Sabtu, 23 Februari 2008

LPII KOTA BATU MALANG

  • 5 DESEMBER 2008

  • PROGRAM : KELILING PESANTREN

  • ESPISODE : LPII KOTA BATU MALANG

  • TGL PRODUKSI : 13 FEBRUARI 2008

  • TGL TAYANG : 17 FEBRUARI 2008


SEGMENT 1 => (6’)

BUMPER IN

HIGLIGHT PROGRAM EPISODE INI (30”)

OPENING PROGRAM => Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur)

Still Text: Crew Menuju Lokasi Pondok Pesantren Tebuireng Jombang

(NB: Hanya di Segment 1 saja – di proporsikan sesuai alur)

OPENING PENGANTAR SEGMENT DI LOKASI (HOST) => Cita Helmi

VO

ASSALAAMU’ALAIKUM / SALAM SOBAT SANTRI / TIM KELILING PESANTREN KALI INI DI DESA SUMBEREJO KOTA BATU MALANG JAWA TIMUR// TEPATNYA DI LEMBAGA PENDIDIKAN MUSLIMAH INDONESIA AL-IZZAH// LEMBAGA INI ADALAH MENGKHUSUSKAN BAGI SANTRI PUTRI// MENGAPA DEMIKIAN!// NAH/ SOBAT SANTRI ARUS GLOBALISASI SANGAT BERPENGARUH PERHADAP PERILAKU SETIAP REMAJA DI INDONESIA// DEMI MENCEGAH PERGAULAN BEBAS TERSEBUT/PARA PEMIKIR BANGSA MEMBUAT PENANGKAL SPIRITUAL MELALUI PENDIDIKAN AGAMA//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

NAH SOBAT SANTRI/APAKAH INI SEBAGAI JAWABAN KECEMASAN ORANG TUA TERHADAP PUTRINYA DI MASA DEPAN?// ATAUKAH SEBAGAI ALTERNATIF PENDIDIKAN YANG BERBASIS TERHADAP KECERDASAN MUSLIMAH DI BANGSA INI!//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

DIDUKUNG DENGAN KESEJUKAN HAWA PEGUNUNGAN DAN INDAHNYA ALAM SEKITAR KOTA BATU/ MENGINSPIRASI PAKAR-PAKAR PENDIDIKAN JAWA TIMUR UNTUK SELALU MEMBUAT METODE TEROBOSAN BARU DALAM BIDANG PENDIDIKAN// PEMIKIRAN CERDAS ITULAH MAMPU DIWUJUDKAN DENGAN BERDIRINYA LPMI/YAITU LEMBAGA PENDIDIKAN MUSLIMAH INDONESIA PROGRAM SMP AL-IZZAH DI DESA SUMBEREJO KOTAMADYA BATU – JAWA TIMUR PADA TAHUN 2004// MESKI BARU BERJALAN TIGA TAHUN/LEMBAGA INI MAMPU BERKEMBANG PESAT HINGGA SEKARANG//

LEMBAGA ISLAM INI MENGKHUSUSKAN PROGRAM PENDIDIKAN SMP KHUSUS PUTRI//

SEBAGAI JAWABAN PENDIDIKAN ALTERNATIF YANG MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI FUNDAMENTAL ISLAM BAGI KAUM MUSLIMAH DI INDONESIA// DALAM SISTEM INI/ PENGELOLA BERHARAP/ PARA SANTRI PUTRI MENGENAL SECARA MANTAP TENTANG JATIDIRINYA SEBAGAI GENERASI ISLAM// DAN SEKALIGUS MAMPU MENAMPILKAN BAKAT DAN POTENSINYA SECARA OPTIMIS SETIAP FENOMENA MUTAKHIR YANG KELAK MEREKA HADAPI//

OLEH KARENANYA/ KEHADIRAN LEMBAGA PENDIDIKAN MUSLIMAH AL IZZAH BERKEINGINAN KUAT UNTUK MEMBERIKAN JAWABAN ALTERNATIF TERHADAP KECEMASAN BAGI PARA ORANG TUA MENGENAI MASA DEPAN ANAK-ANAKNYA/ KHUSUSNYA ANAK PUTRI!//

ADAPUN PENEMPATAN LEMBAGA PENDIDIKAN MUSLIMAH DI DESA SUMBEREJO KOTAMADYA BATU MALANG JAWA TIMUR INI MERUPAKAN SEBUAH LINGKUNGAN EDUKATIF YANG ALAMI DAN MEMPUNYAI POTENSI BESAR TERHADAP PROSES PENDIDIKAN// DENGAN LOKASI DI LERENG BUKIT YANG SEJUK DAN RINDANG DENGAN PEMANDANGAN YANG MENGHIJAU DI SEKITAR LOKASI BANGUNAN//

SOUND BITE : Drs. Ali Imron, M.Ag (Direktur LPMI Al- Izzah)

IN :

OUT :

SEHINGGA MELAHIRKAN SUASANA YANG LEBIH TENANG DAN DAMAI// SECARA SOSIAL/ LEMBAGA MUSLIMAH INI JUGA CUKUP KONDUSIF UNTUK MENGEMBANGKAN SEGENAP POTENSI YANG DIMILIKI OLEH SANTRI PUTRI DISANA// SEBAB DIRANCANG SEBAGAI UNIT TERPADU YANG MENERAPKAN MODEL BOARDING SCHOOL// SISTEM INI MEMUNGKINKAN OTONOMI LEBIH LUAS DALAM PENGELOLAAN KULTUR DAN KARAKTER SANTRI YANG ADA DI LEMBAGA TERSEBUT//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 2 atau Visual )

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 2 => (7’)

  • BUMPER IN

  • Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

SOBAT SANTRI/ BELAJAR MEMBACA AL-QURAN ADALAH SUATU KEWAJIBAN SETIAP ORANG MUSLIM// KARENA DIDALAM AL-QURQN-LAH TUNTUNAN KEBENARAN MUTLAK MANUSIA ITU ADA// SEPERTI APA YANG DIAJARKAN OLEH LEMBAGA PENDIDIKAN MUSLIMAH AL-IZZAH INI// HAMPIR TIADA HARI TANPA MENGHAFAL AL-QURAN!//

LEMBAGA PENDIDIKAN MUSLIMAH AL-IZZAH INI SECARA KHUSUS MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN UMUM DAN PESANTREN// YANG NANTINYA SETELAH LULUS/ SANTRI PUTRI MAMPU MENGHAFALKAN MINIMAL 3 JUZZ AL-QURAN BESERTA QIROATI-NYA//

SEMENTARA SAUNG AL QUR’AN ADALAH SALAH SATU KEUNGGULAN YANG MENJADI KEUTAMAAN DI LEMBAGA MUSLIMAH INI// KEGIATAN ITU SUDAH MENJADI BUDAYA PEMBELAJARAN DISANA//

PRESENTER : CITA HELMI (HOST) MASUK.

(Menerangkan tentang hafalan Al-quran 3 juzz)

DENGAN POLA KHALAQOH/YAITU BELAJAR MEMAHAMI/ MENGHAYATI DAN MENGAMALKAN KANDUNGAN AL QUR’AN// KEGIATAN ITU DILAKUKAN SETIAP PAGI HINGGA PETANG// DENGAN CARA DILAKUKAN TERUS-MENERUS/ DAN SETIAP HARI PARA SANTRI PUTRI HARUS MENYETORKAN HAFALAN AL QUR’AN KEPADA PEMBIMBINGANYA//

PRESENTER : CITA HELMI (HOST) MASUK.

(Menerangkan tentang ketrampilan menggunakan bahasa arab)

HAL ITU DILAKUKAN SETIAP SANTRI PUTRI UNTUK MEMBANGUN KARAKTER KEBAIKAN MEREKA// BAIK ITU DI LINGKUNGAN LEMBAGA SEKOLAH/ MAUPUN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT// SEBAGAI TUJUAN UTAMA MEMAHAMI DAN MENGAMALKAN AJARAN ISLAM BAGI SANTRI PUTRI// AGAR MEREKA MEMILIKI SEMANGAT BERSAING DAN DAYA PIKIR DALAM MENGEMBANGKAN ILMU PENGETAHUAN/KHUSUSNYA PENGETAHUAN AGAMA ISLAM//

SOUN BITE : Maftuhin. M. Pd.i

IN :

OUT :

DENGAN SISTEM INTEGRAL YANG MEMADUKAN ASPEK INTELEKTUAL/MENTAL SPIRITUAL DAN LIFE SKILL// SEHINGGA NANTINYA LULUSAN AL-IZZAH INI MAMPU MELAHIRKAN GENERASI MUSLIMAH YANG BERTAQWA/CERDAS DAN MANDIRI//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 2 atau Visual )

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 3 => (7’)

  • BUMPER IN

  • Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

SOBAT SANTRI/MELAHIRKAN KAUM MUSLIMAH YANG BERAKHLAK MULIA TIDAK MUDAH/NAMUN ILMU AGAMA YANG MAMPU MENJAWABNYA!//

TIDAK HANYA PENDIDIKAN NONFORMAL YANG MAMPU DITERAPKAN LEMBAGA MUSLIMAH INI/NAMUN PENDIDIKAN FORMAL JUGA SANGAT DIUTAMAKAN// SEBAGAI KESEIMBANGAN DALAM PROSES BELAJAR// ADAPUN METODE PEMBELAJARANNYA ADALAH ACTIVE LEARNING YANG BERBASIS PADA KOMPETENSI SANTRI DENGAN MODEL SISTEM SEMI MOVING CLASS// SEMENTARA KETRAMPILAN BERBAHASA ASING MENJADI KEWAJIBAN DALAM MELANDASI SISWA BERINTERAKSI DENGAN SAINS DAN TEKNOLOGI DI ERA MODERN INI//

PRESENTER : CITA HELMI (HOST) MASUK.

(Menerangkan tentang TAUZIAH)

DENGAN MENERAPKAN POLA INTEGRATED LEARNING/YAITU KURIKULUM YANG MENGHARUSKAN ADANYA PROSES YANG SISTEMATIS YANG SOLID TERHADAP ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN AGAMA//

SELAIN ITU LEMBAGA INI JUGA MENGADOPSI KURIKULUM DIKNAS DAN KURIKULUM LEMBAGA PENDIDIKAN MUSLIMAH SENDIRI// YAKNI KURIKULUM PENDIDIDKAN AL-QURAN/KURIKULUM TERPADU/DAN PENGEMBANGAN DIRI// HAL INI DIRANCANG SEBAGAI TUJUAN UNTUK MELAHIRKAN GENERASI MUSLIMAH YANG BERAKHLAK MULIA/SERTA MAMPU BERPERAN SEBAGAI FIGUR DALAM KELUARGA// YANG NANTINYA MAMPU MENJADI MUSLIMAH SEJATI//

SOUND BITE : ZIDNI RODHIA (SANTRI PUTRI LPMI)

IN :

OUT :

HAL INI PERLU MOTIFASI TINGGI UNTUK MENCAPAI TARGET YANG DIBUTUHKAN PARA SANTRI// SEHINGGA KESIAPAN PARA PEMBIMBING DI LEMBAGA PENDIDIKAN MUSLIMAH INI SELALU MEMBERIKAN DORONGAN TAUZIAH DENGAN PENUH KESABARAN// SEBAGAI PENGASAH KECERDASAN YANG SANTUN TERHADAP SISWANYA//

PRESENTER : CITA HELMI (HOST) MASUK.

(Menerangkan tentang TAUZIAH)

PADA MATERI- MATERI PELAJARAN TERTENTU SANTRI PUTRI JUGA MEMBUTUHKAN KONSENTRASI EKSTRA DILUAR KELAS// AGAR LEBIH FARIATIF DALAM MENGEMBANGKAN PRAKTEK DILAPANGAN// SEPERTI PENGEMBANGAN AGROBISNIS//

SEBAGAI TUJUAN KEJENUHAN PARA SANTRI YANG SELAMA INI PROSES BELAJAR DI KELAS//

PRESENTER : CITA HELMI (HOST) MASUK.

(Menerangkan tentang tujuan berkebun/gardening dilokasi buah apel)

KARENA GARDENING ADALAH SALAH SATU PENGENALAN SANTRI DALAM MENGHARGAI MAHKLUK HIDUP CIPTAAN ALLAH// BAGAIMANA PROSES BERKEBUN YANG BAIK ITU DAN BAGAIMANA MENGHASILKAN BUAH YANG BAIK JUGA!// KARENA KEGIATAN SOFT SKIL ADALAH SALAH SATU RANGKAIAN PELAJARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN MUSLIMAH INI//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 2 atau Visual )

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 4 => (7’)

  • BUMPER IN

  • Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

SOBAT SANTRI/ MENGIKUTI BELAJAR DI KELAS ADALAH KEWAJIBAN/NAMUN BELAJAR

EKSTRA JUGA MENJADI KEBUTUHAN! BAGAIMANA LEMBAGA INI MAMPU MENERAPKANNYA!//

DI LEMBAGA INI JUGA MENERAPKAN PROSES PENDIDIKAN ISLAM MODERN/ SEPERTI YANG DINCONTOHKAN OLEH RASULULLAH SAW// DENGAN MENGENALKAN MASALAH KEHIDUPAN DAN MENGAJARI BAGAIMANA MENYELESAIKANNYA?// YANG MENCAKUP HUBUNGAN ANTARA MANUSIA DAN MANUSIA/DAN MANUSIA DENGAN TUHANNYA?//

SEBAGAI TUJUAN UTAMA ADALAH MELAHIRKAN SANTRI YANG MUSLIMAH//

MESKI SANTRI DISANA DATANG DARI PENJURU INDONESIA/NAMUN PERBEDAAN ITU SAMA SEKALI TIDAK ADA// HANYA KERUKUNAN DAN KEBERSAMAAN YANG SELALU MEREKA TUNJUKKAN// DENGAN SATU TUJAN/YAITU BELAJAR IMU PENGETAHUAN UMUM DAN AGAMA ISLAM DENGAN BAIK//

APALAGI DIDUKUNG DENGAN NUANSA PEGUNUNGAN DAN ALAM YANG INDAH DISEKITARNYA/ MENJADIKAN LEMBAGA PENDIDIKAN MUSLIMAH NAMPAK ASRI// YANG MAMPU MEMBAWA AURA SEJUK DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR// KARENA PERPADUAN KURIKULUM NASIONAL DAN LOKAL LEMBAGA SENDIRI MAMPU SEBAGAI PENYIMBANG PENGETAHUAN SANTRI PUTRI DISANA//

SOUND BITE : WULLADAH NUR JIHAN (Santri Putri LPMI)

IN :

OUT :

ITULAH POTENSI KURIKULUM YANG DITERAPKAN LEMBAGA MUSLIMAH INI//

SEBAGAI PENGEMBANGAN POTENSI DIRI PARA SANTRI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI PUTRI SESUAI KODRATNYA/SEBAGAI SEORANG WANITA//

DASAR-DASAR ITULAH YANG LANGSUNG BERKEMBANG BAIK DISANA// DENGAN PANDUAN LANGSUNG OLEH GURU PEMBIMBING KEPUTRIAN LEWAT BERBAGAI KEGIATAN BELAJAR//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> PETUAH BIJAK : Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur)

=> CLOSING : Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur

Roll Credit Title (Running Slow: Horizontal , dengan visual aktivitas pondok dengan skala proporsional)










1 Komentar:

Pada 26 Maret 2010 pukul 19.11 , Blogger Unknown mengatakan...

TAPI KALAU MISALNYA! ADA ANAK YANG MAU MENDAFTAR DI AL-IZZAH! KAN SECARA AL-IZZAH HANYA ORANG-ORANG YANG MAMPU AJA YANG BISA SEKOLAH DISANA!NAH KALU ADA ANAK YANG INGIN SEKOLAH DISANA TAPI ANAK ITU TIDAK MENCUKUPI! BAGAIMANA SIFAT AL-IZZAH KEPADA ANAK ITU?

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda