Sabtu, 09 Februari 2008

YAYASAN PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BENGKAK WONGSOREJO BANYUWANGI

PROGRAM : KELILING PESANTREN
LOKASI : YAYASAN PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BENGKAK WONGSOREJO BANYUWANGI
EPISODE : 4
LIPUTAN : 27 JANUARI 2008
TAYANG : 3 FEBRUARI 2008

SEGMEN 1.

HIGLIGHT PROGRAM EPISODE INI (30”)
OPENING PROGRAM – ALI MASCHAN MUSA
TULISAN KREW MENUJU YAYASAN PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BENGKAK WONGSOREJO BANYUWANGI (Hanya disegmen 1 saja)
OPENING PENGANTAR SEGMENT DI LOKASI (HOST)

ASSALAAMU’ALAIKUM/SALAM SOBAT SANTRI/KITA KALI INI AKAN KELILING PESANTREN DI DAERAH KABUPATEN BANYUWANGI// TEPATNYA DI YAYASAN PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BENGAK WONGSOREJO KABUPATEN BANYUWANGI YANG DIASUH OLEH KH. ACHMAD DJAZARI MARZUQI//

APA KEUNIKANNYA YANG DITERAPKAN OLEH PONDOK INI TERHADAP ALUMNI SANTRINYA!// NAH/ SOBAT SANTRI INGIN TAHU/BAGAIMANA ALUMNI YAYASAN PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BENGKAK WONGSOREJO BANYUWANGI MAMPU MEMPERJUANGKAN DALAM MENGEMBANGKAN AGAMA ISLAM?//

SOBAT SANTRI/ AWAL BERDIRINYA YAYASAN PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BENGKAK WONGSOREJO KABUPATEN BANYUWANGI INI PADA TAHUN 1964 DAN PENDIRINYA YAITU KH. AS'AD SAMSUL ARIFIN DARI SUKOREJO// DAN PADA TAHUN 1994 PENGASUHNYA DISERAHKAN KEPADA KH. ACHMAD DJAZARI MARZUQI SAMPAI KINI//

LATARBELAKANG BERDIRINYA YAYASAN PONDOK MIFTAHUL ULUM ADALAH MEMBERIKAN PENGETAHUAN AGAMA TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR YANG MASIH AWAM TENTANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA WAKTU ITU// AWAL BERDIRINYA HANYA MEMPUNYAI 30 SANTRI PUTRA DAN PUTRI// UNIK MEMANG!// DITENGAH-TENGAH MASYARAKAT YANG MEMBUTUHKAN SIRAMAN KEROHANIAN/ KH. ACHMAD DJAZARI MARZUQI DATANG SEBAGAI PENYEJUKNYA//

SEIRING PERKEMBANGAN ZAMAN YAYASAN INI MEMBAWAHI TUJUH UNIT LEMBAGA PENDIDIKAN/DIANTARANYA MADRASAH IBTIDAIYAH/ MADRASAH IBTIDAIYAH/ MADRASAH SANAWIYAH/ MADRASAH ALIYAH DAN SAMPAI PERGURUAN TINGGI//

SOUND BITE : OLEH KH. ACHMAD DJAZARI MARZUQI (PENGASUH YAYASAN PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BENGKAK WONGSOREJO BANYUWANGI). Duduk berbaju putih, bersurban, dan berpeci putih.
IN :
OUT :
PENDIDIKAN NON FORMALNYA ADALAH MADRASAH DINIYAH ULA DAN WUSTO DIBAWAH NAUNGAN LANGSUNG PONDOK PESANTREN SIDOGIRI PASURUAN// DALAM PERKEMBANGANNYA PESANTREN INI SEKARANG SUDAH MEMPUNYAI SANTRI LEBIH DARI 600 ORANG/ BAIK PUTRA MAUPUN PUTRI/SEKALIGUS ANAK YATIM PIATU//

SISTEM PENDIDIKANNYA ADALAH MENCETAK KADER-KADER SANTRI PONDOK INI SEBAGAI GENERASI PEMIMPIN DI MASYARAKAT// YANG MAMPU MENERUSKAN PERJUANGAN DALAM MENGEMBANGKAN AGAMA ISLAM// TERBUKTI DIMANA SEKARANG SUDAH BANYAK ALUMINYA YANG MAMPU MEMBANGUN PONDOK SENDIRI//

SYUKUR ALHAMDULLILAH/ IKATAN SILAHTURRAHIM SANTRI DAN ALUMI MIFTAHUL ULUM YANG TERSEBAR DISELURUH NUSANTARA TURUT MEMIKIRKAN KE DEPAN TENTANG BAGAIMANA PERKEMBANGAN YAYASAN PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM KE DEPAN?// TERBUKTI MINGGU LALU MENGGELAR RAPAT AKBAR DI PELATARAN PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM//

SEBAGAI CIKAL BAKAL KONSOLIDASI DALAM MEMBANGUN AKSES KE PONDOK ALUMNINYA// SERTA IKUT MENGKONDISIKAN SELURUH KOMPONEN ALUMNI YANG SUDAH TERSEBAR DISELURUH INDONESIA DALAM MEMIKIRKAN ATAU MENGIKUTI KEMAJUAN ZAMAN// SEHINGGA PENDIDIKAN PESANTREN LEBIH BAIK DAN MAJU// HAL INI SEBAGAI PENCIPTAAN KADER-KADER PEMIKIR DI ELEMEN MASYARAKAT YANG LEBIH BAIK// BAIK SEBAGAI MASYARAKAT UMUM ATAU DI PEMERINTAHAN// YANG NANTINYA PESANTREN INI TIDAK BERBASIS TRADISIONAL LAGI/ NAMUN MAMPU BERKEMBANG KE PENDIDIKAN MODERN// DALAM MENCIPTAKAN KADER POTENSIAL BANGSA DAN NEGARA//.

SOUD BITE : ABDUL ROZAK (KETUA IKSSAMU : IKATAN SILAHTURRAHIM SANTRI DAN ALUMI MIFTAHUL ULUM BENGKAK WONGSOREJO BANYUWANGI).wawancara dengan berdiri.
IN :
OUT :

SEGMEN 2.

SOBAT SANTRI/ DALAM SETIAP KEGIATAN PONDOK PESANTREN SELALU ADA KEUNIKAN DAN CIRI KHAS DALAM PROSES BELAJAR/SALAH SATUNYA ADALAH PENGAJIAN UQUDULLUJEIN DAN KEGIATAN QITOBAH BERBAHAS MADURA// UNIK BUKAN!// BAGAIMANA KEGIATAN ITU?//

SETIAP PONDOK PESANTREN MEMPUNYAI KEGIATAN RUTIN DALAM MENDIDIK SANTRINYA/SEPERTI OSIM/ YAITU ORGANISASI INTRA MADRASAH/ YANG DIIKUTI MADRASAH SANAWIYAH DAN MADRASAH ALIYAH// KEGIATAN INI DILAKUKAN PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM SEBAGAI PENYEIMBANG SISTEM PENDIDIKAN// PERPADUAN PENDIDIKAN ANTARA KURIKULUM DEPARTEMEN AGAMA/ DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DAN KURIKULUM LOKAL PONDOK SENDIRI//

SEMENTARA DALAM KEGIATANNYA PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM MEMILIKI CIRI KHAS DALAM PENGUASAAN KITAB/ YAITU PENGAJIAN UQUDULLUJEIN DIMANA DALAM PENGAJIAN INI MEMBAHAS TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI SEORANG SUAMI – ISTRI// UNIKN BUKAN!// KEGIATAN PENGAJIAN INI DILAKUKAN SETELAH SHOLAT SUBUH PUKUL 5 PAGI//

BEGITUPUN DALAM KEGIATAN QITOBAH/ KEMAMPUAN BERBAHASA MADURA SANGAT DITONNJOL DARIPADA BAHASA ARAB DAN INGGRIS// PROGRAM PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM INI MELIPUTI PENGEMBANGAN FISIK DAN NON FISIK// SEBAGAI PERBAIKAN DALAM MENINNGKATKAN KUALITAS KEILMUAN DAN KETRAMPILAN PARA SANTRI//

SEGMEN 3.

WAKTU PENDIDIKAN FORMAL DIMULAI SEJAK PUKUL 7 SAMPAI JAM 12 SIANG// PENDIDIKAN NON FORMALNYA DIMULAI JAM 2 SIANG// HAL INI SEBAGAI BEKAL AKSES DIDUNIA DAN AKHERAT BAGI PARA SANTRI AGAR MENDAPAT BAROKAH DAN HIDAYAH DARI ALLAH SWT// BEKAL TERSEBUT SEBAGAI PENUNJANG JIKA NANTI MEREKA TERJUN DI MASYARAKAT// KARENA BEKAL ILMU ITU HARUS DIAMALKAN KEPADA SETIAP ORANG YANG MEMBUTUHKAN// DAN AMAL ITU HARUS BERDASARKAN ILMU//

SEBAGAI PENCAPAIAN VISI YANG TEPAT DALAM KEHIDUPAN DIMASYARAKAT// DIMANA PESANTREN INI MEMPUNYAI VISI DALAM MENCETAK GENERASI ISLAM MASA DEPAN YANG BERILMU AMALIYAH/ BERAMAL ILMIAH DAN BERAKHLAKUL KARIMAH/ SERTA MEMPERKAYA PENGETAHUAN SANTRI DALAM PENGUASAAN KEISLAMAN DAN SAIN//

MENANAMKAN AKHLAQUL KARIMAH DAN MEMBERI BEKAL BERBAGAI KETRAMPILAN LIFE SKILL YANG SESUAI DENGAN DINAMIKA TUNTUTAN ZAMAN// MENDORONG DAN MEMFASILITASI GERAK PERUBAHAN MASYARAKAT MELALUI PELIBATAN DIRI DALAM KERJA PEMBERDAYAAN SOSIAL DAN KULTURAL DENGAN BERLANDASKAN NILAI-NILAI ISLAM//

SOUND BITE : H.M HAYATUL IKSHAN (KETUA YAYASAN PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BENGKAK WONGSOREJO BANYUWANGI). Duduk bersila, memakai peci putih dan baju putih,belakangnya bergambar ka’bah.
IN :
OUT :

SEHINGGA SANTRI/ TIDAK HANYA MEMPUNYAI BEKAL DIDUNIA SAJA/ NAMUN JUGA MEMPUNYAI BEKAL DIAKHERAT UNTUK DITERAPKAN DIMASYARAKAT// PARA SANTRI YANG MENEMPUH PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN TIDAK HANYA MENGUASAI ILMU/ TAPI MELAKUKAN PRAKTEK LANGSUNG SEBAGAI LIFE SKILLNYA// SEHINGGA MAMPU MEMBENTUK SANTRI PRODUKTIF/SIAP PAKAI DAN TAHAN KEADAAN//

SEGMEN 4.

SOBAT SANTRI/ MEMPUNYAI BEKAL ILMU ITU HARUS DIAMALKAN KEPADA SETIAP ORANG YANG MEMBUTUHKAN// DAN AMAL HARUS BERDASARKAN ILMU// NAH!/BAGAIMANA DENGAN SANTRI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM DAN MAMPUKAH MEREKA MELAKUKANNYA!//

MENGIKUTI PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM SANGAT MENYENANGKAN// MESKI LAMA DAN RASA BOSAN SERING MENJADI BEBAN TERSENDIRI/ NAMUN PARA SANTRI MAMPU MENGHILANGKAN PERASAAN TERSEBUT// KARENA SETIAP HARINYA SELALU BERGAUL BERSAMA DALAM SUATU KEGIATAN RUTIN PONDOK PESANTREN// JADI PERASAAN KERASAN ITU MELEKAT DALAM JIWA MEREKA DISANA// SELAIN MENDAPAT BEKAL ILMU AGAMA/ILMU UMUM JUGA MAMPU DISERAPNYA//

SISTEM PENDIDIKAN FORMAL/ DAN PENDIDIKAN NON FORMAL MENJADI PERPADUAN PONDOK PESANTREN INI// SEPERTI MENGIKUTI PELAJARAN BERSAMA/SHOLAT BERJAMAAH/ MENGAJI BERSAMA/ BELAJAR TARTIL AL-QURAN/YAITU MEMBACA AL-QURAN DENGAN MELAGUKANNYA// BEGITUPUN DENGAN KEGIATAN QITOBAH DALAM TIGA BAHASA//

SOUND BITE : NURHAYANI (SANTRI PUTRI)
IN :
OUT :


SEMUA KEGIATAN ITU MENJADIKAN KEAKRABAN TERSENDIRI DIANTARA SANTRI MIFTAHUL ULUM DALAM KESEHARIANNYA// SEHINGGA MEREKA MAMPU MEMBENTUK RASA SILAHTURAHMI KEKELUARGAAN YANG KUAT DIANTARA PARA SANTRI DISANA// DENGAN MENGETAHUI KARAKTER MASING-MASING TEMAN MEREKA//.

SOUND BITE : RUDI HARTONO (SANTRI PUTRA)
IN :
OUT :

BAGI RUDIHARTONO SUDAH HAMPIR 9 TAHUN BELAJAR AGAMA DI PONDOK PESANTREN MIFTHAHUL ULUM SANGAT MENYENANGKAN// TERBUKTI DALAM SETIAP KEGIATAN DI PONDON PESANTREN INI SELALAU DIIKUTINYA// BUKAN WAKTU YANG PENDEK UNTUK MENDALAMI ILMU AGAMA// PERLU PERJUANGAN DAN KETABAHAN JIWA// KEGIATAN RUTIN SHOLAT TAHAJUD BERJAMAAH SETIAP MALAM/ SHOLAT SUBUH BERJAMAAH/ DAN BELAJAR AGAMA MERUPAKAN KEWAJIBAN SANTRI YANG SELALU DIIKUTI//

APALAGI BERTEMU SESAMA SANTRI DARI SELURUH JATIM!// HAL INI MEMPUNYAI KESAN YANG MENYENANGKAN// KARENA MEMPUNYAI BANYAK TEMAN// HARANPAN PARA SANTRI DIMASA MENDATANG ADALAH BISA MENGABDI DIPONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM SAMPAI TUA/ SEBAGAI RASA HORMAT/ DAN TANDA TERIMAKSIH TERHADAP PARA PENGASUH YANG MEMBESARKANYA DALAM MEMBENTUK AHKLAK YANG ISLAMI//


CLOSING----------------------------------------------------------------------------------------------------

2 Komentar:

Pada 13 Desember 2009 pukul 07.51 , Blogger iedho' design mengatakan...

ASSALAMU,,,,,,,,,,
HEI gimana kbr,
oyah lam m semua tmn2 kls 3 aliah, moga nantik, UN, di beri kemudahan serta dapat nilai yang sempurnah, amin ya rob.
lam ke hikmah ; MISS BGT,
from ; @CMD Fawaaaaaaid, jo' Salsaf sukorejo

 
Pada 28 Agustus 2010 pukul 08.22 , Blogger @kholil Ibn Hayat mengatakan...

alhamdulillah kbar baig...
slam ke mbak hikmah kan sgera di sampaikan.. hehe..

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda