Minggu, 09 Maret 2008

PONPES PANGGUNG TULUNGAGUNG

  • PROGRAM : KELILING PESANTREN

  • LOKASI : PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG

  • EPISODE : 8 (DELAPAN)

  • LIPUTAN : 27 FEBRUARI 2008

  • TAYANG : 2 MARET 2008


SEGMENT 1 => (6’)

BUMPER IN

HIGLIGHT PROGRAM EPISODE INI (30”)

OPENING PROGRAM => Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur)

Still Text: Crew Menuju Lokasi Pondok Pesantren panggung Tulungagung

(NB: Hanya di Segment 1 saja – di proporsikan sesuai alur)

OPENING PENGANTAR SEGMENT DI LOKASI (HOST) => Cita Helmi


VO

ASSALAMU'ALAIKUM SALAM SOBAT SANTRI/ SIAPA SANGKA KABUPATEN TULUNGGAGUNG YANG IDENTIK DENGAN MARMER ITU MEMPUNYAI SEJUTA SEJARAH PESANTREN YANG MENARIK// SALAH SATUNYA PONDOK PESANTREN PANGGUNG// UNIKNYA PONDOK PESANTREN INI BERADA DITENGAH KOTA// KONON MENURUT CERITA PONDOK PESANTREN INI ADALAH YANG TERTUA DIKABUPATEN TULUNGAGUNG// BENARKAH DEMIKIAN? BAGAIMANA PONDOK PESANTREN INI MAMPU BERTAHAN HINGGA SEKARANG?//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

PONDOK PESANTREN PANGGUNG INI BERMULA DARI LANGGAR KECIL DI DESA KARANGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG// LANGGAR TERSEBUT DIDIRIKAN OLEH H. ALI DAN DIKELOLA BEBERAPA KYAI SEPUH PADA WAKTU ITU// NAMUN WALAUPUN KECIL/TEMPAT BERIBADATAN TERSEBUT SELALU RAMAI DENGAN BERBAGAI AKTIFITAS KEAGAMAAN// MULAI DARI SHOLAT BERJAMAAH HINGGA PENGAJIAN//DARI KEGIATAN ITULAH JAMAAH SEMAKIN HARI SEMAKIN MEMBLUDAK//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”)


BEBERAPA TAHUN KEMUDIAN/TEPATNYA TAHUN 1955 LANGGAR ITU MEMDAPAT JULUKAN LANGGAR PANGGUNG//KARENA BENTUKNYA SEPERTI PANGGUNG// LANGGAR TERSEBUT DIBANGUN OLEH KYAI IBRAHIM// KETIKA PUTRANYA PULANG DARI MENUNTUT ILMU AGAMA SELAMA 20 TAHUN DIPONDOK PESANTREN MOJOSARI KABUPATEN NGANJUK MENGANTIKAN TONGKAT ESTAFET DALAM SYIAR AGAMA AYAHNYA//


SETELAH SEKITAR TAHUN 1958 KEPULANGANNYA DITANAH KELAHIRANNYA LANGSUNG MEMBANTU AYAHNYA MENGAJAR DI PONPES TERSEBUT// DENGAN DIBANTU OLEH BEBERAPA KYAI DARI MAGELANG TEMAN SEJAWATNYA DI PONDOK DULU// SEJAK SAAT ITULAH LAHIR PONDOK PESANTREN PANGGUNG DI KABUPATEN TULUNGAGUNG//


AKIBAT TERUS BERTAMBAHNYA SANTRI/MAKA GEDUNG MADRASAH TERSEBUT TIDAK MEMADAI LAGI// DAN SANTRI YANG AKAN MENANAMATKAN PENDIDIKAN DI TINGKAT IBTIDAIYAH JUGA DIPANDANG MEMERLUKAN TEMPAT YANG LEBIH LAYAK// SEBAGAI KELANJUTAN PENDIDIDKAN MEREKA DALAM PROSES BELAJAR YANG LEBIH TINGGI//


MAKA PADA TAHUN 1964 DIDIRIKAN MADRASAH TSANAWIYAH// SEIRING PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN PANGGUNG INI MENGALAMI KEMAJUAN PESAT// LEBIH-LEBIH SETELAH DI PIMPIN OLEH KH.SAFI'I ABDURARAHMAN/YAITU ADIK KH.ASRORI IBRAHIM// DIMANA DIA SELALU MEMPUNYAI KEINGINAN YANG KUAT DALAM MEGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN PANGGUNG LEBIH MODERN// TERBUKTI PADA TAHUN 1967 BERDIRI MADRASAH ALIYAH//


SOUND BITE : KH. SAFI’I ABDURRAHMAN (PENGASUH PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG).wawancara 1

IN :

OUT :


=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 2 atau Visual )

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 2 => (7’)


  • BUMPER IN

  • Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …


SOBAT SANTRI/KEMAJUAN BANGSA DITUNJANG OLEH PENDIDIKAN// PERUBAHAN NEGARA DITUNJANG OLEH PENDIDIKAN// BAGAIMANAN TANTANGAN ITU MAMPU DIJAWAB OLEH PESANTREN SEKARANG ?//

=> Ilustrasi Insert Visual with Back sound (15”) …


TUJUAN PENDIRIAN PONDOK PESANTREN PANGGUNG ADALAH SEBAGAI TEMPAT PENDIDIKAN AGAMA ANAK-ANAK SEKITAR PONDOK// GUNA MENDAPATKAN KETRAMPILAN PENDIDIKAN AGAMA DAN ILMU LAIN// SELAIN SEBAGAI BEKAL PARA SANTRI JUGA SEBAGAI PERSIAPAN MENTAL DALAM MEMBANTU MEMECAHKAN SUATU MASALAH DIMASYARAKAT/ DIMANA MEREKA BERDOMISILI//

CITA HELMI (Reporter) => In Frame

(Menerangkan tentang SAWIR/diskusi memcahkan suatu masalah)


SEBAGAI SALAH SATU BENTUK UNTUK MEMERANGI TINGKAT KEBODOHAN DALAM ILMU AGAMA// DISAMPING ITU JUGA MEMBANTU PEMERINTAH DALAM MEMBERANTAS BUTA HURUF DISEKITAR PONDOK// MAKA DIDIRIKAN LEMBAGA TINGKAT IBTIDAIYAH// DENGAN DIDIRIKAN MADRASAH MULAILAH BANYAK SANTRI YANG BERGABUNG DI PESANTREN INI// BAIK SANTRI YANG DATANG DARI DAERAH SEKITAR MAUPUN DARI KABUPATEN LAIN//


DAN KEADAAN TERUS BERUBAH DARI TAHUN KE TAHUN// PARA SANTRI SEMAKIN MEMBANJIRI PONDOK PESANTERN PANGGUNG// SEHINGGA SANTRI SEMAKIN TAHUN MAKIN MEMBLUDAK// PADA AKHIRNYA JUMLAH SANTRI TAK TERBENDUNG LAGI// KARENA ITU/ SETIAP DUA TAHUN SEKALI ADA PERUBAHAN YANG FUNDAMENTAL//


BAIK DARI SEGI KUALITAS DAN KUANTITAS PONDOK// YANG MELIPUTI SISTEM KURIKULUM DAN FASILITAS YANG MEMADAI// SEBAGAI JAWABAN HAL TERSEBUT/ PONDOK PESANTREN PANGGUNG MENDIRIKAN YAYASAN JAFAR SHODIQ PADA TAHUN 1992// YANG MENGAKOMODASI DARI SELURUH ELEMEN PENDIDIKAN YANG ADA DI PONDOK TERSEBUT//


BAGI MASYARAKAT KABUPATEN TULUNGAGUNG SENDIRI PONDOK PESANTREN MERUPAKAN

WADAH PENDIDIKAN PALING BAIK DEWASA INI// SEBAGAI DASAR PENYEIMBANG PENDIDIKAN AKHLAK MASYARAKAT/KHUSUSNYA KABUPATEN TULUNGAGUNG//


SOUND BITE : IR. HERU CAHYONO. M.M (BUPATI TULUNGAGUNG).Wawancara 2

IN :

OUT :


=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 3 …Wawancara atau Visual )

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 3 => (7’)

  • BUMPER IN

  • Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …


SOBAT SANTRI/ KITA PATUT BERBANGGA BAHWA PONDOK PESANTREN SEKARANG TIDAK KALAH DENGAN SISTEM PENDIDIKAN UMUM// PERPADUAN DUA METODE MAMPU BERJALAN DENGAN BAIK// APAKAH INI JAWABAN PESANTREN KE DEPAN!//

=> Ilustrasi Insert Visual with Back sound (15”) …


SEMENTARA SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN PANGGUNG MEMPUNYAI DUA POLA PERPADUAN FORMAL DAN SALAFIAH// BAIK FORMAL DAN SALAFIAH SAMA SEPERTI PENDIDIKAN DI LEMBAGA LAIN// UNTUK TINGKAT PLAY GROUP SAMPAI SEKOLAH DASAR DIBAWAH NAUNGAN LEMBAGA PENDIDIKAN AL- MUNAWAR// UNTUK TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH SAMPAI SETINGKAT MADRASAALIYAH H MA’ARIF LANGSUNG DIBAWAH NAUNGAN PONDOK PESANTREN PANGGUNG//


UNIK MEMANG!// DALAM SATU YAYASAN/NAMUN MENAUNGI DUA SISTEM LEMBAGA YANG BERBEDA// INILAH KEUNIKAN SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG// NAMUN SEMUA MASIH DALAM SATU KORIDOR PENERAPAN PENDIDIKAN PESANTREN//


SOUND BITE : H.M NURUL HUDA. SP.MA (KEPALA LEMBAGA ISLAMI AL MUNAWAR)

IN : Wawancara 3

OUT :


ADAPUN METODOLOGINYA PENDIDIKAN PESANTREN SANGAT ERAT DENGAN KEGIATAN MENGENAI MASALAH WAQIAH DINIYAH// DIMANA MENGEMBANGKAN BERFIKIR PARA SANTRI DALAM MEMAHAMI HUKUM ISLAM MELALUI KAJIAN KITAB SANGAT DITONJOLKAN//


CITA HELMI (Reporter) => In Frame

(Menerangkan tentang KEGIATAN NGAJI ISTBATUL KAROMAH)


SOBAT SANTRI/ DALAM PROSES BELAJAR INI AKAN MENGARAH PADA PEMBENTUKAN SIKAP INTEGRITAS KEPRIBADIAN DAN KEPEKAAN SOSIAL PARA SANTRI DALAM MENGAMBIL SIKAP// SALAH SATUNYA PROSES BELAJAR MENGAJI SOROGAN/YAITU MENGUPAS KITAB KUNING SECARA TEKTUAL SAMPAI FORMULA PASAL-PASALNYA DIDEPAN GURUNYA// SEBAGAI PERSIAPAN MENTAL DALAM BELAJAR MENGAHADAPI MASA DEPAN// METODE BELAJAR SOROGAN INI SUDAH MENJADI CIRI KHAS DAN DILAKUKAN SETIAP HARI DI PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG/KHUSUSNYA SANTRI PUTRI//


CITA HELMI (Reporter) => In Frame

(Menerangkan tentang KEGIATAN SOROGAN)


NAMUN MASIH BANYAK METODE-METODE LAIN YANG DIAJARKAN DI PESANTREN INI// SEMUA TERCAKUP DALAM PROSES PEMBELAJARAN YANG DI TERAPKAN PESANTREN YANG DIASUH OLEH KH. SAFI’I ABDURRAHMAN INI// JADI KESAN KULTURAL BELAJAR AGAMA SEIMBANG DENGAN ILMU PENGETAHUAN FORMAL


Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 4 atau Visual

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 4 => (4’)

  • BUMPER IN

  • Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”)


SOBAT SANTRI KESEIMBANGAN ILMU PENGETAHUAN ADALAH SUATU KEBUTUHAN SETIAP MANUSIA// DIMANA MANUSIA TINGGAL/ DAN DIMANA MANUSIA MENCARI ILMU PENGETAHUAN!// SEHINGGA MAMPU MENGHILANGKAN NILAI TRADISIONAL// SEPERTI YANG DILAKUKAN DIPONDOK PESANTREN// MODERN DAN MENERAPKAN TEHNOLOGI/MENJADI KEHARUSAN// TAK TERBATAS DENGAN PENDIDIKAN FORMAL/PENDIDIKAN AGAMA PUN MENGALAMI KEMAJUAN PESAT//

=> Ilustrasi Insert Visual with Back sound (15”) …

SISTEM METODOLOGI PENGAJARAN AGAMA SANGAT DIUTAMAKAN DI PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG INI// SEBAGAI BEKAL SANTRINYA/ JIKA TURUN DI MASYARAKAT// SISTEM TERSEBUT DIBERIKAN USTADZ MAUPUN USTDZAH KEPADA SANTRI TIDAK TERBATAS PADA USIA MEREKA// SEPERTI KEGIATAN QITABAH// DIMANA PENGAJIAN ITU SUDAH MENJADI CIRI KHAS DI PESANTREN INI// DALAM QITABAH SELALU MENGGUNAKAN TIGA BAHASA MENJADI PENGHANTARNYA/YAITU BAHASA INDONESIA/INGGRIS DAN JAWA//


BERBAGAI FASILITAS PENDIDIKAN JUGA TERSEDIA DI PESANTREN INI// MULAI GEDUNG SEKOLAH TINGKAT PLAY GROUP SAMPAI MADRASAH ALIYAH TERSEDIA DISANA// DIDUKUNG LABORATORIUM KOMPUTER LENGKAP SEBAGAI PENDIDIKAN TEHNOLOGI PARA SANTRI DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN ZAMAN// PERPADUAN SISTEM PENDIDIKAN ITULAH YANG MAMPU DIAKOMODASI OLEH PESANTREN PANGGUNG INI//

CITA HELMI (Reporter) => In Frame

(Menerangkan DI LABORATURIUM KOMPUTER)


JADI KESAN KULTURAL BELAJAR AGAMA SEIMBANG DENGAN ILMU PENGETAHUAN FORMAL// APALAGI SISTEM PELAJARANNYA TERATUR DENGAN RAPI DAN PADAT// BAIK MENGIKUTI PENDIDIKAN SALAFIAH MAUPUN PENDIDKAN UMUM// DIMANA SELAMA INI PONDOK PESANTREN ITU TERKESAN DENGAN METODE TRADISIONAL// NAMUN LAMA-LAMA KESAN TERSEBUT PUDAR DENGAN SENDIRINYA// YANG NAMPAK HANYA MODERNISASI SISTEM BARU DALAM DUNIA PENDIDIKAN//


SOUND BITE : WINA KHOIRUL UMMAH (SANTRI PUTRI). Wawancara 4

IN :

OUT :


ITULAH WARNA-WARNI KEHIDUPAN PONDOK PESANTREN SELAMA INI// MESKI KEMAJUAN SUDAH BERJALAN/NAMUN PENGAKUAN DARI MASYARAKAT MASIH STAGNAN// SISTEM DAN METODE PENDIDIKAN YANG DITERAPKAN DIPONDOK SELAMA INI TIDAK BUTUH PENGAKUAN SEPERTI ITU// NAMUN HANYA GERAKAN DAN AKTIFITAS KONGKRET YANG MENJADI BUKTINYA!//


TOH!/ KEGIATAN PONDOK PESANTREN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR/TETAP BERJALAN SAMPAI SEKARANG// BAHKAN BANYAK DIANTARANYA YANG BERKEMBANG DENGAN BAIK// BAIK PONDOK DI DAERAH MAUPUN DIPERKOTAAN/SEPERTI PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGGAGUNG INI// MESKI BERADA DIHIMPITAN PERKOTAN/NAMUN PENGEMBANGAN PEMBANGUNAN SPIRITUAL TETAP BERJALAN DENGAN PESAT// KONON PONDOK PESANTREN PANGGUNG INI YANG TERTUA DI KABUPATEN TULUNGGAGUNG//


BUKTI ITULAH YANG PATUT DIBANGGAKAN//BAHWA TERNYATA PONDOK PESANTREN YANG SELAMA INI YANG DIPIKIRKAN OLEH ORANG/ TIDAK ADA PERBEDAAN DENGAN PENDIDIKAN UMUM LAINNYA// PELAJARANNYA JUGA SAMA/SEPERTI PENDIDIKAN UMUM BIASA// NAMUN KALAU DI PONDOK PESANTREN ITU ADA PENDALAMAN ILMU AGAMA ISLAM// KEGIATAN ITUPUN DIMULAI SETELAH PROSES BELAJAR DI SEKOLAH// SEHINGGA KESAN YANG MEMBOSANKAN ITU HILANG// BERGANTI DENGAN KESENANGAN DAN KEAKARABAN DIANTARA SANTRI//


SOUND BITE : MOCH. DA’I (SANTRI PUTRA). Wawancara 5

IN :

OUT :


MESKI BANYAK DIANTARA PARA SANTRI YANG BANDEL DAN NAKAL/NAMUN BAGI PARA PEMBIMBING HAL ITU SUDAH BIASA// APALAGI BANYAK PARA PEMBIMBING YANG BAIK DAN SABAR DALAM MEMBIMBING SANTRI YANG ADA// KESAN MENDALAM ITULAH YANG MEMBUAT SETIAP SANTRI MENJADI KERASAN DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG// HINGGA MAMPU MENJADIKAN HARAPAN YANG LEBIH BAIK BAGI SANTRI YANG MENEMPUH PENDIDKAN DISANA// SEMOGA MAJU TERUS DAN BERKEMBANG DALAM MENCETAK KADER GENERASI PENERUS BANGSA//


=> PETUAH BIJAK (KE 2): Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur)

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> CLOSING : Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur


Roll Credit Title (Running Slow: Horizontal , dengan visual aktivitas pondok dengan skala proporsional

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda