Minggu, 09 Maret 2008

PONPES MAHASISWA AL-HIKAM MALANG


  • PROGRAM : KELILING PESANTREN
  • LOKASI : PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM MALANG

  • EPISODE : 10 (SEPULUH)

  • LIPUTAN : 2 MARET 2008

  • TAYANG : 16 MARET 2008


SEGMENT 1 => (6’)

BUMPER IN

HIGLIGHT PROGRAM EPISODE INI (30”)

OPENING PROGRAM => (HOST) CITA HELMI

Still Text: Crew Menuju Lokasi Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang

(NB: Hanya di Segment 1 saja – di proporsikan sesuai alur)

OPENING PENGANTAR SEGMENT DI LOKASI (HOST) => Cita Helmi

ASSALAAMU’ALAIKUM / SALAM SOBAT SANTRI / MANUSIA HANYA MAMPU BERUSAHA DAN BERDOA/ TETAPI HANYA ALLAH-LAH YANG MENENTUKAN// SEPERTI YANG DI LAKUKAN DR.KH HASYIM MUZADI DALAM MENGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM// TERBUKTI SUDAH!//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM KOTA MALANG JAWA TIMUR BERDIRI DAN DIRINTIS OLEH DR. KH. HASYIM MUZADI TAHUN 1991// AWAL BERDIRINYA PESANTREN INI HANYA MEMPUNYAI 4 ORANG SANTRI// ITUPUN HANYA DARI SANTRI MAHASISWA UMUM// ARTINYA MEREKA ADALAH BUKAN DARI LULUSAN FAKULTAS AGAMA// SELAIN ITU BAGI LULUSAN SALAFIYAH MURNI PESANTREN DITAMPUNG DIPONDK PESANTREN MAHASISWA INI//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM ADALAH LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM YANG DIRINTIS SEBAGAI USAHA UNTUK MEMADUKAN DIMENSI POSITIF PERGURUAN TINGGI DAN PESANTREN// DIMENSI POSITIF INI ADALAH MEWUJUDKAN GENERASI YANG MENGUASAI ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI SERTA BERKEPRIBADIAN YANG BAIK DAN BERMORAL PESANTREN//

ITULAH LATAR BELAKANG BERDIRINYA PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM DI KOTA MALANG// HANYA BERMODAL KESERDEHANAAN ITULAH PONDOK TERSEBUT MAMPU BERKEMBANG MAJU HINGGA SEKARANG// HANYA BERMODAL MASJID KECIL/ DR. KH. HASYIM MUZADI BERJALAN TERUS DALAM MENGEMBANGKAN PESANTREN INI//

SEBAGAI TARGETNYA ADALAH MENGIKUTI KURIKULUM YANG SISTEMATIS DALAM BELAJAR// PROSES BELAJARNYAPUN DITEMPUH SELAMA EMPAT TAHUN// MENGAPA YANG DIREKRUT KEBANYAKAN MAHASISWA?// KARENA KELOMPOK MAHASISWA ADALAH SEKELOMPOK PELAJAR TERDIDIK DIMASYARAKAT// DAN HARAPANNYA SETELAH MEREKA LULUS MAMPU MENJADI PIONER DIMASYARAKAT NANTINYA// KALAU TARGET ITU MAMPU DICAPAI/ MAKA MASA DEPAN BANGSA AKAN LEBIH BAIK DIMASA AKAN DATANG// DIMANA MAHASISWA LULUSAN PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM INI ADALAH KADER MASYARAKAT YANG TERDIDIK//

SOUND BITE : DRS. H. MOHAMAD NAFI (KEPALA KEPESANTREN PONPES MAHASISWA AL-HIKAM).Wawancara ke 4

IN :

OUT :

SELAIN MEMPUNYAI INTELEKTUALITAS/ MEREKA JUGA MEMPUNYAI ILMU AGAMA YANG BAGUS// MAKA PESANTREN INI BERNIAT MEMBUAT TEROBOSAN BARU DALAM SEGI PENDIDIKAN// DIMANA NANTINYA PERPADUAN PENDIDIKAN ITU MAMPU BERJALAN BERSAMA/ANTARA PENDIDIKAN UMUM YANG BERBASIS TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN SALAFIAH// SEHINGGA NIAT ITU DICURAHKAN KEPADA PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM DI MALANG//

SUDAH JELAS TES TENTANG AGAMA MENJADI RUJUKAN NOMOR SATU// BAGAIMANA KEMAMPUAN MEMBACA DAN MELAFAL AL-QURAN DENGAN BAIK// INILAH YANG MENJADI SATU PERTIMBANGAN UNTUK BISA MASUK DI PESANTREN AL-HIKAM// DIMANA NANTINYA PARA MAHASISWA YANG AKAN NYANTRI DI PESANTREN AL-HIKAM/ AKAN DIDIDK DENGAN ILMU AGAMA TINGKAT TINGGI DAN PENDIDIKAN UMUM//

BAGAIAMANA ILMU YANG BAIK DAN OBYEKTIF ITU!// DIMANA METERINYA JUGA DISESUAIKAN DENGAN SYARIAT ISLAM// SEBAGAI KESEIMBANGAN PENDIDIKAN DI PESANTREN DAN KURIKULUM NASIONAL// HAL ITU DILAKUKAN SEBAGAI PENGEMBANGAN WARISAN NABI MOHAMAD RUSULLILAH SAW// YANG INTINYA SEBAGAI PENDIDIKAN SEBAGAI PROJEK PENDIDIKAN MODERN DI INDONESIA// YANG TETAP BERKIBLAT KE MASYARAKAT ISLAMI//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 2 atau Visual )

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 2 => (7’)

  • BUMPER IN

  • Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

SOBAT SANTRI/ MEMPUNYAI BEKAL ILMU AGAMA BELUMLAH CUKUP/NAMUN PERLU ILMU LAIN SEBAGAI PENDUKUNGNYA// MAMPUKAH PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM INI MENERAPKANNYA?//

SANTRI MAHASISWA YANG BELAJAR DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM ADALAH MAHASISWA UMUM DAN LULUSAN PESANTREN SALAFIYAH MURNI// MENGAPA DEMIKIAN!// KARENA SEMANGAT BELAJAR MEREKA MASIH SANGAT BAGUS// MENEMPUH PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM INI TIDAK DISIAPKAN MENJADI ULAMA ATAU DA’I!//

LEBIH DITITIK BERATKAN SEBAGAI PERTANGGUNGJAWABAN MORAL MEREKA TERHADAP MASAYARAKAT// NAMUN TETAP DALAM SEGI KEISLAMAN// BAIK DALAM BERFIKIR MAUPUN BERTINDAK// ARTINYA SELAIN MENINGKATKAN ILMU UMUM/MEREKA JUGA MENGASAH INTELEHTUALITASNYA// SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER YANG CERDAS BAGI PARA SANTRI DISANA // DIMANA SEBELUMNYA LULUSAN PESANTREN SALAFIYAH ITU/ ILMUNYA BELUM TERBUKA// DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA INI DIBERIKAN METODE TEORI PEMBELAJARANNYA JALANNYA// DAN BAGAIMANA MEMBUKA ITU?//

DENGAN CARA DI DIDIK ALA ISLAMI YANG SISTEMATIS DAN TERPROGRAM// BAIK MELALUI MATERI ILMU UMUM/ILMU LOGIKA/CARA BERBAHASA ASING DAN MARKETING YANG BAIK// SEBAGAI SYARAT MUTLAK BAGI BEKAL SANTRI DI MASA DEPAN// BERHARAP KE DEPAN/PARA SANTRI MENJADI ULAMA BESAR DI INDONESIA// DIMANA LULUSAN PESANTREN AL-HIKAM INI MENJADI MAHASISWA YANG BERMORAL DAN BERILMU TINGGI//

PRESENTER : CITA HELMI (HOST) MASUK.

(Menerangkan tentang LABORATURIUM BAHASA )

Ilustrasi Insert Visual with Backsound

SOUND BITE : DR.KH. HASYIM MUZADI (PENGASUH PONPES MAHASISWA AL-HIKAM MALANG). Wawancara ke 1

IN :

OUT :

MESKI PROSES TERSEBUT SANGAT BERAT UNTUK DILALUI/NAMUN MEREKA AKAN MERAIH HASILNYA KEDEPAN// DENGAN SYARAT LULUS MENGHAFAL AL-QURAN DAN LAFAL-LAFALNYA// AGAR LULUASAN AL-HIKAM TERBUKA INTELEKTUALITASNYA// SYUKUR ALHAMDULLILAH KEDEPAN AKAN MUNCUL ULAMA-ULAMA BESAR INTERNASIONAL//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 3 …Wawancara atau Visual )

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 3 => (7’)

  • BUMPER IN

  • Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

SOBAR SANTRI/ PERPADUAN APLIKASI SISTEM PENDIDIKAN SANGAT DIPERLUKAN//SELAIN MEMBENTUK KARAKTER MORAL/ JUGA MEMBENTUK MANUSIA BERINTELEKTUAL ISLAMI//BAGAIMANAKAH PONDOK PESANTEREN MAHASISWA AL-HIKAM INI MELAKUKANNYA?//

SEMENTARA PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM DI KOTA MALANG INI MENERAPKAN SISTEM KURIKULUM INTEGRAL// YANG MEMADUKAN ASPEK TEORITIS YANG DIORGANISIR DALAM SEBUAH SISTEM TERPADU PENGASUHAN/ PEMBELAJARAN/DAN PENDAMPINGAN//

PELAKSANAAN KURIKULUM INI DIDUKUNG OLEH TIGA BIDANG SEKALIGUS YANG SISTEMIK PESANTREN SECARA PROPORSIONAL// PROSES APLIKASI ITU MEMANDU PARA SANTRI MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER DAN KEPRIBADIANNYA//

PENERAPAN KURIKULUM INTEGRAL DI PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM INI DIHARAPKAN DAPAT TERLAKSANA EFEKTIF SELURUH SANTRI MAHASISWA// PROSES PENDIDIKANNYA TINGGAL DI DALAM ASRAMA SELAMA 24 JAM// SEHINGGA TRASMISSI DAN TRANSFORMASI DALAM BELAJAR DAPAT DILAKUKAN SECARA BERKESINAMBUNGAN DAN BERKELANJUTAN//

PRESENTER : CITA HELMI (HOST) MASUK.

(Menerangkan tentang FASILITAS PERPUSTAKAAN)

MESKIPUN PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM MENGADOPSI SISTEM PENDIDIKAN MODERN/ NAMUN TETAP MEMPERTAHANKAN METODE PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN KHAS PESANTREN// MELALUI PENERAPAN METODE INI/ USTADZ ATAU KYAI DAPAT MENGUKUR KEMAMPUAN SANTRI MAHASISWA DALAM MEMBACA DAN MEMAHAMI ILMU AGAMA// DENGAN DEMIKIAN/ MAKA PEMAHAMAN SANTRI MAHASISWA TERHADAP TOPIK BAHASAN DAPAT DIPERTANGGUNG JAWABKAN//

PRESENTER : CITA HELMI (HOST) MASUK.

(Menerangkan tentang BATSHUL MASA’IL/DISKUSI MEMECAHKAN SATU MASALAH)

PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM JUGA MEMPUNYAI SISTEM PERPADUAN ANTARA ILMU PENGETAHUAN DAN AGAMA UNTUK MEMPEROLEH PENGAKUAN DAN PEMBENARAN DARI MASYARAKAT// DEMIKIAN PENDIDIKAN AGAMA AKAN MENDAPATKAN PERTIMBANGAN YANG SANGAT PENTING DALAM DISIPLIN KEILMUAN//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 3 atau Visual )

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 4 => (4’)

  • BUMPER IN

Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”)

SOBAT SANTRI/FILOSOFI KEHIDUPAN TERUS BERJALAN// SIAPAPUN TAK MAMPU MENGHADANG// HANYA MENUNTUT ILMU DAN MENGIKUTI ZAMAN YANG MAMPU MENGETAHUI ARAHNYA//

PERGURUAN TINGGI MA’HAD ALY AL-HIKAM MALANG MELAKUKAN PENGEMBANGAN POTENSI INTELEKTUAL SANTRI MAHASISWA// PADA SAAT YANG SAMA/ PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM MELAKUKAN PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN RILIGIUS BAGI MAHASISWA NON AGAMA//.OLEH KARENA ITU/ GENERASI YANG DIHASILKAN ADALAH GENERASI YANG MENGUASAI ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI SEKALIGUS MEMILIKI FONDASI KOKOH YANG BERAKAR PADA NILAI-NILAI MORALITAS DAN SPIRITUALITAS AGAMA//.

SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM DILANDASI OLEH KOMITMEN DAN NILAI-NILAI YANG MENJADI RUH/ SPIRIT ATAU JIWA KEPESANTRENAN//

DENGAN VISI MEWUJUDKAN PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM SEBAGAI KOMUNITAS BELAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI FITRAH INSANIAH YANG MENGINTEGRASIKAN ETIKA AGAMA/ ETIKA ILMIAH DAN ETIKA SOSIAL//

MENGANTARKAN SANTRI MAHASISWA MAHASISWA MENJADI SARJANA YANG MENGUASAI ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DI BIDANGNYA DAN MEMILIKI BEKAL ILMU AGAMA SERTA BERKEPRIBADIAN BERAKHLAK MULIA//

MEMPERSIAPKAN GENERASI MUSLIM YANG MEMILIKI INTEGRITAS KEILMUAN AGAMA DAN PENGETAHUAN ILMIAH SERTA MEMILIKI JIWA PENGABDIAN DAN KEPELOPORAN//

. PRESENTER : CITA HELMI (HOST) MASUK.

(Menerangkan tentang PENGEMBANGAN BUDIDAYA ANGGREK)

SEMENTARA ADA BEBERAPA KELENGKAPN FASILITAS DISANA// SEHINGGA MUDAH MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DALAM BERFIKIR PARA SANTRI DENGAN LELUASA// DISAMPING ITU MATERI YANG DIBERIKAN SANGAT MENUNJANG// SEHINGGA KESAN ITU MENYATU DALAM JIWA SETIAP SANTRI DISANA// MAMPU MEMPEROLEH ILMU AGAMA SECARA BAGUS DAN BISA MENYERAP ILMU TINGGI DI PESANTREN KOTA DINGIN INI//

SOUND BITE : HUSNI MUBAROK (MAHASISWAN MA’HAD ALI AL-HIKAM)

IN : Wawancara 2

OUT :

DIHARAPKAN SANTRI MAHASISWA SETELAH LULUS DARI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM INI MAMPU MEMANFAATKAN ILMUNYA DENGAN BAIK/ DAN DIAMALKAN DI MASYARAKAT// HINGGA MENJADI SARJANA YANG MENJUNJUNG TINGGI DAN MEMEGANG TEGUH PRINSIP HIDUP SECARA SEIMBANG ANTARA IMAN/ ILMU DAN AMAL DENGAN TUJUAN UNTUK MEMPEROLEH RIDLO ILAHI//

DIMANA SELAMA INI ORANG MENGENAL KENAL DI PONDOK PESANTREN ITU HANYA PROGRAM AGAMA/NAMUN DI AL-HIKAM BERBEDA!// DIMANA PERBEDAAN ITU SANGAT FUNDAMENTAL// SISTEM PERPADUAN PENDIDIKAN AGAMA DAN NASIONAL// SEHINGGA KUALITAS DAN KUANTITAS PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM INI SANGAT BAGUS// BERBAGAI LABORATURIUM PENDIDIKAN CUKUP TERSEDIA DISANA// SEBAGAI WADAH PENGEMBANGAN INTELEKTUAL YANG BAIK PARA MAHASISWA YANG NYANTRI DISANA// YANG NANTINYA MAMPU MENGABDI DI MASYARAKAT DAN MAMPU MENINGKATKAN DERAJATNYA//

SOUND BITE : ABDUL HARIS (MAHASISWAN MA’HAD ALI AL-HIKAM)

IN : Wawancara ke 3

OUT :

SEMUA UNSUR DAN FIHAK YANG IKUT BERPERAN DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM MALANG MENJALIN HUBUNGAN YANG HARMONIS DAN DINAMIS/ BAIK SECARA KELEMBAGAAN MAUPUN ANTAR-PERSONAL// DIWARNAI OLEH SUASANA KEKELUARGAAN YANG NYAMAN DAN RASA KASIH SAYANG// SEBAGAI LANDASAN FILOSOFIS SERTA ARAH DAN TUJUAN PENDIDIKAN YANG DIKEMBANGKAN OLEH PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM KE DEPAN

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> PETUAH BIJAK : Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur)

=> CLOSING :......(HOST)CITA HELMI..............................................................

Roll Credit Title

(Running Slow: Horizontal , dengan visual aktivitas pondok dengan skala proporsional)





.





















0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda