Minggu, 09 Maret 2008

PONPES PANGGUNG TULUNGAGUNG

  • PROGRAM : KELILING PESANTREN

  • LOKASI : PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG

  • EPISODE : 8 (DELAPAN)

  • LIPUTAN : 27 FEBRUARI 2008

  • TAYANG : 2 MARET 2008


SEGMENT 1 => (6’)

BUMPER IN

HIGLIGHT PROGRAM EPISODE INI (30”)

OPENING PROGRAM => Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur)

Still Text: Crew Menuju Lokasi Pondok Pesantren panggung Tulungagung

(NB: Hanya di Segment 1 saja – di proporsikan sesuai alur)

OPENING PENGANTAR SEGMENT DI LOKASI (HOST) => Cita Helmi


VO

ASSALAMU'ALAIKUM SALAM SOBAT SANTRI/ SIAPA SANGKA KABUPATEN TULUNGGAGUNG YANG IDENTIK DENGAN MARMER ITU MEMPUNYAI SEJUTA SEJARAH PESANTREN YANG MENARIK// SALAH SATUNYA PONDOK PESANTREN PANGGUNG// UNIKNYA PONDOK PESANTREN INI BERADA DITENGAH KOTA// KONON MENURUT CERITA PONDOK PESANTREN INI ADALAH YANG TERTUA DIKABUPATEN TULUNGAGUNG// BENARKAH DEMIKIAN? BAGAIMANA PONDOK PESANTREN INI MAMPU BERTAHAN HINGGA SEKARANG?//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

PONDOK PESANTREN PANGGUNG INI BERMULA DARI LANGGAR KECIL DI DESA KARANGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG// LANGGAR TERSEBUT DIDIRIKAN OLEH H. ALI DAN DIKELOLA BEBERAPA KYAI SEPUH PADA WAKTU ITU// NAMUN WALAUPUN KECIL/TEMPAT BERIBADATAN TERSEBUT SELALU RAMAI DENGAN BERBAGAI AKTIFITAS KEAGAMAAN// MULAI DARI SHOLAT BERJAMAAH HINGGA PENGAJIAN//DARI KEGIATAN ITULAH JAMAAH SEMAKIN HARI SEMAKIN MEMBLUDAK//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”)


BEBERAPA TAHUN KEMUDIAN/TEPATNYA TAHUN 1955 LANGGAR ITU MEMDAPAT JULUKAN LANGGAR PANGGUNG//KARENA BENTUKNYA SEPERTI PANGGUNG// LANGGAR TERSEBUT DIBANGUN OLEH KYAI IBRAHIM// KETIKA PUTRANYA PULANG DARI MENUNTUT ILMU AGAMA SELAMA 20 TAHUN DIPONDOK PESANTREN MOJOSARI KABUPATEN NGANJUK MENGANTIKAN TONGKAT ESTAFET DALAM SYIAR AGAMA AYAHNYA//


SETELAH SEKITAR TAHUN 1958 KEPULANGANNYA DITANAH KELAHIRANNYA LANGSUNG MEMBANTU AYAHNYA MENGAJAR DI PONPES TERSEBUT// DENGAN DIBANTU OLEH BEBERAPA KYAI DARI MAGELANG TEMAN SEJAWATNYA DI PONDOK DULU// SEJAK SAAT ITULAH LAHIR PONDOK PESANTREN PANGGUNG DI KABUPATEN TULUNGAGUNG//


AKIBAT TERUS BERTAMBAHNYA SANTRI/MAKA GEDUNG MADRASAH TERSEBUT TIDAK MEMADAI LAGI// DAN SANTRI YANG AKAN MENANAMATKAN PENDIDIKAN DI TINGKAT IBTIDAIYAH JUGA DIPANDANG MEMERLUKAN TEMPAT YANG LEBIH LAYAK// SEBAGAI KELANJUTAN PENDIDIDKAN MEREKA DALAM PROSES BELAJAR YANG LEBIH TINGGI//


MAKA PADA TAHUN 1964 DIDIRIKAN MADRASAH TSANAWIYAH// SEIRING PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN PANGGUNG INI MENGALAMI KEMAJUAN PESAT// LEBIH-LEBIH SETELAH DI PIMPIN OLEH KH.SAFI'I ABDURARAHMAN/YAITU ADIK KH.ASRORI IBRAHIM// DIMANA DIA SELALU MEMPUNYAI KEINGINAN YANG KUAT DALAM MEGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN PANGGUNG LEBIH MODERN// TERBUKTI PADA TAHUN 1967 BERDIRI MADRASAH ALIYAH//


SOUND BITE : KH. SAFI’I ABDURRAHMAN (PENGASUH PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG).wawancara 1

IN :

OUT :


=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 2 atau Visual )

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 2 => (7’)


  • BUMPER IN

  • Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …


SOBAT SANTRI/KEMAJUAN BANGSA DITUNJANG OLEH PENDIDIKAN// PERUBAHAN NEGARA DITUNJANG OLEH PENDIDIKAN// BAGAIMANAN TANTANGAN ITU MAMPU DIJAWAB OLEH PESANTREN SEKARANG ?//

=> Ilustrasi Insert Visual with Back sound (15”) …


TUJUAN PENDIRIAN PONDOK PESANTREN PANGGUNG ADALAH SEBAGAI TEMPAT PENDIDIKAN AGAMA ANAK-ANAK SEKITAR PONDOK// GUNA MENDAPATKAN KETRAMPILAN PENDIDIKAN AGAMA DAN ILMU LAIN// SELAIN SEBAGAI BEKAL PARA SANTRI JUGA SEBAGAI PERSIAPAN MENTAL DALAM MEMBANTU MEMECAHKAN SUATU MASALAH DIMASYARAKAT/ DIMANA MEREKA BERDOMISILI//

CITA HELMI (Reporter) => In Frame

(Menerangkan tentang SAWIR/diskusi memcahkan suatu masalah)


SEBAGAI SALAH SATU BENTUK UNTUK MEMERANGI TINGKAT KEBODOHAN DALAM ILMU AGAMA// DISAMPING ITU JUGA MEMBANTU PEMERINTAH DALAM MEMBERANTAS BUTA HURUF DISEKITAR PONDOK// MAKA DIDIRIKAN LEMBAGA TINGKAT IBTIDAIYAH// DENGAN DIDIRIKAN MADRASAH MULAILAH BANYAK SANTRI YANG BERGABUNG DI PESANTREN INI// BAIK SANTRI YANG DATANG DARI DAERAH SEKITAR MAUPUN DARI KABUPATEN LAIN//


DAN KEADAAN TERUS BERUBAH DARI TAHUN KE TAHUN// PARA SANTRI SEMAKIN MEMBANJIRI PONDOK PESANTERN PANGGUNG// SEHINGGA SANTRI SEMAKIN TAHUN MAKIN MEMBLUDAK// PADA AKHIRNYA JUMLAH SANTRI TAK TERBENDUNG LAGI// KARENA ITU/ SETIAP DUA TAHUN SEKALI ADA PERUBAHAN YANG FUNDAMENTAL//


BAIK DARI SEGI KUALITAS DAN KUANTITAS PONDOK// YANG MELIPUTI SISTEM KURIKULUM DAN FASILITAS YANG MEMADAI// SEBAGAI JAWABAN HAL TERSEBUT/ PONDOK PESANTREN PANGGUNG MENDIRIKAN YAYASAN JAFAR SHODIQ PADA TAHUN 1992// YANG MENGAKOMODASI DARI SELURUH ELEMEN PENDIDIKAN YANG ADA DI PONDOK TERSEBUT//


BAGI MASYARAKAT KABUPATEN TULUNGAGUNG SENDIRI PONDOK PESANTREN MERUPAKAN

WADAH PENDIDIKAN PALING BAIK DEWASA INI// SEBAGAI DASAR PENYEIMBANG PENDIDIKAN AKHLAK MASYARAKAT/KHUSUSNYA KABUPATEN TULUNGAGUNG//


SOUND BITE : IR. HERU CAHYONO. M.M (BUPATI TULUNGAGUNG).Wawancara 2

IN :

OUT :


=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 3 …Wawancara atau Visual )

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 3 => (7’)

  • BUMPER IN

  • Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …


SOBAT SANTRI/ KITA PATUT BERBANGGA BAHWA PONDOK PESANTREN SEKARANG TIDAK KALAH DENGAN SISTEM PENDIDIKAN UMUM// PERPADUAN DUA METODE MAMPU BERJALAN DENGAN BAIK// APAKAH INI JAWABAN PESANTREN KE DEPAN!//

=> Ilustrasi Insert Visual with Back sound (15”) …


SEMENTARA SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN PANGGUNG MEMPUNYAI DUA POLA PERPADUAN FORMAL DAN SALAFIAH// BAIK FORMAL DAN SALAFIAH SAMA SEPERTI PENDIDIKAN DI LEMBAGA LAIN// UNTUK TINGKAT PLAY GROUP SAMPAI SEKOLAH DASAR DIBAWAH NAUNGAN LEMBAGA PENDIDIKAN AL- MUNAWAR// UNTUK TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH SAMPAI SETINGKAT MADRASAALIYAH H MA’ARIF LANGSUNG DIBAWAH NAUNGAN PONDOK PESANTREN PANGGUNG//


UNIK MEMANG!// DALAM SATU YAYASAN/NAMUN MENAUNGI DUA SISTEM LEMBAGA YANG BERBEDA// INILAH KEUNIKAN SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG// NAMUN SEMUA MASIH DALAM SATU KORIDOR PENERAPAN PENDIDIKAN PESANTREN//


SOUND BITE : H.M NURUL HUDA. SP.MA (KEPALA LEMBAGA ISLAMI AL MUNAWAR)

IN : Wawancara 3

OUT :


ADAPUN METODOLOGINYA PENDIDIKAN PESANTREN SANGAT ERAT DENGAN KEGIATAN MENGENAI MASALAH WAQIAH DINIYAH// DIMANA MENGEMBANGKAN BERFIKIR PARA SANTRI DALAM MEMAHAMI HUKUM ISLAM MELALUI KAJIAN KITAB SANGAT DITONJOLKAN//


CITA HELMI (Reporter) => In Frame

(Menerangkan tentang KEGIATAN NGAJI ISTBATUL KAROMAH)


SOBAT SANTRI/ DALAM PROSES BELAJAR INI AKAN MENGARAH PADA PEMBENTUKAN SIKAP INTEGRITAS KEPRIBADIAN DAN KEPEKAAN SOSIAL PARA SANTRI DALAM MENGAMBIL SIKAP// SALAH SATUNYA PROSES BELAJAR MENGAJI SOROGAN/YAITU MENGUPAS KITAB KUNING SECARA TEKTUAL SAMPAI FORMULA PASAL-PASALNYA DIDEPAN GURUNYA// SEBAGAI PERSIAPAN MENTAL DALAM BELAJAR MENGAHADAPI MASA DEPAN// METODE BELAJAR SOROGAN INI SUDAH MENJADI CIRI KHAS DAN DILAKUKAN SETIAP HARI DI PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG/KHUSUSNYA SANTRI PUTRI//


CITA HELMI (Reporter) => In Frame

(Menerangkan tentang KEGIATAN SOROGAN)


NAMUN MASIH BANYAK METODE-METODE LAIN YANG DIAJARKAN DI PESANTREN INI// SEMUA TERCAKUP DALAM PROSES PEMBELAJARAN YANG DI TERAPKAN PESANTREN YANG DIASUH OLEH KH. SAFI’I ABDURRAHMAN INI// JADI KESAN KULTURAL BELAJAR AGAMA SEIMBANG DENGAN ILMU PENGETAHUAN FORMAL


Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 4 atau Visual

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 4 => (4’)

  • BUMPER IN

  • Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”)


SOBAT SANTRI KESEIMBANGAN ILMU PENGETAHUAN ADALAH SUATU KEBUTUHAN SETIAP MANUSIA// DIMANA MANUSIA TINGGAL/ DAN DIMANA MANUSIA MENCARI ILMU PENGETAHUAN!// SEHINGGA MAMPU MENGHILANGKAN NILAI TRADISIONAL// SEPERTI YANG DILAKUKAN DIPONDOK PESANTREN// MODERN DAN MENERAPKAN TEHNOLOGI/MENJADI KEHARUSAN// TAK TERBATAS DENGAN PENDIDIKAN FORMAL/PENDIDIKAN AGAMA PUN MENGALAMI KEMAJUAN PESAT//

=> Ilustrasi Insert Visual with Back sound (15”) …

SISTEM METODOLOGI PENGAJARAN AGAMA SANGAT DIUTAMAKAN DI PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG INI// SEBAGAI BEKAL SANTRINYA/ JIKA TURUN DI MASYARAKAT// SISTEM TERSEBUT DIBERIKAN USTADZ MAUPUN USTDZAH KEPADA SANTRI TIDAK TERBATAS PADA USIA MEREKA// SEPERTI KEGIATAN QITABAH// DIMANA PENGAJIAN ITU SUDAH MENJADI CIRI KHAS DI PESANTREN INI// DALAM QITABAH SELALU MENGGUNAKAN TIGA BAHASA MENJADI PENGHANTARNYA/YAITU BAHASA INDONESIA/INGGRIS DAN JAWA//


BERBAGAI FASILITAS PENDIDIKAN JUGA TERSEDIA DI PESANTREN INI// MULAI GEDUNG SEKOLAH TINGKAT PLAY GROUP SAMPAI MADRASAH ALIYAH TERSEDIA DISANA// DIDUKUNG LABORATORIUM KOMPUTER LENGKAP SEBAGAI PENDIDIKAN TEHNOLOGI PARA SANTRI DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN ZAMAN// PERPADUAN SISTEM PENDIDIKAN ITULAH YANG MAMPU DIAKOMODASI OLEH PESANTREN PANGGUNG INI//

CITA HELMI (Reporter) => In Frame

(Menerangkan DI LABORATURIUM KOMPUTER)


JADI KESAN KULTURAL BELAJAR AGAMA SEIMBANG DENGAN ILMU PENGETAHUAN FORMAL// APALAGI SISTEM PELAJARANNYA TERATUR DENGAN RAPI DAN PADAT// BAIK MENGIKUTI PENDIDIKAN SALAFIAH MAUPUN PENDIDKAN UMUM// DIMANA SELAMA INI PONDOK PESANTREN ITU TERKESAN DENGAN METODE TRADISIONAL// NAMUN LAMA-LAMA KESAN TERSEBUT PUDAR DENGAN SENDIRINYA// YANG NAMPAK HANYA MODERNISASI SISTEM BARU DALAM DUNIA PENDIDIKAN//


SOUND BITE : WINA KHOIRUL UMMAH (SANTRI PUTRI). Wawancara 4

IN :

OUT :


ITULAH WARNA-WARNI KEHIDUPAN PONDOK PESANTREN SELAMA INI// MESKI KEMAJUAN SUDAH BERJALAN/NAMUN PENGAKUAN DARI MASYARAKAT MASIH STAGNAN// SISTEM DAN METODE PENDIDIKAN YANG DITERAPKAN DIPONDOK SELAMA INI TIDAK BUTUH PENGAKUAN SEPERTI ITU// NAMUN HANYA GERAKAN DAN AKTIFITAS KONGKRET YANG MENJADI BUKTINYA!//


TOH!/ KEGIATAN PONDOK PESANTREN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR/TETAP BERJALAN SAMPAI SEKARANG// BAHKAN BANYAK DIANTARANYA YANG BERKEMBANG DENGAN BAIK// BAIK PONDOK DI DAERAH MAUPUN DIPERKOTAAN/SEPERTI PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGGAGUNG INI// MESKI BERADA DIHIMPITAN PERKOTAN/NAMUN PENGEMBANGAN PEMBANGUNAN SPIRITUAL TETAP BERJALAN DENGAN PESAT// KONON PONDOK PESANTREN PANGGUNG INI YANG TERTUA DI KABUPATEN TULUNGGAGUNG//


BUKTI ITULAH YANG PATUT DIBANGGAKAN//BAHWA TERNYATA PONDOK PESANTREN YANG SELAMA INI YANG DIPIKIRKAN OLEH ORANG/ TIDAK ADA PERBEDAAN DENGAN PENDIDIKAN UMUM LAINNYA// PELAJARANNYA JUGA SAMA/SEPERTI PENDIDIKAN UMUM BIASA// NAMUN KALAU DI PONDOK PESANTREN ITU ADA PENDALAMAN ILMU AGAMA ISLAM// KEGIATAN ITUPUN DIMULAI SETELAH PROSES BELAJAR DI SEKOLAH// SEHINGGA KESAN YANG MEMBOSANKAN ITU HILANG// BERGANTI DENGAN KESENANGAN DAN KEAKARABAN DIANTARA SANTRI//


SOUND BITE : MOCH. DA’I (SANTRI PUTRA). Wawancara 5

IN :

OUT :


MESKI BANYAK DIANTARA PARA SANTRI YANG BANDEL DAN NAKAL/NAMUN BAGI PARA PEMBIMBING HAL ITU SUDAH BIASA// APALAGI BANYAK PARA PEMBIMBING YANG BAIK DAN SABAR DALAM MEMBIMBING SANTRI YANG ADA// KESAN MENDALAM ITULAH YANG MEMBUAT SETIAP SANTRI MENJADI KERASAN DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG// HINGGA MAMPU MENJADIKAN HARAPAN YANG LEBIH BAIK BAGI SANTRI YANG MENEMPUH PENDIDKAN DISANA// SEMOGA MAJU TERUS DAN BERKEMBANG DALAM MENCETAK KADER GENERASI PENERUS BANGSA//


=> PETUAH BIJAK (KE 2): Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur)

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> CLOSING : Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur


Roll Credit Title (Running Slow: Horizontal , dengan visual aktivitas pondok dengan skala proporsional

1 Komentar:

Pada 3 April 2017 05.53 , Blogger datsun tulungagung mengatakan...

Salam hangat dari datsuntulungagung.com, Dealer Resmi Datsun Tulungagung
semoga yang punya blog ini diberi rizqi berlimpah sehingga bisa membeli mobil Datsun Go Panca Tulungagung atau Datsun Go+ Tulungagung
Amin

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda