Sabtu, 23 Februari 2008

PONPES MODERN MUHAMMADIYAH LAMONGAN

PROGRAM : KELILING PESANTREN

  • LOKASI : PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH, Paciran Lamongan

  • EPISODE : 7 (TUJUH)

  • LIPUTAN : 21 FEBRUARI 2008

  • TAYANG : 24 FEBRUARI 2008

=======================================================================================

SEGMENT 1 => (6’)

BUMPER IN

HIGLIGHT PROGRAM EPISODE INI (30”)

OPENING PROGRAM => Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur)

Still Text: Crew Menuju Lokasi Pondok Modern Muhammadiyah Paciran Lamongan

(NB: Hanya di Segment 1 saja – di proporsikan sesuai alur)

OPENING PENGANTAR SEGMENT DI LOKASI (Reporter) => Cita Helmi

VO.

SALAM SOBAT SANTRI / PERKEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SUDAH TIDAK BISA DIANGGAP REMEH LAGI SEKARANG INI / NAMUN SANGAT PERLU DIPERHATIKAN // MESKI ZAMAN SUDAH USANG / NAMUN PENDIDIKAN TETAP BERJALAN / KHUSUSNYA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM / APALAGI DI LINGKUNGAN DIPERKOTAAN YANG PERKEMBANGAN BUDAYA SUDAH SEMAKIN “KRONIS” DI MATA ANAK MUDA GENERASI PENERUS BANGSA BILA TIDAK SEGERA DI SEDIAKAN “SERUM” SEDINI MUNGKIN SEPERTI DITANAH JAWA INI?//

NAH SOBAT SANTRI / KITA AKAN KELILING PESANTREN DI SALAH SATU DAERAH PESISIR PANTAI UTARA PULAU JAWA / YANG MERUPAKAN SEJARAH PANJANG DALAM PERKEMBANGAN AGAMA ISLAM DITANAH JAWA INI // DIMANA KAWASAN TERSEBUT SEBAGAI SALAH SATU BASIS PARA WALISONGO DALAM MENSYIARKAN AGAMA ISLAM PADA WAKTU ITU // SEHINGGA DALAM PERKEMBANGANNYA BANYAK BERMUNCULAN PONDOK PESANTREN BARU DAN MODERN //

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

DAN SALAH SATU PONDOK PESANTREN YANG AKAN KITA KELILINGI DALAM EPISODE INI ADALAH PONDOK MODERN MUHAMMADIYAH DI PACIRAN LAMONGAN //

BERDIRINYA PONDOK MODERN MUHAMMADIYAH PACIRAN INI TIDAK TERLEPAS

DARI BERDIRINYA LEMBAGA MADRASAH ISLAMIYYAH PADA TAHUN 1946 YANG DIDIRIKAN OLEH K.H. M. RIDLWAN SYARQOWI (ALMARHUM) // MUNCULNYA LEMBAGA TERSEBUT MERUPAKAN JAWABAN ATAS KEPRIHATINAN MASYARAKAT SETEMPAT TERHADAP PERKEMBANGAN KEHIDUPAN AGAMA DIKAWASAN PANTAI UTARA PULAU JAWA //


> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”)

KENAPA? DIMANA SELAMA INI BANYAK PRAKTEK-PRAKTEK TAKHYUL / BID’AH / SERTA KURAFAT YANG MENGARAH KEPADA PERBUATAN SYIRIK DI KAWASAN TERSEBUT // DEMI MENCEGAH PERBUATAN TERSEBUT / DIPERLUKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG KUAT BAGI MASYARAKAT DI DAERAH PESISIR UTARA PULAU JAWA //

MESKI BANYAK RINTANGAN DAN HAMBATAN PADA MASA ITU / NAMUN PONDOK MODERN MUHAMMADIYAH / MAMPU BERDIRI KOKOH HINGGA SAAT INI // SYUKUR ALHAMDULLILAH TAHUN DEMI TAHUN PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH INI MAMPU BERKEMBANG DENGAN BAIK DAN SESUAI DENGAN CITA – CITA LUHUR ROSULLULLOH MUHAMMAD SAW //


SOUN BITE : K।H ABDUL KARIM ZEN
(Kyai Sepuh Pondok Modern Muhammadiy
ah)

IN :

OUT :

…………………………………………………………………………………………………………………………………….

DARI SEGI PENDIDIKANNYA / PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH PACIRAN LAMONGAN INI SUDAH ADA DAN EKSIST MULAI DARI PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK HINGGA SAMPAI PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI // HAL INI SEBAGAI JAWABAN ASPIRASI MASYARAKAT YANG BERKEMBANG SELAMA INI // DIMANA PENDIDIKAN FORMAL MAUPUN NON FORMAL SANGAT DIPERLUKAN DIKAWASAN ATAU DAERAH PACIRAN LAMONGAN //

SEIRING WAKTU BERJALAN / YANG MENEMPUH PENDIDIKAN DI PONDOK MODERN MUHAMMADIYAH PACIRAN LAMONGAN INI TAK TERBATAS DARI KAWASAN JAWA TIMUR SAJA / NAMUN SUDAH SAMPAI KE SELURUH PELOSOK NUSANTARA //

SETELAH BERDIRINYA PADA TAHUN 1946 / PONDOK PESANTREN INI MAMPU BERKEMBANG DENGAN BAIK// TIDAK TERBATAS DALAM PENDIDIKAN FORMAL / NAMUN JUGA PENDIDIKAN NON FORMAL MAMPU SEBAGAI PENYEIMBANG DI PONDOK PESANTREN INI // BAIK DARI KUALITAS MAUPUN KUANTITASNYA//

SEDANGKAN DAYA TAMPUNG LEMBAGA PENDIDIKAN INI SANGAT TERBATAS / MAKA PADA TAHUN 1983 PERGURUAN MUHAMMADIYAH PACIRAN LAMONGAN BERUBAH MENJADI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH PACIRAN LAMONGAN JAWA TIMUR //

SOUND BITE : K.H AHMAD MUNIR (Mudir / Direktur Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah)

IN :

OUT :

TEKAD MENGELOLA LEMBAGA YANG BERBASIS PONDOK PESANTREN INI DIDASARI RASA KEPEDULIAN SOSIAL SERTA TANGGUNG JAWAB TERHADAP SYIAR AGAMA ISLAM // SEHINGGA KE DEPAN PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH PACIRAN LAMONGAN INI BENAR-BENAR MAMPU MENEMPATKAN DIRI YANG SESUAI FUNGSINYA // TIDAK TERBATAS HANYA SEBAGAI FUNGSI LABORATORIUM DINIYYAH-ILMIYYAH DAN KADERISASI SEMATA / NAMUN JUGA MAMPU SEBAGAI LEMBAGA PENGABDIAN SOSIAL DI MASYARAKAT //

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 2 atau Visual

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 2 => (7’)

  • BUMPER IN

  • Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

SOBAT SANTRI / BAGAIMANA MENJAWAB TANTANGAN KE DEPAN BAGI SANTRI PUTRA MAUPUN SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADDIYAH DI MASA AKAN DATANG?//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (10”)

MEGAHNYA PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH INI TIDAK TERLEPAS DARI PERAN SERTA PARA PENDIRI PONDOK PESANTREN SELAMA INI // DIMANA DARI TAHUN KE TAHUN SELALU ADA PEMBARUAN YANG INOVATIF DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN PONDOK TERSEBUT // BEGITUPUN DALAM PERKEMBANGN ILMU SAINS DAN TEKNOLOGI //

CITA HELMI (Reporter) => In Frame

(Menerangkan di Laboratorium IPA)

CIKAL BAKAL ITULAH YANG MELATAR BELAKANGI BERDIRINYA PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH PACIRAN LAMONGAN JAWA TIMUR // DIMANA KEBUTUHAN PENDIDIKAN SANGAT DIPERLUKAN BAGI MASYARAKAT SEKARANG // SEBAGAI PERTAHANAN KUALITAS MENTAL PARA SANTRI DALAM MENEMPUH PROSES BELAJAR DIMASYARAKAT //

PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH INI JUGA BERHARAP DIMASA MENDATANG / PEMERINTAH TURUT MENDUKUNG PERKEMBANGAN AGAMA ISLAM MELALUI PONDOK-PONDOK YANG ADA DISELURUH INDONESIA // SEBAGAI PAGAR KUALITAS PONDASI BANGSA YANG KUAT DAN TANGGUH DALAM MENYARING KEMAJUAN ZAMAN //

SOUND BITE : K.H AHMAD MUNIR (Mudir/ Direktur Pondok Modern Muhammadiyah)

IN :

OUT :

DIMANA PENDIDIKAN PONDOK ITU SUDAH BERKEMBANG JAUH KEDEPAN // SEBAGAI PERSIAPAN TENAGA -TENAGA TERAMPIL DALAM MENYONGSONG PENYERAPAN TENAGA KERJA YANG SIAP PAKAI DI INDONESIA // BAIK DI INSTANSI PEMERINTAH MAUPUN SEBAGAI WIRAUSAHA SEBAGAI WUJUD KEPEDULIAN UNTUK TURUT MEMAJUKAN DALAM VEKTOR PEREKONOMIAN BANGSA INI //

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 3 …Wawancara atau Visual )

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 3 => (7’)
  • BUMPER IN

  • Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

SOBAT SANTRI / BAGAIMANA SISTEM PENDIDIKANNYA SELAMA INI YANG DITERAPKAN DI PONDOK MODERN MUHAMMADIYAH INI? //

SEMENTERA PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH INI MEMPUNYAI POLA KEAGAMAAN DAN KEILMUAN YANG DIKEMBANGKAN DENGAN POLA INTEGRATED SYSTEM // SISTEM PENDIDIKAN DISINI MENGACU PADA DUA PERPADUAN MODERN // DAN TIDAK BEDA DENGAN PENDIDIKAN YANG ADA DI LEMBAGA LAIN // BAIK ITU DIPENDIDIKAN FORMAL MAUPUN PENDIDIKAN NON FORMAL //

=> Ilustrasi Insert Visual with Back sound (15”) …

DENGAN POLA SEMACAM PENGEMBANGAN INTRAKURIKULER MAUPUN EKSTRAKURIKULER // SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH INI DIHARAPKAN BAGI PARA SANTRI SELAIN MENERIMA PELAJARAN DISEKOLAH / MEREKA JUGA MENERIMA MATERI-MATERI DINIYYAH KHAS SEBUAH PONDOK PESANTREN // DENGAN ORIENTASI KEPADA AL-AKHLAQUL KARIMAH // YANG NANTINYA AKAN TERCERMIN DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT SETELAH MEREKA LULUS DALAM BELAJAR //

CITA HELMI (Reporter) => In Frame

(Menerangkan …Muhadharah/ Khitobah..)

DIMANA BAGI SELURUH SANTRI HARUS MEMPUNYAI DAYA PIKIR YANG CERDAS DALAM MENYARING KEMAJUAN ZAMAN// KARENA SEMUA PROSES BELAJAR DAN ILMU DIDUNIA ITU TERCAKUP DALAM SATU WADAH DALAM ILMU AGAMA ISALAM DENGAN TUNTUNAN KITAB SUCI AL-QURAN SEBAGAI REL KEHIDUPAN // BAIK PELAJARAN FIQIH ATAU PELAJARAN TUNTUNAN LAINNYA // ARTINYA TIDAK MELENCENG DARI TUNTUNAN ROSULLULLOH MUHAMMAD SAW //

SOUND BITE : H. DRS. MUHAMMAD HASAN RASIDI. M.Pd

(Pembina Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah)

IN :

OUT :

YANG MANA PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN ITU SUDAH BERKEMBANG PESAT DAN TIDAK SEPERTI DULU LAGI // APALAGI DIDUKUNG DENGAN SEGALA FASILITAS TEKNOLOGI YANG MODERN // SUDAH BARANG TENTU / SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH PACIRAN LAMONGAN INI SUDAH SIAP AKAN ASUPAN TEKNOLOGI TINGGI //

MULAI DARI LABORATORIUM BAHASA / IPA / MULTI MEDIA DAN KOMPUTER TERSEDIA DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH //

CITA HELMI (Reporter) => In Frame

(Menerangkan di-Studio Multimedia)

UNTUK MATERI FIQIH PARA SANTRI DIBERIKAN KEBEBASAN DALAM BERDEMOKRASI DALAM MEMECAHKAN SUATU MASALAH // ARTINYA SETIAP ADA PERMASALAHAN / BAIK MENYANGKUT AGAMA ISLAM MAUPUN PENDIDIKAN SEKOLAH AKAN LANGSUNG DIDISKUSIKAN ANTARA SANTRI DENGAN KYAINYA ATAU STAFF PENGAJAR PONDOK PESANTREN //

……………………………………………………………………………………………………………………………………….

NAMUN SEMUA MASIH DALAM KORIDOR AL-QURAN DAN HADIST // SEPERTI TUNTUNAN ROSULLULLOH MUHAMMAD SAW DAN SANTRINYA SEBAGAI SAHABATNYA //

KEBENARAN BIJAK YANG MENJADI TUNTUNAN MEREKA // JADI PERSAHATAN ITULAH YANG MENJADI KEHARMONISAN HUBUNGAN YANG LEBIH ENAK DAN FLEKSIBEL DI KELUARGA PONDOK PESANTREN //

SEHINGGA PROSES BELAJAR MENGAJAR LEBIH FAMILIER// DIMANA ILMU YANG DIAJARKAN MAMPU DAN MUDAH DITERIMA SANTRI DALAM PROSES BELAJAR// SEHINGGA APAPUN KESULITAN MAMPU DIATASI DENGAN MUDAH DIANTARA GURU DAN SANTRI//

CITA HELMI (Reporter) => In Frame

(menerangkan tentang ISTIDLAL / KAJIAN HADIST NABI)

Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 4 atau Visual

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 4 => (4’)

  • BUMPER IN

  • Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”)

SOBAT SANTRI / KEDISIPLINAN MERUPAKAN KUNCI SUKSES // INILAH YANG DITERAPKAN OLEH PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH PACIRAN LAMONGAN KEPADA SELURUH SANTRI-SANTRINYA //

=> Ilustrasi Insert Visual with Back sound (15”) …

SELAMA INI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH PACIRAN LAMONGAN SELALU MENERAPKAN SISTEM DISIPLIN YANG TINGGI TERHADAP SANTRINYA // DIAMANA SEGALA FASILITAS PENDUKUNG PENDIDIKAN PONDOK PEASNTREN DILENGKAPI / DAN SANTRI WAJIB DAN MAMPU UNTUK MEMPELAJARINYA // ARTINYA SETIAP PERKEMBANGAN TEHNOLOGI / MEREKA HARUS MENGETAHUI DAN MENGERTI // HAL ITU DIPERLUKAN AGAR MEREKA TIDAK KETINGGALAN DENGAN PENDIDIKAN DIPERKOTAAN // SALAH SATU CONTOHNYA SISTEM ABSENSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN ID CARD //

CITA HELMI (Reporter) => In Frame

(menerangkan tentang ABSENSI MENGGUNAKAN ID CARD)

SISTEM INI DIGUNAKAN SEBAGAI TUNTUTAN KEMAJUAN PENDIDIKAN MODERN // YANG TETAP MENGACU KEPADA KURIKULUM SALAF YANG BERKEMBANG DENGAN TEHNOLOGI TINGGI // DIMANA NANTINYA PARA SANTRI HARUS MENGUASAI TEHNOLOGI TERSEBUT // JIKA TIDAK ADA PERTIMBANGAN LAIN UNTUK NAIK KELAS // DEMIKIAN JUGA DALAM PENGUASAAN BAHASA ASING //

CITA HELMI (Repoter) => In Frame

(Menerangkan DI Laboratorium. Bahasa JEPANG)

SEMENTARA DALAM KESENANGAN BATIN TIDAK ADA YANG MAMPU MENGUKURNYA // HANYA KEPRIBADIAN DIRI SENDIRI YANG MENGETAHUINYA // BEGITUPUN BELAJAR DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH INI // BERKUMPUL DAN BERSENDA GURAU DI SELA-SELA BELAJAR AGAMA ISLAM MAUPUN ILMU PENDIDIKAN UMUM MENJADIKAN SUATU PENGALAMAN YANG MENARIK BAGI SETIAP SANTRI DI PONDOK PEASNTREN MODERN MUHAMMADIYAH PACIRAN LAMONGAN INI //

BEGITU PULA HUBUNGAN ANTARA SANTRI DAN GURU YANG HARMONIS / MAMPU MENAMBAH KEAKRABAN BATIN DIANTARA MEREKA //

SOUND BITE : WALIDAH (Santri Putri)

IN :

OUT :

……………………………………………………………………………………………………………………………………….

KESAN KEKELUARGAAN ITULAH YANG SELAMA INI TERCERMIN PADA PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH PACIRAN LAMONGAN // PEMBAURAN PERSAHABATAN ANTAR ETNIS MENJADI PEMANDANGAN YANG KHAS DI SANA // BAIK DALAM MENEMPUH PENDIDKAN FORMAL MAUPUN DALAM PENDIDIKAN NON FORMAL //

MESKI DALAM AWAL MASUK PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH INI RASA KETIDAKPERCAYAAN DIRI SELALU MENGHANTUI /NAMUN LAMA-LAMA JUGA AKAN MENIKMATINYA // APALAGI DALAM MENEMPUH PENDIDIKAN ILMU AGAMA ISLAM // MESKI SEDIKIT ADA PENYESUAIAN /

/ DAN SEMUA BERJALAN DENGAN LANCAR//

DUKUNGAN ORANG TUA DAN KEAKRABAN TEMAN DARI SELURUH NUSANTARA MENJADI SEMANGAT TERSENDIRI DALAM PROSES BELAJAR // PROSES ITULAH YANG SANGAT MENGASYIKAN BAGI SANTRI YANG SELAMA INI MENEMPUH BELAJAR DISANA//

SOUND BITE : BAYU (Santri Putra)

IN :

OUT :

SELAIN ITU PENERAPAN KESABARAN GURU PEMBIMBING DALAM PROSES BELAJAR JUGA SANGAT BERPENGARUH KEPADA KEJIWAAN PARA SANTRI // SEHINGGA TUNTUNAN DAN ARAHAN MENJADIKAN PEMICU SEMAGAT DALAM PROSES BELAJAR // KESAN ITULAH YANG SELALAU NAMPAK SELAMA INI // SEHINGGA HARAPAN SANTRI DALAM MERAIH CITA-CITA MENJADI MAKNA YANG BERARTI // MENJADI SANTRI YANG BERKUALITAS DAN MAMPU MEMBANGGAKAN ORANG TUA HARAPAN MEREKA //


=> PETUAH BIJAK (KE 2): Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur)

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> CLOSING : Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur


Roll Credit Title (Running Slow: Horizontal , dengan visual aktivitas pondok dengan skala proporsional)



Suwun,


Wassalamualaikum




0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda