI BERDAKWAH DAN MENSYIARKAN AJARAN ISLAM KEPADA PENDUDUK SEKITARNYA// LAMBAT-LAUN PERJUANGAN BELIAU MULAI MEMBUAHKAN HASIL//

SEPENINGGAL KANJENG SUNAN DRAJAT/ TONGKAT ESTAFET PERJUANGAN DILANJUTKAN OLEH ANAK CUCU BELIAU// SALAH SATUNYA DR.. K.H. ABDUL GHOFUR YANG MASIH TERMASUK SALAH SEORANG KETURUNAN SUNAN DRAJAT// DITANGAN DR. KH. ABDUL GHOFUR PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT MAJU PESAT//

MESKI PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT PERNAH MENGALAMI PROSES KEMUNDURAN/ BAHKAN SEMPAT MENGHILANG DARI PERCATURAN DUNIA ISLAM DI PULAU JAWA// NAMUN PADA AKHIRNYA PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT KEMBALI MENATA DIRI DAN MENATAP MASA DEPAN// HAL INI BERMULA DARI UPAYA YANG DILAKUKAN OLEH DR. K.H. ABDUL GHOFUR YANG BERCITA-CITA UNTUK MELANJUTKAN PERJUANGAN SUNAN DRAJAT DI KABUPATEN LAMONGAN//

SOUND BITE : DR. KH. ABDUL GHOFUR
(PENGASUH PONPES SUNAN DERAJAT PACIRAN LAMONGAN)
IN :
OUT :

DARI SEMBILAN WALI YANG MEMBANGUN PONDOK PESANTREN DI TANAH JAWA INI/ HANYA SATU PESANTREN YANG MASIH BERTAHAN HINGGA SEKARANG/ YAITU PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT PACIRAN LAMONGAN YANG DIASUH OLEH DR. KH. ABDUL GHOFUR// WARISAN PARA WALI INILAH YANG HARUS DIKEMBANGKAN DENGAN BAIK// BERKAT JASA KANJENG SUNAN DRAJAT DALAM MENGISLAMKAM MASYARAKAT PULAU JAWA TANPA ADA KEKERASAN//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 2 atau Visual )
(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)
BUMPER OUT
SEGMENT 2 => (7’)

BUMPER IN
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

SOBAT SANTRI/MENGAGUMKAN MEMANG!//BEGITU BESAR JASA KANJENG SUNAN DRAJAT DALAM MENSYIARKAN AGAMA ISLAM DI TANAH JAWA INI// ALHAMDULLILAH PONDOK PESANTREN SUNAN DERAJAT PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN/ MAMPU BERTAHAN HINGGA SEKARANG// MESKI PEROMBAKAN DAN PERALIHAN PEMIMPIN PESANTREN SERING MENJADI HAMBATAN/ NAMUN KEULETAN DAN KESABARAN DR. KH. ABDUL GHOFUR MAMPU BERTAHAN HINGGA KINI//
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)
SEIRING PERKEMBANGAN/SEDIKIT DEMI SEDIKIT PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT MENGALAMI PERUBAHAN YANG SIGNIFIKAN// MULAI DARI PERLUASAN LOKASI HINGGA PERUBAHAN MANAGEMAN KEPESANTRENAN// PONDOK PESANTREN YANG MEMPUNYAI LUAS 60 HEKTAR INI/TIDAK MUDAH UNTUK MENGELOLANYA// HANYA BERDOA DAN BEKERJA KERAS YANG MAMPU MERUBAHNYA// UNIK MEMANG!/ SEBEGITU LUAS TANAHNYA/NAMUN PERKEMBANGAN PEMBANGUNAN TETAP BERJALAN TERUS//

PEROMBAKAN-PEROMBAKAN ITU DILAKUKAN PENGASUH PONDOK PESANTREN SEBAGAI PENYESUAIAN DIRI DALAM SEGALA BIDANG// BAIK SISTEM PENGAJARAN SALAFIYAH MAUPUN PENDIDIKAN UMUM// HINGGA TEPAT PADA TAHUN 1984/ PESANTREN INI MELAKUKAN MODERNISASI PENDIDIKAN DENGAN SERIUS//
CITA HELMI (Reporter) => In Frame
(Menerangkan di Pendidikan Taman Kanak-kanak)

SISTEM PENDIDIKAN YANG DIANUT OLEH PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT INI ADALAH PENGGABUNGAN PENDIDIKAN SALAFIYAH DAN PENDIDIKAN UMUM// MESKI SUDAH MENGANUT SISTEM PENDIDIKAN MODERN/NAMUN WARISAN PENDIDIKAN LELUHUR TETAP TERJAGA DENGAN BAIK// KARENA SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ADALAH CIKAL-BAKAL BERDIRINYA PENDIDIKAN UMUM// MESKI TIDAK MENUTUP MATA AKAN PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DEWASA INI//

SOIUND BITE : R. ZAINUL MUSTHOFA. SQ, S.Ag, M.H.i
(KEPALA KEPESANTRENAN PONPES SUNAN DERAJAT)
IN :
OUT :

SEBAGAI ORENTASI PERSIAPAN SANTRI DALAM MENJAWAB TANTANGAN MASA DEPAN// TERBUKTI PONDOK PESANTREN SUNAN DERAJAT INI JUGA MEMBUKA SEKOLAH UMUM UNGGULAN// DENGAN BERBAGAI FASILITAS LENGKAP// MUNGKIN SISTEM INI SEBAGAI ALTERNATIF TAWARAN PENDIDIKAN BAGI MASYARAKAT YANG MENDAMBAKAN AKAN KEMAJUAN ZAMAN// SEBAGAI HARAPAN PENDIDIKAN DI INDONESIA LEBIH MAJU LAGI//
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 3 …Wawancara atau Visual )
(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)
BUMPER OUT
SEGMENT 3 => (7’)
BUMPER IN
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

SOBAT SANTRI/ DALAM WAKTU RELATIF SINGKAT PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT MENUNJUKKAN PERKEMBANGAN YANG LUAR BIASA PESATNYA// KINI PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT TELAH MEMILIKI BERBAGAI JENJANG PENDIDIKAN BAIK FORMAL MAUPUN NONFORMAL// MULAI TAMAN KANAK-KANAK/ MADRASAH IBTIDAIYAH/ MADRASAH TSANAWIYAH DAN SAMPAI PERGURUAN TINGGI ADA DISANA//
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)
DENGAN JUMLAH PESERTA DIDIK KURANG LEBIH 6000 RIBU ORANG//
TERDIRI DARI SANTRI PUTRA 2400 ORANG/ SANTRI PUTRI MUKIM 1900 ORANG/ SANTRI KARYAWAN 300 ORANG/ DAN SANTRI TIDAK MUKIM 1400 ORANG//
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

SEMUA ITU TAK LEPAS DARI BERBAGAI TEROBOSAN DAN UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK MENJADIKAN PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT SEBAGAI PESANTREN RAHMATAN LIL’ALAMIN// PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT DAPAT DIDESKRIPSIKAN SEBAGAI
INSAN YANG BERTAQWA/ BERKEPRIBADIAN LUHUR/KREATIF/ SERTA BERWAWASAN KEDEPAN//

HAL ITU SEBAGAI AKTUALISASI MISI ISLAM SEBAGAI RAHMAT SEMESTA ALAM YANG TERJABARKAN DALAM PENDIDIKAN PESANTREN// AGAR KELAK MENJADI GENERASI MUSLIM YANG MEMPUNYAI INTEGRITAS KEISLAMAN DAN KEILMUAN//
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 3 atau Visual )
(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)
BUMPER OUT
SEGMENT 4 => (4’)
BUMPER IN
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”)

SOBAT SANTRI/PENGUASAAN TEHNOLOGI MERUPAKAN BAGIAN TERPENTING DARI KEHIDUPAN DUNIA YANG TIDAK DAPAT DIPISAHKAN// OLEH KARENA ITU DIBUTUHKAN PEMIKIR ISLAM YANG PROGRESIF UNTUK MENJAWAB TANTANGAN PERADABAN//
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)
DENGAN TUJUAN/ MAMPU MELAHIRKAN KAJIAN-KAJIAN KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN FILOSOFIS/ HISTORIS/ SOSIOLOGIS DAN YURIDIS// SEHINGGA NORMA-NORMA DALAM ISLAM AKAN MENDAPATKAN SIGNIFIKASI DAN JUSTIFIKASI SECARA OBYEKTIF SESUAI ALUR DISIPLIN ILMIAH//
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)
SEBALIKNYA OBJEKTIFITAS ILMU AKAN MENDAPATKAN SIGNIFIKASI METAFISIK DAN SPIRITUALNYA KEMBALI// LAHIRNYA SANTRI YANG MEMILIKI PEMAHAMAN KEAGAMAAN YANG KONTEKSTUAL DAN DAPAT MEMBERIKAN RESPON YANG PROPOSIONAL TERHADAP PROBLEMATIKA DI MASYARAKAT//
CITA HELMI (Reporter) => In Frame
(Menerangkan tentang BATSHUL MASA’IL/DISKUSI MEMECAHKAN SATU MASALAH))

KARENA SELAIN BELAJAR AGAMA/JUGA BELAJAR ILMU-ILMU LAIN SEBAGAI PENDUKUNGNYA// MESKI KADANG-KADANG PARA SANTRI MEMPUNYAI PEMANDANGAN BERBEDA TERHADAP PONDOK PESANTREN//

DIMANA PESANTREN SELALU DIIDENTIKAN DENGAN TRADISIONAL// NAMUN SEIRING WAKTU ANGGAPAN TERSEBUT HILANG DENGAN SENDIRINYA// DENGAN BUKTI ADALAH KEMAJUAN DAN MODERNISASI PENDIDIKAN// MULAI DARI LABORATURIUM KOMPUTER/ LABORATURIUM BAHASA DAN KETRAMPILAN LAIN CUKUP TERSEDIA DISANA//
CITA HELMI (Reporter) => In Frame
(Menerangkan tentang fasilitas laboraturium bahasa inggris)

SOUND BITE : MIDYAWATI RACHMAN (SANTRI PUTRI)
IN :
OUT :

KARENA PENDIDIKAN ILMU YANG BERMANFAAT MENJADI DORONGAN PARA SANTRI UNTUK TETAP BETAH TINGGAL DI PONDOK PESANTREN// SEGALA DAYA UPAYA DALAM MENGELUARKAN BAKAT TERPENDAM MAMPU DI APRESIASIKAN DI PESANTREN SUNAN DRAJAT//

SOUND BITE : NUR ROKHIM (SANTRI PUTRA)
IN :
OUT :

SELAIN MEMPUNYAI KEUNGGULAN-KEUNGGULAN LAIN/ PESANTREN INI JUGA MEMBERIKAN PRAKTEK KETRAMPILAN USAHA BAGI PARA SANTRI//
MULAI DARI PRAKTEK PERBENGKELAN SAMPAI AGROBISNIS ADA DISANA// KELAK SEBAGAI BEKAL PARA SANTRI DALAM MENUNJANG PEREKONOMIAN DI KELUARGA//

MINIMAL MEREKA MAMPU SEBAGAI MOTIFATOR PERJUANGAN DALAM SEGALA BIDANG DI MASYARAKAT// SEPERTI MEMBUKA LAPANGAN PEKERJAAN BAGI ORANG LAIN/ATAUPUN UNTUK DIRINYA SENDIRI// SEBAGAI BEKAL PEMBANGUNAN PEREKONOMIAN KERAKYATAN YANG BERINTELEKTUAL// BERJIWA SANTUN/LOYALITAS DAN SUKA MEMBANTU ORANG LAIN// SEBAGAI PONDASI PEMBANGUNAN AKHLAK DAN JIWA KEISLAMAN YANG BAIK DI MASYARAKAT//

=> PETUAH BIJAK : ……………………………………………………………….
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
=> CLOSING : HOST CITA HELMI………………………………………………

Roll Credit Title (Running Slow: Horizontal , dengan visual aktivitas pondok dengan skala proporsional)



Wassalam……………………………………………………………………….

PONPES NURUL JADID PROBOLINGGO

PROGRAM : KELILING PESANTREN
LOKASI : PONDOK PESANTREN NURUL JADID PROBOLINGGO
ESPISODE : 13
TGL PRODUKSI : 6 MARET 2008
TGL TAYANG : 30 MARET 2008

SEGMENT 1 => (6’)
BUMPER IN
HIGLIGHT PROGRAM EPISODE INI (30”)
OPENING PROGRAM => HOST CITAM HELMI (IN FRAME)………
Still Text: Crew Menuju Lokasi Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo
(NB: Hanya di Segment 1 saja – di proporsikan sesuai alur)
OPENING PENGANTAR SEGMENT DI LOKASI (HOST) => Cita Helmi

VO.
ASSALAMU’ALAIKUM SOBAT SANTRI/PESANTREN SEOLAH KAWAH CANDRADIMUKA/YANG TIDAK PERNAH KERING MEMASOK MANUSIA IKLAS DAN BERAKHLAK MULIA// SEPERTI YANG DILAKUKAN PONDOK PESANTREN NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO INI//
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

KABUPATEN PROBOLINGGO MERUPAKAN KAWASAN MASYARAKAT MUSLIM DI PROPINSI JAWA TIMUR// KARENA BANYAK PONDOK PESANTREN BERDIRI MEGAH DIKAWASAN ITU// SALAH SATUNYA PONDOK PESANTREN NURUL JADID DI DESA KARANGANYAR KECAMATAN PAITON KABUPATEN PROBOLINGGI//
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

PADA TAHUN 1950 SEORANG ULAMA BESAR DARI PULAU MADURA/ DATANG DAN MENETAP DI DESA KARANGANYAR// KH. ZAINI ABDUL MUN’IM /BELIAU MENGISOLIR DIRI DARI KESERAKAHAN DAN KEKEJAMAN KOLONIAL BELANDA PADA SAAT ITU// NIAT BELIAU ADALAH MENERUSKAN PERJALANAN KE JOGYAKARTA UNTUK BERGABUNG PADA PEJUANG BANGSA INDONESIA//

NAMUN WAKTU BERKATA LAIN/ TERNYATA PADA AWAKTU ITU PERJUANGAN BANGSA INDONESIA SUDAH BERAKHIR// BUMI INDONESIA DALAM KEADAAN AMAN// SEHINGGA KH. ZAINI ABDUL MUNIM TINGGAL DAN MENETAP DIKAWASAN DESA KARANGANYAR// PERLAHAN TAPI PASTI/ PESANTREN ITU BERDIRI SEDIKIT-DEMI SEDIKIT// DIAWAL BERDIRINYA HANYA MEMPUNYAI DUA SANTRI// DAN BEBERAPA TAHUN KEMUDIAN MENJADI 30 SANTRI YANG MONDOK DAN MENETAP PESANTREN ITU//

NAMUN SEIRING PERKEMBANGANNYA/ PONDOK PESANTREN NURUL JADID TIDAK HANYA MEMBERIKAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA/NAMUN MELUAS HINGGA PELAJARAN UMUM// MULAI DARI MADRASAH HINGGA PERGURUAN TINGGI ADA DISANA//

SOUND BITE : KH. ZUHRI ZAINI,BA (PENGASUH PONPES NURUL JADID PROBOLINGGO)
IN : 00. 02. 11
OUT : 04. 14. 16

KEBERADAAN PESANTREN INI TAK LEPAS DARI KONTRUKSI KEMASYARAKATAN YANG MENCITRAKAN ATAS PERJALANAN HISTORIAL SOSIAL DISANA//
HINGGA PONDOK PESANTREN TIDAK HANYA MENJADI LEMBAGA DAKWAH/NAMUN JUGA SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN UMUM// SELAIN SANTRI TEKUN BERIBADAH KEPADA ALLAH/ PESANTREN JUGA MAMPU MENCIPTAKAN MANUSIA-MANUSIA YANG BERTAKWA DAN MUSLIM//
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 2 atau Visual )
(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)
BUMPER OUT

SEGMENT 2 => (7’)
BUMPER IN
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

SOBAT SANTRI/ ILMU SECARA DEFINITIF BERARTI MENGETAHUI YANG TIDAK DIKETAHUI//SEBAGAI MAHKLUK YANG DIBERKAHI AKAL FIKIRAN OLEH ALLAH SWT/MANUSIA WAJIB MENCARI ILMU/ DALAM MENITI JALAN HIDUPNYA// TANPA ILMU MANUSIA AKAN MENGALAMI KESULITAN DALAM HIDUPNYA//
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

SEIRING JALAN/ PONDOK PESANTREN DALAM FUNGSINYA SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN UNTUK MENCARI ILMU// UPAYA INI TENTUNYA DIUSAHAKAN SECARA SISTEMATIS DAN EFEKTIF YANG SESUSAI DENGAN NILAI PESANTREN SECARA UMUM//

BAIK ITU PENDIKAN SALAFIYAH MAUPUN PENDIDIKAN UMUM//
SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN NURUL JADID INI SELALU BERKEMBANG MENURUT ALUR// HAL ITU DILAKUKAN DEMI KEMAJUAN PENDIDIKAN PESANTREN SEKARANG INI//
HINGGA TEPAT TAHUN 1970-AN SISTEM PENDIDIKAN SUDAH MENGALAMI KEMAJUAN PESAT// BAHKAN SEBAGIAN SEKOLAH AGAMA DI PESANTREN INI DI NEGERIKAN OLEH PEMERINTAH// PENGAKUAN ITU ADALAH YANG PERTAMA DI JAWA TIMUR PADA WAKTU ITU//

SOUND BITE : KH. ABDUL HAQ, Lc (KETUA YAYASAN PONPES NURUL JADID PROBOLINGGO)
IN : 04. 25. 04
OUT : 11. 30. 04

PENDIDIKAN DAN PEMBINAAN SANTRI ADALAH SERANGKAIAN UPAYA PEMBELAJARAN KEPESANTRENAN// HAL INI DILAKSANAKAN DALAM RANGKA UNTUK MENGAHANTARKAN SANTRI MENUJU SEBUAH TIPE PRIBADI MANUSIA MUSLIM YANG SEIMBANG// ITUPUN HARUS DIDUKUNG DENGAN FASILITAS YANG MODERN DAN LENGKAP SEBAGAI PENUNJANGNYA//
CITA HELMI (Reporter) => In Frame
(Menerangkan di DI PERPUSTAKAAN))
IN : 22. 52.18
OUT : 24. 08. 19

FASILITAS MEMBACA ITU SEBAGAI KEPERCAYAAN DAN PERHATIAN MASYARAKAT LUAS TERHADAP KEBERADAAN PESANTREN NURUL JADID// BUKTI DAN KEMAJUAN ITULAH YANG AKAN MEMBERIKAN KECERDASAN PARA SANTRI DISANA// ALHAMDULLILAH SAMPAI SEKARANG PERKEMBANGAN PESANTREN INI CUKUP BAIK// MULAI DARI MADRASAH SAMPAI PERGURUAN TINGGI/SEMUA MENGACU DAN BERINDUK PADA NU//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 2 atau Visual )
(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)
BUMPER OUT

SEGMENT 3 => (7’)
BUMPER IN
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

SOBAT SANTRI/ KESADARAN BERILMU AMAT ERAT BERKAITAN DENGAN AKHLAK BUDI PEKERTI DAN TATA KRAMA// MESKI ZAMAN TELAH BERUBAH/NAMUN MORALITAS SANTRI HARUS TETAP TERJAGA//
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

DI SATU PIHAK PONDOK PESANTREN NURUL JADID INI TERUS MENYESUAIKAN DIRI DALAM KONTEK MODERNISASI// YANG MANA PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN ITU SUDAH BERKEMBANG PESAT DAN TIDAK SEPERTI DULU LAGI // APALAGI DIDUKUNG DENGAN SEGALA FASILITAS TEKNOLOGI YANG MODERN // SUDAH BARANG TENTU / SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL JADI INI SUDAH SIAP AKAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TINGGI SEKARANG// SALAH SATUNYA MEDIA RADIO BERBAHASA ASING//
CITA HELMI (Reporter) => In Frame
(Menerangkan di DI RADIO PONPES NURUL JADID BERBAHASA MANDARIN DAN INGGRIS)
IN : 13.15.03
OUT : 13.52.06

SEMENTARA DALAM METODE PENDIDIKAN/ SANTRI TERUS DIUPAYAKAN UNTUK TAFAQQUH FIL AL DIN// DALAM BIDANG KEILMUAN SANTRI DITEMPA UNTUK MENGUASAI KESEIMBANG KHASANAH KEILMUAN MODERN DAN KLASIK YANG TERTUANG DALAM KITAB KUNING// UTAMANYA BAGI MEREKA YANG DUDUK DIJENJANG MADRASAH IBTIDAIYAH/MADRASAH TSANAWIYAH/ DAN MADRASAH ALIYAH// SEPERTI KEGIATAN SOROGAN//

PENGAJIAN DENGAN METODE INI LEBIH DITEKANKAN KEPADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI TEKS KITAB YANG MENJADI SUMBER BAHAN// METODE SOROGAN INI LEBIH MEMUNGKINKAN SANTRI MEMPEROLEH KESEMPATAN SECARA AKTIF MEMBACA DAN MEMAHAMI KITAB//
CITA HELMI (Reporter) => In Frame
(Menerangkan KEGIATAN MEMBACA KITAB METODE SOROGAN )
IN : 28. 16. 14
OUT : 28. 56. 15

BUKAN BERARTI MEREKA TIDAK MENGUASAI BIDANG KEAGAMAAN/NAMUN KESEIMBANGAN BIDANG LAIN SELALU DITERAPKAN// JADI POLA PENDIDIKAN DAN PEMBINAAN SANTRI DILAKUKAN SECARA INTEGRAL// SEHINGGA TERJADI SEBUAH PROSES YANG SALING MENDUKUNG ANTARA PROGRAM DI SEKOLAH DAN KEGIATAN DIASRAMA//

Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 2 atau Visual )
(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)
BUMPER OUT

SEGMENT 4 => (7’)
BUMPER IN
Ilustrasi Insert Visual

SOBAT SANTRI/SALAH SATU PERAN PONDOK PESANTREN ADALAH SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN// MELALUI PENDIDIKAN PESANTREN TRANSFORMASI SOSIAL BUDAYA CEPAT TERSERAP// PASALNYA PERAN PESANTREN TERBUKTI EFEKTIF DALAM MELAHIRKAN KADER-KADER HANDAL DALAM SEGALA BIDANG//
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

DALAM PENGELOLAANNYA/ SEARAH PERKEMBANGAN ZAMAN/ PONDOK PESANTREN INI DITUNTUT UNTUK SELALU DINAMIS DAN MENGIKUTI PERKEMBANGAN// SEHINGGA PADA TARAF BERIKUTNYA TIMBUL PEMBAGIAN TUGAS DAN PERAN ANTARA BEBERAPA PONDOK PESANTREN SECARA FUNGSIONAL SESUAI DENGAN VISI DAN MISI PENGEMBANGANNYA//

MESKIPUN PONDOK PESANTREN NURUL JADID MENGADOPSI SISTEM PENDIDIKAN MODERN/ NAMUN TETAP MEMPERTAHANKAN METODE PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN KHAS PESANTREN// MELALUI PENERAPAN METODE INI/ KEMAMPUAN SANTRI DALAM MEMBACA DAN MEMAHAMI ILMU SELALU UP TO DATE//
ARTINYA SELALU MENGIKUTI PERKEMBANGAN DUNIA//
CITA HELMI (Repoter) => In Frame
(Menerangkan tentang DISKUSI BHS INGGRIS)
IN : 26. 04. 24
OUT : 26. 29. 04

ARAH DAN TUJUAN PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN INI ADALAH SESUAI DENGAN UNDANG-UNDANG PENDIDIKAN NASIONAL NO. 02 TAHUN 1989//
YANG TETAP BERDASARKAN PANCASILA DAN UUD 1945// SEBAGAI TUJUAN
MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA DAN MENGEMBANGKAN MANUSIA SEUTUHNYA//

SEBAGAI SANTRI YANG BERIMAN DAN BERTAKWA KEPADA ALLAH SWT DAN BERBUDI LUHUR// MEMILIKI ILMU PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN KESEHATAN JASMANI DAN ROHANI// JIWA YANG SEHAT/AKAN MENUMBUHKAN FIKIRAN SEHAT PULA//

SEMBOYAN ITU DIBUKTIKAN OLEH PENDIRI PONDOK PESANTREN NURUL JADID KABUPATEN PROBOLINGGO// KEBERSIHAN DAN KEMEGAHAN FISIK GEDUNG TERTATA DENGAN BAIK DISANA//

SEMUA ITU SEBAGAI KELANCARAN PROSES BELAJAR- MENGAJAR DI PONDOK PESANTREN NURUL JADID// SEBAGAI PENUNJANG PRESTASI DAN MENINGKATKAN KUALITAS BERFIKIR PARA SANTRI YANG BELAJAR //

APALAGI SETIA HARI DIANTARA SANTRI DIWAJIBKAN BERDIALAOG MEMAKAI BAHASA INGGGRIS DI SEKITAR LINGKUNGAN PONDOK//INILAH HEBATNYA SANTRI NURUL JADID// PENDIDIKAN AGAMA/ILMU UMUM DAN KEORGANISASIAN MENYATU DALAM MATA PELAJARAN SETIAP HARINNYA// INILAH GAMBARAN KREATIFITAS SKIL YANG MAMPU DIPELAJARI SANTRI NURUL JADID//

SOUND BITE : ZAINIATUS SHOFI AFRILIYAH (SANTRI PUTRI)
IN : 50. 55. 15
OUT : 55. 51. 21

KESEIMBANGAN ITULAH YANG MAMPU BERJALAN BERIRINGAN BERSAMA// SEBAGAI PENYEIMBANG HARAPAN KEDEPAN BAGI PONDOK PESANTREN NURUL JADID PROBOLINGGO// BAHKAN SALAH SATU SANTRINYA MAMPU MENJADI JUARA 3 TINGKAT NASIONAL DALAM LOMBA MEMBACA KITAB KUNING DI BANDUNG//

SEMENTARA BELAJAR DAN MONDOK DI PESANTREN INI TAK TERASA MESKI WAKTU PANJANG// KARENA KEGIATAN BELAJAR DILAKUKAN TERUS-MENERUS// PROSES ITU TAK LEPAS DARI PENGAWASAN SEORANG PEMBIMBING// HINGGA PONDOK PESANTREN NURUL JADID INI TERKENAL DI ASIA TENGGARA// DENGAN JUMLAH SANTRI MENCAPAI 6000 ORANG// SALAH SATUNYA SANTRI BERASAL DARI MALAYSIA INI//
SOUND BITE : AHMAD MUNAWI (SANTRI PUTRA DARI MALAYSIA)
IN : 11. 48. 16
OUT :

MENJADI SANTRI NURUL JADID ADALAH SUATU KEBANGGAAN TERSENDIRI// KARENA SEGALA KEUNGGULAN PENDIDIKAN MAMPU DIRAIH DISANA// SEBAGAI BEKAL MUSLIM YANG BERINTELEKTUAL DALAM BERKARYA UNTUK BANGSA DAN NEGARA// SEMOGA IMPIAN SANTRI KEDEPAN MAMPU TERCAPAI BAIK// AGAR MENJADI SANTRI YANG MEMBANGGAKAN BAGI MASYARAKAT DAN ORANG TUA//




=> PETUAH BIJAK (KE 2): Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur)
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
=> CLOSING : …………(HOST) => Cita Helmi…………………………………….

Roll Credit Title (Running Slow: Horizontal , dengan visual aktivitas pondok dengan skala proporsional)

Minggu, 09 Maret 2008

PONPES DARUL ULUM JOMBANG

  • PROGRAM : KELILING PESANTREN

  • LOKASI : PONDOK PESANTREN DARUL ULUM JOMBANG

  • EPISODE : 11 (SEBELAS)

  • LIPUTAN : 29 FEBRUARI 2008

  • TAYANG : 23 MARET 2008

===================================================================

SEGMENT 1 => (6’)

BUMPER IN

HIGLIGHT PROGRAM EPISODE INI (30”)

OPENING PROGRAM => (HOST) CITA HELMI……………………………

Still Text: Crew Menuju Lokasi Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang

(NB: Hanya di Segment 1 saja – di proporsikan sesuai alur)

OPENING PENGANTAR SEGMENT DI LOKASI (Reporter) => Cita Helmi


VO.

SALAM SOBAT SANTRI/ PEPATAH MENGATAKAN/ LEBIH BAIK TERLAMBAT DARIPADA TIDAK MELAKUKAN PERUBAHAN SAMA SEKALI// INILAH GAMBARAN SIFAT MANUSIA DIDUNIA!// KEJAHATAN MAMPU DIREDAM DENGAN KEBAIKAN//

TERBUKTI KH. TAMIM IRSYAD ASAL BANGKALAN-MADURA MAMPU MERUBAH KABUPATEN JOMBANG MENJADI KOTA BERIMAN DAN KOTA SANTRI//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

KABUPATEN JOMBANG YANG TERKENAL DENGAN JULUKAN KOTA BERIMAN DAN KOTA SANTRI INI/ DULUNYA MEMPUNYAI MASA KABUT HITAM// SEGALA PERILAKU MANUSIA DISANA TIDAK MENGHIRAUKAN PERATURAN AGAMA// KEJAHATAN DAN TINDAK KRIMINAL MENJADI PEMANDANGAN SETIAP HARI//

MEREKA ADALAH MANUSIA JAHAT YANG TIDAK MEMPERHATIKAN TATAKRAMA PERGAULAN HIDUP DAN KEBERSAMAAN//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

KABAR BURUNG ITULAH AKHIRNYA TERSEBAR SEANTERO PULAU JAWA// SEHINGGA KH. TAMIM IRSYAD MERASA TERTANTANG DENGAN INFORMASI TERSEBUT// NIAT BELIAU DATANG DAN BERTEMPAT TINGGAL DI KAWASAN ITU DALAM SYIAR AGAMA ISLAM// YANG TUJUAN UTAMANYA ADALAH MEMPERBAIKI KEBIASAAN SIFAT JAHAT MASYARAKAT DISANA//

TEPATNYA KAWASAN ITU ADALAH DI DESA REJOSO KABUPATEN JOMBANGI// YANG SEKARANG LOKASI ITU BERDIRI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM REJOSO KABUPATEN JOMBANG// PONDOK PESANTREN INI BERDIRI SEJAK TAHUN 1885 DAN DIASUH LANGSUNG OLEH KH. TAMIM IRSYAD//

TEPAT PADA TAHUN 1930 TONGKAT ESTAFET BELIAU DITERUSKAN ANAKNYA /YAITU KH. ROMLI TAMIM// DAN SEPENINGGAL KH. ROMLI TAMIM/ MUNCUL TIGA TOKOH BESAR KETURUNANNYA// YAITU KH. ROMLI/ KH. DAHLAN CHOLIL/ DAN KH. CHOLIL// KETIGANYA ITULAH YANG AKHIRNYA MENERUSKAN PERKEMBANGAN PERJALANANNYA PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KABUPATEN JOMBANG INI//

SOUND BITE : KH. CHOLIL (PENGASUH PONPES DARUL ULUM JOMBANG)

IN : Wawancara ke 1

OUT :

MEREKA ADALAH TOKOH MUDA PEMBARUAN YANG MAMPU MERUBAH WAJAH PESANTREN INI MENJADI LEBIH MAJU// ITULAH AWAL PERKEMBANGAN PONDOK PERSANTREN DARUL ULUM INI KE TINGKAT YANG LEBIH BAIK// NAMUN MERUBAH HAL TERSEBUT TIDAK SEMUDAH MEMBALIKAN TANGAN!/ PERLU PROSES WAKTU PANJANG//

SELAIN ITU DALAM PERKEMBANGANNYA JUGA MENGALAMI PASANG- SURUT // PERUBAHAN-PERUBAHAN ITU JUSTRU MEMBERIKAN CITRA BARU DALAM KEPONDOK PESANTRENAN YANG SEBENARNYA// YAITU SUATU WADAH PENDIDIKAN YANG MEMAKAI METODE PENGAJARAN ILMU PENGATAHUAN AGAMA YANG PERNAH DIPAKAI OLEH PARA SESEPUH PONDOK DISANA//

SEHINGG JALAN DAN JAWABAN MASYARAKAT MUDAH MENTERJEMAHKAN KEINGINAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KEDEPAN//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 2 atau Visual

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 2 => (7’)

  • BUMPER IN

Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”)

SOBAT SANTRI/ BAGI SEORANG TEHNOKRAT PENDIDIKAN ADALAH NOMOR SATU// DARI PENDIDIKAN ITULAH SEGALA ILMU TERKANDUNG// SEHINGGA KEMAJUAN NEGARA DAN BANGSA MAMPU DICAPAI//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

TEPAT PADA TAHUN 1967 DARUL ULUM MEMPERJELAS KEBERADAAN PENDIDIKAN FORMALNYA YANG BERALIFILIASI DENGAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

SELAIN MENGEMBANGKAN ILMU SALAFIYAH JUGA MENERAPKAN PENDIDIKAN UMUM// HAL ITU DILAKUKAN SEBAGAI PEMBAHARUAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DARU ULUM// BUKAN BERARTI PESANTREN DISANA MENINGGALKAN AJARAN SESEPUH DARUL ULUM/ NAMUN MALAH SEBALIKNYA MENERAPKAN PRINSIP KEBUTUHAN MASYARAKAT DEWASA INI//

HAL ITULAH CIKAL BAKAL PENINGKATAN KECERDASAN PARA SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM// BAIK MENDAPATKAN PENDIDIKAN FORMAL MAUPUN NON FORMAL// SEMUA ITU MENGACU KEPADA PENDIDIKAN PESANTREN YANG BERINTELEKTUAL DAN MEMPUNYAI AKHLAK YANG BAIK//

SOUND BITE : KH. CHOLIL (PENGASUH PONPES DARUL ULUM JOMBANG)

IN :

OUT :

BERKAT USAHA KERAS ITULAH/KEMAJUAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM MAJU DENGAN PESAT// MULAI TINGKAT MADRASAH SAMPAI PERGURUAN TINGGI ADA DISANA//

SEMENTARA PENERAPAN SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM/ JUGA TIDAK TERBATAS PADA ILMU AGAMA DAN KURIKULUM NASIONAL/ NAMUN JUGA MENGGUNAKAN KURIKULUM INTERNASIONAL// SALAH SATUNYA ADALAH SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN//

SOUND BITE : Ir. MOHHAMAD ASPIYAK,M.Pd.I (KEPALA SEKOLAH SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN). Wawancara ke 2

IN :

OUT :

DIMANA KETIGA PERPADUAN TERSEBUT MAMPU DIGABUNGKAN MENJADI SATU// ATAS DASAR ITULAH/ SMA DARUL ULUM 2 MENJADI PROJEK PERCONTOHAN DI SEKOLAH LAIN DI PROPINSI JAWA TIMUR// UNTUK KURIKULUM INTERNASIONAL/ MENGACU PADA METODE PENDIDIKAN UNIVERSITY OF CAMBRIDGE INGGRIS// YANG BEKERJA SAMA DENGAN BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEHNOLOGI JAKARTA//

DIMANA SEKOLAH ITU BERORENTASI PADA PENGEMBANGAN SANTRI DALAM PENGUASAAN IMTAQ DAN IPTEK// SEBAGAI BEKAL DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA PARA SANTRI DALAM MENGHADAPI MASA DEPAN//

HAL ITU SEBAGAI PERWUJUDAN VISI DAN MISI SEKOLAH DALAM RANGKA MENJAWAB KEBUTUHAN ZAMAN// HAL ITU SEBUAH ALTERNATIF PENDIDIKAN YANG MAMPU MENGHASILKAN LULUSAN YANG SETARA DAN DIAKUI INTERNASIONAL// DENGAN CIRI KHAS SISTEM FULL DAY SCHOOL DAN BOARDING SCHOOL//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 3 …Wawancara atau Visual )

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 3 => (7’)

  • BUMPER IN

  • Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

SOBAT SANTRI/MESKI PERUBAHAN SISTEM PENDIDIKAN MEKAJU DENGAN CEPAT/NAMUN VALIDITAS METODE LAMA MASIH MENJADI RUJUKAN// BENARKAH DEMIKIAN!//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

DALAM RANGKA MENGEMBAN AMANAT UMAT DAN MENGANTIPASI TANTANGAN ERA GLOBALISASI DALAM BIDANG PENDIDIKAN// MAKA PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KABUPATEN JOMBANG MENGEMBANGKAN SISTEM ITU DENGAN CEPAT MENJAWABNYA// INI SEMUA MERUPAKAN ILUSTRASI/BAHWA PONDOK PESANTREN DARUL ULUM SUDAH MODERN//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

CITA HELMI (Reporter) => In Frame

(Menerangkan TENTANG FASILITAS PERPUSTAKAAN PONPES DARUL ULUM.)

MESKIPUN MENGGUNAKAN METODE BARU DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR-MENGAJAR /NAMUN METODE LAMA MASIH DIJAMIN VALIDITASNYA// DAN HAL ITU MERASA PERLU UNTUK DIJAGA SAMPAI KAPANPUN DAN TIADA AKHIR MASA BATASNYA//

DENGAN DITUNJANG BERBAGAI SARANA-PRASARANA YANG DIBUTUHKAN DI SESUAIKAN DENGAN KEMAJUAN SEKARANG// MULAI DARI FASILITAS GEDUNG YANG LUAS/ ASRAMA PARA SANTRI YANG NYAMAN DAN RUMAH SAKIT TERSEDIA DISANA// SEHINGGA KENYAMANAN DALAM PROSES BELAJAR BAGI SANTRI SANGAT TERJAMIN//

CITA HELMI (Reporter) => In Frame

(Menerangkan TENTANG FASILITAS DI RUMAH SAKIT PONPES DARUL ULUM.)

MENAKJUBKAN MEMANG!// APABILA KITA MELIHAT DISANA// KAWASAN YANG MEMPUNYAI LUAS 27 HEKTAR INI/TAK DIPUNGKIRI LAGI SEBAGAI TEMPAT PENDIDIKAN MODERN BERTARAF INTERNASIONAL//

SEHINGGA KETERKAITAN DALAM PROSES BELAJAR CUKUP DALAM SATU WILAYAH PESANTREN INI// SEMUA TER-AKOMADASI DAN TERFASILITASI DENGAN BAIK DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KABUPATEN JOMBANG INI// DENGAN SISTEM PENDIDIKAN SATU ATAP// ARTINYA SEMUA KEBUTUHAN PROSES BELAJAR PARA SANTRI SUDAH TERPENUHI//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 3 atau Visual )

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 4 => (4’)

  • BUMPER IN

Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”)

SOBAT SANTRI/PONDOK PESANTREN DARUL ULUM MERUPAKAN PROJEK PERCONTOHAN SISTEM PENDIDIKAN SATU ATAP// APAKAH INI MERUPAKAN JAWABAN MODEL PEMBELAJARAN MASA DEPAN?//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

DENGAN ADANYA BERBAGAI FASILITAS YANG ADA MEMBUAT SANTRI MENJADI BETAH TINGGAL DI KAWASAN PESANTREN DARUL ULUM INI// DIMAN FASILITAS TERSEBUT MAMPU MEMBERIKAN KONTRIBUSI PENGEMBANGAN BAKAT SANTRI DALAM PROSES BELAJAR// HINGGA MAMPU MEMBENTUK MEREKA DALAM SEGI IMTAQ DAN IMTEK//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

KARENA SEMUA TERCAKUP SUDAH MENJADI SATU KESATUAN SISTEM PENDIDIKAN// BAIK ILMU UMUM MAUPUN ILMU AGAMA// DIMANA YANG SEBELUMNYA TIDAK TAHU SAMA SEKALI TENTANG KEHIDUPAN PESANTREN/ TOH AKHIRNYA MENJADI TAHU!// SEHINGGA BEKAL KECERDASAN ITU MAMPU MEMBERIKAN KONTRIBUSI DIRI SENDIRI MAUPUN ORANG LAIN//


CITA HELMI (Reporter) => In Frame

(Menerangkan TENTANG MUHADHARAH/KHITOBAH.)

KEGIATAN KHITOBAH INI SEBAGAI MODAL DASAR MELATIH KEPEMIMPINAN PARA SANTRI DALAM TERJUN DI MASYARAKAT// DIMANA BEKAL AGAMA ITU JUGA MEMBERIKAN KESALEHAN DAN INTEGERITAS ILMU YANG TINGGI// BEKAL ITULAH YANG MAMPU MEMBENTUK MANUSIA YANG MUSLIMAH BERINTELEKTUAL AKHLAQUL KARIMAH//

SOUND BITE : ANDRY TRIWAHYUNI (SANTRI PUTRI PONPES DARUL ULUM)

IN : Wawancara 3

OUT :

MEMASUKI DUNIA PONDOK PESANTREN MEMANG SANGAT MENYENANGKAN// MESKIPUN PADA AWALNYA RASA BOSAN SANGAT MENAKUTKAN// NAMUN KENGERIAN ITU MAMPU TERLEWATI DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM INI// KARENA KENYAMANAN DAN SEMUA FASILITAS TERSEDIA DISANA//

TIDAK HANYA FALITSA DALAM BIDANG BELAJAR SAJA/TETAPI BIDANG-BIDANG LAIN JUGA ADA// INILAH YANG MEMBUAT PARA SANTRI SANGAT SENANG TINGGAL DIKAWASAN PESANTREN// APALAGI PESANTREN SEKARANG TIDAK SEPERTI DAHULU LAGI// DIMANA KESAN TRADISIONAL DAN KOTOR SUDAH TIDAK ADA LAGI// HANYA NAMPAK ASRI DAN NYAMAN YANG SELALU TERLIHAT DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM INI//

SOUND BITE : MIFTAHUL ARIFIN (SANTRI PUTRA PONPES DARUL ULUM)

IN : Wawancara 4

OUT :

HINGGA MAMPU MEMBENTUK SANTRI YANG BERKUALITAS// BAIK PENGUASAAN DALAM BIDANG AGAMA MAUPUN TEHNOLOGI TINGGI// MESKI BERAGAM KARAKTER SANTRI DARI SELURUH INDONESIA/NAMUN RASA KEBERSAMAAN ITU ADA// BELAJAR MANDIRI DAN SALING TOLONG MENOLONG SUDAH MENJADI KEWAJIBAN BAGI PARA SANTRI DISANA//

ITULAH WARNA-WARNI KEHIDUPAN DI PESANTREN!// BELAJAR DAN TERUS BELAJAR MENJADI KEWAJIBAN BAGI MEREKA DISANA// HINGGA MEMBENTUK MUSLIM YANG KUAT DI IMTAQ DAN CANGGIH DALAM BERFIKIR IPTEK// SEMUA ITU SEBAGAI JAWABAN DALAM MENGIKUTI KETERTINGGALAN TEHNOLOGI TINGGI DI MASA MENDATANG//

=> PETUAH BIJAK (KE 2): Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur)

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> CLOSING : .......(HOST) CITA HELMI ..........................................................................


Roll Credit Title (Running Slow: Horizontal , dengan visual aktivitas pondok dengan skala proporsional)




PONPES MAHASISWA AL-HIKAM MALANG


  • PROGRAM : KELILING PESANTREN
  • LOKASI : PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM MALANG

  • EPISODE : 10 (SEPULUH)

  • LIPUTAN : 2 MARET 2008

  • TAYANG : 16 MARET 2008


SEGMENT 1 => (6’)

BUMPER IN

HIGLIGHT PROGRAM EPISODE INI (30”)

OPENING PROGRAM => (HOST) CITA HELMI

Still Text: Crew Menuju Lokasi Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang

(NB: Hanya di Segment 1 saja – di proporsikan sesuai alur)

OPENING PENGANTAR SEGMENT DI LOKASI (HOST) => Cita Helmi

ASSALAAMU’ALAIKUM / SALAM SOBAT SANTRI / MANUSIA HANYA MAMPU BERUSAHA DAN BERDOA/ TETAPI HANYA ALLAH-LAH YANG MENENTUKAN// SEPERTI YANG DI LAKUKAN DR.KH HASYIM MUZADI DALAM MENGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM// TERBUKTI SUDAH!//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM KOTA MALANG JAWA TIMUR BERDIRI DAN DIRINTIS OLEH DR. KH. HASYIM MUZADI TAHUN 1991// AWAL BERDIRINYA PESANTREN INI HANYA MEMPUNYAI 4 ORANG SANTRI// ITUPUN HANYA DARI SANTRI MAHASISWA UMUM// ARTINYA MEREKA ADALAH BUKAN DARI LULUSAN FAKULTAS AGAMA// SELAIN ITU BAGI LULUSAN SALAFIYAH MURNI PESANTREN DITAMPUNG DIPONDK PESANTREN MAHASISWA INI//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM ADALAH LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM YANG DIRINTIS SEBAGAI USAHA UNTUK MEMADUKAN DIMENSI POSITIF PERGURUAN TINGGI DAN PESANTREN// DIMENSI POSITIF INI ADALAH MEWUJUDKAN GENERASI YANG MENGUASAI ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI SERTA BERKEPRIBADIAN YANG BAIK DAN BERMORAL PESANTREN//

ITULAH LATAR BELAKANG BERDIRINYA PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM DI KOTA MALANG// HANYA BERMODAL KESERDEHANAAN ITULAH PONDOK TERSEBUT MAMPU BERKEMBANG MAJU HINGGA SEKARANG// HANYA BERMODAL MASJID KECIL/ DR. KH. HASYIM MUZADI BERJALAN TERUS DALAM MENGEMBANGKAN PESANTREN INI//

SEBAGAI TARGETNYA ADALAH MENGIKUTI KURIKULUM YANG SISTEMATIS DALAM BELAJAR// PROSES BELAJARNYAPUN DITEMPUH SELAMA EMPAT TAHUN// MENGAPA YANG DIREKRUT KEBANYAKAN MAHASISWA?// KARENA KELOMPOK MAHASISWA ADALAH SEKELOMPOK PELAJAR TERDIDIK DIMASYARAKAT// DAN HARAPANNYA SETELAH MEREKA LULUS MAMPU MENJADI PIONER DIMASYARAKAT NANTINYA// KALAU TARGET ITU MAMPU DICAPAI/ MAKA MASA DEPAN BANGSA AKAN LEBIH BAIK DIMASA AKAN DATANG// DIMANA MAHASISWA LULUSAN PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM INI ADALAH KADER MASYARAKAT YANG TERDIDIK//

SOUND BITE : DRS. H. MOHAMAD NAFI (KEPALA KEPESANTREN PONPES MAHASISWA AL-HIKAM).Wawancara ke 4

IN :

OUT :

SELAIN MEMPUNYAI INTELEKTUALITAS/ MEREKA JUGA MEMPUNYAI ILMU AGAMA YANG BAGUS// MAKA PESANTREN INI BERNIAT MEMBUAT TEROBOSAN BARU DALAM SEGI PENDIDIKAN// DIMANA NANTINYA PERPADUAN PENDIDIKAN ITU MAMPU BERJALAN BERSAMA/ANTARA PENDIDIKAN UMUM YANG BERBASIS TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN SALAFIAH// SEHINGGA NIAT ITU DICURAHKAN KEPADA PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM DI MALANG//

SUDAH JELAS TES TENTANG AGAMA MENJADI RUJUKAN NOMOR SATU// BAGAIMANA KEMAMPUAN MEMBACA DAN MELAFAL AL-QURAN DENGAN BAIK// INILAH YANG MENJADI SATU PERTIMBANGAN UNTUK BISA MASUK DI PESANTREN AL-HIKAM// DIMANA NANTINYA PARA MAHASISWA YANG AKAN NYANTRI DI PESANTREN AL-HIKAM/ AKAN DIDIDK DENGAN ILMU AGAMA TINGKAT TINGGI DAN PENDIDIKAN UMUM//

BAGAIAMANA ILMU YANG BAIK DAN OBYEKTIF ITU!// DIMANA METERINYA JUGA DISESUAIKAN DENGAN SYARIAT ISLAM// SEBAGAI KESEIMBANGAN PENDIDIKAN DI PESANTREN DAN KURIKULUM NASIONAL// HAL ITU DILAKUKAN SEBAGAI PENGEMBANGAN WARISAN NABI MOHAMAD RUSULLILAH SAW// YANG INTINYA SEBAGAI PENDIDIKAN SEBAGAI PROJEK PENDIDIKAN MODERN DI INDONESIA// YANG TETAP BERKIBLAT KE MASYARAKAT ISLAMI//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 2 atau Visual )

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 2 => (7’)

  • BUMPER IN

  • Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

SOBAT SANTRI/ MEMPUNYAI BEKAL ILMU AGAMA BELUMLAH CUKUP/NAMUN PERLU ILMU LAIN SEBAGAI PENDUKUNGNYA// MAMPUKAH PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM INI MENERAPKANNYA?//

SANTRI MAHASISWA YANG BELAJAR DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM ADALAH MAHASISWA UMUM DAN LULUSAN PESANTREN SALAFIYAH MURNI// MENGAPA DEMIKIAN!// KARENA SEMANGAT BELAJAR MEREKA MASIH SANGAT BAGUS// MENEMPUH PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM INI TIDAK DISIAPKAN MENJADI ULAMA ATAU DA’I!//

LEBIH DITITIK BERATKAN SEBAGAI PERTANGGUNGJAWABAN MORAL MEREKA TERHADAP MASAYARAKAT// NAMUN TETAP DALAM SEGI KEISLAMAN// BAIK DALAM BERFIKIR MAUPUN BERTINDAK// ARTINYA SELAIN MENINGKATKAN ILMU UMUM/MEREKA JUGA MENGASAH INTELEHTUALITASNYA// SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER YANG CERDAS BAGI PARA SANTRI DISANA // DIMANA SEBELUMNYA LULUSAN PESANTREN SALAFIYAH ITU/ ILMUNYA BELUM TERBUKA// DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA INI DIBERIKAN METODE TEORI PEMBELAJARANNYA JALANNYA// DAN BAGAIMANA MEMBUKA ITU?//

DENGAN CARA DI DIDIK ALA ISLAMI YANG SISTEMATIS DAN TERPROGRAM// BAIK MELALUI MATERI ILMU UMUM/ILMU LOGIKA/CARA BERBAHASA ASING DAN MARKETING YANG BAIK// SEBAGAI SYARAT MUTLAK BAGI BEKAL SANTRI DI MASA DEPAN// BERHARAP KE DEPAN/PARA SANTRI MENJADI ULAMA BESAR DI INDONESIA// DIMANA LULUSAN PESANTREN AL-HIKAM INI MENJADI MAHASISWA YANG BERMORAL DAN BERILMU TINGGI//

PRESENTER : CITA HELMI (HOST) MASUK.

(Menerangkan tentang LABORATURIUM BAHASA )

Ilustrasi Insert Visual with Backsound

SOUND BITE : DR.KH. HASYIM MUZADI (PENGASUH PONPES MAHASISWA AL-HIKAM MALANG). Wawancara ke 1

IN :

OUT :

MESKI PROSES TERSEBUT SANGAT BERAT UNTUK DILALUI/NAMUN MEREKA AKAN MERAIH HASILNYA KEDEPAN// DENGAN SYARAT LULUS MENGHAFAL AL-QURAN DAN LAFAL-LAFALNYA// AGAR LULUASAN AL-HIKAM TERBUKA INTELEKTUALITASNYA// SYUKUR ALHAMDULLILAH KEDEPAN AKAN MUNCUL ULAMA-ULAMA BESAR INTERNASIONAL//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 3 …Wawancara atau Visual )

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 3 => (7’)

  • BUMPER IN

  • Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

SOBAR SANTRI/ PERPADUAN APLIKASI SISTEM PENDIDIKAN SANGAT DIPERLUKAN//SELAIN MEMBENTUK KARAKTER MORAL/ JUGA MEMBENTUK MANUSIA BERINTELEKTUAL ISLAMI//BAGAIMANAKAH PONDOK PESANTEREN MAHASISWA AL-HIKAM INI MELAKUKANNYA?//

SEMENTARA PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM DI KOTA MALANG INI MENERAPKAN SISTEM KURIKULUM INTEGRAL// YANG MEMADUKAN ASPEK TEORITIS YANG DIORGANISIR DALAM SEBUAH SISTEM TERPADU PENGASUHAN/ PEMBELAJARAN/DAN PENDAMPINGAN//

PELAKSANAAN KURIKULUM INI DIDUKUNG OLEH TIGA BIDANG SEKALIGUS YANG SISTEMIK PESANTREN SECARA PROPORSIONAL// PROSES APLIKASI ITU MEMANDU PARA SANTRI MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER DAN KEPRIBADIANNYA//

PENERAPAN KURIKULUM INTEGRAL DI PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM INI DIHARAPKAN DAPAT TERLAKSANA EFEKTIF SELURUH SANTRI MAHASISWA// PROSES PENDIDIKANNYA TINGGAL DI DALAM ASRAMA SELAMA 24 JAM// SEHINGGA TRASMISSI DAN TRANSFORMASI DALAM BELAJAR DAPAT DILAKUKAN SECARA BERKESINAMBUNGAN DAN BERKELANJUTAN//

PRESENTER : CITA HELMI (HOST) MASUK.

(Menerangkan tentang FASILITAS PERPUSTAKAAN)

MESKIPUN PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM MENGADOPSI SISTEM PENDIDIKAN MODERN/ NAMUN TETAP MEMPERTAHANKAN METODE PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN KHAS PESANTREN// MELALUI PENERAPAN METODE INI/ USTADZ ATAU KYAI DAPAT MENGUKUR KEMAMPUAN SANTRI MAHASISWA DALAM MEMBACA DAN MEMAHAMI ILMU AGAMA// DENGAN DEMIKIAN/ MAKA PEMAHAMAN SANTRI MAHASISWA TERHADAP TOPIK BAHASAN DAPAT DIPERTANGGUNG JAWABKAN//

PRESENTER : CITA HELMI (HOST) MASUK.

(Menerangkan tentang BATSHUL MASA’IL/DISKUSI MEMECAHKAN SATU MASALAH)

PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM JUGA MEMPUNYAI SISTEM PERPADUAN ANTARA ILMU PENGETAHUAN DAN AGAMA UNTUK MEMPEROLEH PENGAKUAN DAN PEMBENARAN DARI MASYARAKAT// DEMIKIAN PENDIDIKAN AGAMA AKAN MENDAPATKAN PERTIMBANGAN YANG SANGAT PENTING DALAM DISIPLIN KEILMUAN//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 3 atau Visual )

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 4 => (4’)

  • BUMPER IN

Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”)

SOBAT SANTRI/FILOSOFI KEHIDUPAN TERUS BERJALAN// SIAPAPUN TAK MAMPU MENGHADANG// HANYA MENUNTUT ILMU DAN MENGIKUTI ZAMAN YANG MAMPU MENGETAHUI ARAHNYA//

PERGURUAN TINGGI MA’HAD ALY AL-HIKAM MALANG MELAKUKAN PENGEMBANGAN POTENSI INTELEKTUAL SANTRI MAHASISWA// PADA SAAT YANG SAMA/ PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM MELAKUKAN PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN RILIGIUS BAGI MAHASISWA NON AGAMA//.OLEH KARENA ITU/ GENERASI YANG DIHASILKAN ADALAH GENERASI YANG MENGUASAI ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI SEKALIGUS MEMILIKI FONDASI KOKOH YANG BERAKAR PADA NILAI-NILAI MORALITAS DAN SPIRITUALITAS AGAMA//.

SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM DILANDASI OLEH KOMITMEN DAN NILAI-NILAI YANG MENJADI RUH/ SPIRIT ATAU JIWA KEPESANTRENAN//

DENGAN VISI MEWUJUDKAN PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM SEBAGAI KOMUNITAS BELAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI FITRAH INSANIAH YANG MENGINTEGRASIKAN ETIKA AGAMA/ ETIKA ILMIAH DAN ETIKA SOSIAL//

MENGANTARKAN SANTRI MAHASISWA MAHASISWA MENJADI SARJANA YANG MENGUASAI ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DI BIDANGNYA DAN MEMILIKI BEKAL ILMU AGAMA SERTA BERKEPRIBADIAN BERAKHLAK MULIA//

MEMPERSIAPKAN GENERASI MUSLIM YANG MEMILIKI INTEGRITAS KEILMUAN AGAMA DAN PENGETAHUAN ILMIAH SERTA MEMILIKI JIWA PENGABDIAN DAN KEPELOPORAN//

. PRESENTER : CITA HELMI (HOST) MASUK.

(Menerangkan tentang PENGEMBANGAN BUDIDAYA ANGGREK)

SEMENTARA ADA BEBERAPA KELENGKAPN FASILITAS DISANA// SEHINGGA MUDAH MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DALAM BERFIKIR PARA SANTRI DENGAN LELUASA// DISAMPING ITU MATERI YANG DIBERIKAN SANGAT MENUNJANG// SEHINGGA KESAN ITU MENYATU DALAM JIWA SETIAP SANTRI DISANA// MAMPU MEMPEROLEH ILMU AGAMA SECARA BAGUS DAN BISA MENYERAP ILMU TINGGI DI PESANTREN KOTA DINGIN INI//

SOUND BITE : HUSNI MUBAROK (MAHASISWAN MA’HAD ALI AL-HIKAM)

IN : Wawancara 2

OUT :

DIHARAPKAN SANTRI MAHASISWA SETELAH LULUS DARI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM INI MAMPU MEMANFAATKAN ILMUNYA DENGAN BAIK/ DAN DIAMALKAN DI MASYARAKAT// HINGGA MENJADI SARJANA YANG MENJUNJUNG TINGGI DAN MEMEGANG TEGUH PRINSIP HIDUP SECARA SEIMBANG ANTARA IMAN/ ILMU DAN AMAL DENGAN TUJUAN UNTUK MEMPEROLEH RIDLO ILAHI//

DIMANA SELAMA INI ORANG MENGENAL KENAL DI PONDOK PESANTREN ITU HANYA PROGRAM AGAMA/NAMUN DI AL-HIKAM BERBEDA!// DIMANA PERBEDAAN ITU SANGAT FUNDAMENTAL// SISTEM PERPADUAN PENDIDIKAN AGAMA DAN NASIONAL// SEHINGGA KUALITAS DAN KUANTITAS PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM INI SANGAT BAGUS// BERBAGAI LABORATURIUM PENDIDIKAN CUKUP TERSEDIA DISANA// SEBAGAI WADAH PENGEMBANGAN INTELEKTUAL YANG BAIK PARA MAHASISWA YANG NYANTRI DISANA// YANG NANTINYA MAMPU MENGABDI DI MASYARAKAT DAN MAMPU MENINGKATKAN DERAJATNYA//

SOUND BITE : ABDUL HARIS (MAHASISWAN MA’HAD ALI AL-HIKAM)

IN : Wawancara ke 3

OUT :

SEMUA UNSUR DAN FIHAK YANG IKUT BERPERAN DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM MALANG MENJALIN HUBUNGAN YANG HARMONIS DAN DINAMIS/ BAIK SECARA KELEMBAGAAN MAUPUN ANTAR-PERSONAL// DIWARNAI OLEH SUASANA KEKELUARGAAN YANG NYAMAN DAN RASA KASIH SAYANG// SEBAGAI LANDASAN FILOSOFIS SERTA ARAH DAN TUJUAN PENDIDIKAN YANG DIKEMBANGKAN OLEH PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM KE DEPAN

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> PETUAH BIJAK : Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur)

=> CLOSING :......(HOST)CITA HELMI..............................................................

Roll Credit Title

(Running Slow: Horizontal , dengan visual aktivitas pondok dengan skala proporsional)





.