Minggu, 09 Maret 2008

PONPES DARUL ULUM JOMBANG

  • PROGRAM : KELILING PESANTREN

  • LOKASI : PONDOK PESANTREN DARUL ULUM JOMBANG

  • EPISODE : 11 (SEBELAS)

  • LIPUTAN : 29 FEBRUARI 2008

  • TAYANG : 23 MARET 2008

===================================================================

SEGMENT 1 => (6’)

BUMPER IN

HIGLIGHT PROGRAM EPISODE INI (30”)

OPENING PROGRAM => (HOST) CITA HELMI……………………………

Still Text: Crew Menuju Lokasi Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang

(NB: Hanya di Segment 1 saja – di proporsikan sesuai alur)

OPENING PENGANTAR SEGMENT DI LOKASI (Reporter) => Cita Helmi


VO.

SALAM SOBAT SANTRI/ PEPATAH MENGATAKAN/ LEBIH BAIK TERLAMBAT DARIPADA TIDAK MELAKUKAN PERUBAHAN SAMA SEKALI// INILAH GAMBARAN SIFAT MANUSIA DIDUNIA!// KEJAHATAN MAMPU DIREDAM DENGAN KEBAIKAN//

TERBUKTI KH. TAMIM IRSYAD ASAL BANGKALAN-MADURA MAMPU MERUBAH KABUPATEN JOMBANG MENJADI KOTA BERIMAN DAN KOTA SANTRI//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

KABUPATEN JOMBANG YANG TERKENAL DENGAN JULUKAN KOTA BERIMAN DAN KOTA SANTRI INI/ DULUNYA MEMPUNYAI MASA KABUT HITAM// SEGALA PERILAKU MANUSIA DISANA TIDAK MENGHIRAUKAN PERATURAN AGAMA// KEJAHATAN DAN TINDAK KRIMINAL MENJADI PEMANDANGAN SETIAP HARI//

MEREKA ADALAH MANUSIA JAHAT YANG TIDAK MEMPERHATIKAN TATAKRAMA PERGAULAN HIDUP DAN KEBERSAMAAN//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

KABAR BURUNG ITULAH AKHIRNYA TERSEBAR SEANTERO PULAU JAWA// SEHINGGA KH. TAMIM IRSYAD MERASA TERTANTANG DENGAN INFORMASI TERSEBUT// NIAT BELIAU DATANG DAN BERTEMPAT TINGGAL DI KAWASAN ITU DALAM SYIAR AGAMA ISLAM// YANG TUJUAN UTAMANYA ADALAH MEMPERBAIKI KEBIASAAN SIFAT JAHAT MASYARAKAT DISANA//

TEPATNYA KAWASAN ITU ADALAH DI DESA REJOSO KABUPATEN JOMBANGI// YANG SEKARANG LOKASI ITU BERDIRI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM REJOSO KABUPATEN JOMBANG// PONDOK PESANTREN INI BERDIRI SEJAK TAHUN 1885 DAN DIASUH LANGSUNG OLEH KH. TAMIM IRSYAD//

TEPAT PADA TAHUN 1930 TONGKAT ESTAFET BELIAU DITERUSKAN ANAKNYA /YAITU KH. ROMLI TAMIM// DAN SEPENINGGAL KH. ROMLI TAMIM/ MUNCUL TIGA TOKOH BESAR KETURUNANNYA// YAITU KH. ROMLI/ KH. DAHLAN CHOLIL/ DAN KH. CHOLIL// KETIGANYA ITULAH YANG AKHIRNYA MENERUSKAN PERKEMBANGAN PERJALANANNYA PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KABUPATEN JOMBANG INI//

SOUND BITE : KH. CHOLIL (PENGASUH PONPES DARUL ULUM JOMBANG)

IN : Wawancara ke 1

OUT :

MEREKA ADALAH TOKOH MUDA PEMBARUAN YANG MAMPU MERUBAH WAJAH PESANTREN INI MENJADI LEBIH MAJU// ITULAH AWAL PERKEMBANGAN PONDOK PERSANTREN DARUL ULUM INI KE TINGKAT YANG LEBIH BAIK// NAMUN MERUBAH HAL TERSEBUT TIDAK SEMUDAH MEMBALIKAN TANGAN!/ PERLU PROSES WAKTU PANJANG//

SELAIN ITU DALAM PERKEMBANGANNYA JUGA MENGALAMI PASANG- SURUT // PERUBAHAN-PERUBAHAN ITU JUSTRU MEMBERIKAN CITRA BARU DALAM KEPONDOK PESANTRENAN YANG SEBENARNYA// YAITU SUATU WADAH PENDIDIKAN YANG MEMAKAI METODE PENGAJARAN ILMU PENGATAHUAN AGAMA YANG PERNAH DIPAKAI OLEH PARA SESEPUH PONDOK DISANA//

SEHINGG JALAN DAN JAWABAN MASYARAKAT MUDAH MENTERJEMAHKAN KEINGINAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KEDEPAN//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 2 atau Visual

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 2 => (7’)

  • BUMPER IN

Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”)

SOBAT SANTRI/ BAGI SEORANG TEHNOKRAT PENDIDIKAN ADALAH NOMOR SATU// DARI PENDIDIKAN ITULAH SEGALA ILMU TERKANDUNG// SEHINGGA KEMAJUAN NEGARA DAN BANGSA MAMPU DICAPAI//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

TEPAT PADA TAHUN 1967 DARUL ULUM MEMPERJELAS KEBERADAAN PENDIDIKAN FORMALNYA YANG BERALIFILIASI DENGAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

SELAIN MENGEMBANGKAN ILMU SALAFIYAH JUGA MENERAPKAN PENDIDIKAN UMUM// HAL ITU DILAKUKAN SEBAGAI PEMBAHARUAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DARU ULUM// BUKAN BERARTI PESANTREN DISANA MENINGGALKAN AJARAN SESEPUH DARUL ULUM/ NAMUN MALAH SEBALIKNYA MENERAPKAN PRINSIP KEBUTUHAN MASYARAKAT DEWASA INI//

HAL ITULAH CIKAL BAKAL PENINGKATAN KECERDASAN PARA SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM// BAIK MENDAPATKAN PENDIDIKAN FORMAL MAUPUN NON FORMAL// SEMUA ITU MENGACU KEPADA PENDIDIKAN PESANTREN YANG BERINTELEKTUAL DAN MEMPUNYAI AKHLAK YANG BAIK//

SOUND BITE : KH. CHOLIL (PENGASUH PONPES DARUL ULUM JOMBANG)

IN :

OUT :

BERKAT USAHA KERAS ITULAH/KEMAJUAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM MAJU DENGAN PESAT// MULAI TINGKAT MADRASAH SAMPAI PERGURUAN TINGGI ADA DISANA//

SEMENTARA PENERAPAN SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM/ JUGA TIDAK TERBATAS PADA ILMU AGAMA DAN KURIKULUM NASIONAL/ NAMUN JUGA MENGGUNAKAN KURIKULUM INTERNASIONAL// SALAH SATUNYA ADALAH SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN//

SOUND BITE : Ir. MOHHAMAD ASPIYAK,M.Pd.I (KEPALA SEKOLAH SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN). Wawancara ke 2

IN :

OUT :

DIMANA KETIGA PERPADUAN TERSEBUT MAMPU DIGABUNGKAN MENJADI SATU// ATAS DASAR ITULAH/ SMA DARUL ULUM 2 MENJADI PROJEK PERCONTOHAN DI SEKOLAH LAIN DI PROPINSI JAWA TIMUR// UNTUK KURIKULUM INTERNASIONAL/ MENGACU PADA METODE PENDIDIKAN UNIVERSITY OF CAMBRIDGE INGGRIS// YANG BEKERJA SAMA DENGAN BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEHNOLOGI JAKARTA//

DIMANA SEKOLAH ITU BERORENTASI PADA PENGEMBANGAN SANTRI DALAM PENGUASAAN IMTAQ DAN IPTEK// SEBAGAI BEKAL DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA PARA SANTRI DALAM MENGHADAPI MASA DEPAN//

HAL ITU SEBAGAI PERWUJUDAN VISI DAN MISI SEKOLAH DALAM RANGKA MENJAWAB KEBUTUHAN ZAMAN// HAL ITU SEBUAH ALTERNATIF PENDIDIKAN YANG MAMPU MENGHASILKAN LULUSAN YANG SETARA DAN DIAKUI INTERNASIONAL// DENGAN CIRI KHAS SISTEM FULL DAY SCHOOL DAN BOARDING SCHOOL//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 3 …Wawancara atau Visual )

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 3 => (7’)

  • BUMPER IN

  • Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

SOBAT SANTRI/MESKI PERUBAHAN SISTEM PENDIDIKAN MEKAJU DENGAN CEPAT/NAMUN VALIDITAS METODE LAMA MASIH MENJADI RUJUKAN// BENARKAH DEMIKIAN!//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

DALAM RANGKA MENGEMBAN AMANAT UMAT DAN MENGANTIPASI TANTANGAN ERA GLOBALISASI DALAM BIDANG PENDIDIKAN// MAKA PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KABUPATEN JOMBANG MENGEMBANGKAN SISTEM ITU DENGAN CEPAT MENJAWABNYA// INI SEMUA MERUPAKAN ILUSTRASI/BAHWA PONDOK PESANTREN DARUL ULUM SUDAH MODERN//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

CITA HELMI (Reporter) => In Frame

(Menerangkan TENTANG FASILITAS PERPUSTAKAAN PONPES DARUL ULUM.)

MESKIPUN MENGGUNAKAN METODE BARU DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR-MENGAJAR /NAMUN METODE LAMA MASIH DIJAMIN VALIDITASNYA// DAN HAL ITU MERASA PERLU UNTUK DIJAGA SAMPAI KAPANPUN DAN TIADA AKHIR MASA BATASNYA//

DENGAN DITUNJANG BERBAGAI SARANA-PRASARANA YANG DIBUTUHKAN DI SESUAIKAN DENGAN KEMAJUAN SEKARANG// MULAI DARI FASILITAS GEDUNG YANG LUAS/ ASRAMA PARA SANTRI YANG NYAMAN DAN RUMAH SAKIT TERSEDIA DISANA// SEHINGGA KENYAMANAN DALAM PROSES BELAJAR BAGI SANTRI SANGAT TERJAMIN//

CITA HELMI (Reporter) => In Frame

(Menerangkan TENTANG FASILITAS DI RUMAH SAKIT PONPES DARUL ULUM.)

MENAKJUBKAN MEMANG!// APABILA KITA MELIHAT DISANA// KAWASAN YANG MEMPUNYAI LUAS 27 HEKTAR INI/TAK DIPUNGKIRI LAGI SEBAGAI TEMPAT PENDIDIKAN MODERN BERTARAF INTERNASIONAL//

SEHINGGA KETERKAITAN DALAM PROSES BELAJAR CUKUP DALAM SATU WILAYAH PESANTREN INI// SEMUA TER-AKOMADASI DAN TERFASILITASI DENGAN BAIK DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KABUPATEN JOMBANG INI// DENGAN SISTEM PENDIDIKAN SATU ATAP// ARTINYA SEMUA KEBUTUHAN PROSES BELAJAR PARA SANTRI SUDAH TERPENUHI//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 3 atau Visual )

(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)

  • BUMPER OUT

SEGMENT 4 => (4’)

  • BUMPER IN

Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”)

SOBAT SANTRI/PONDOK PESANTREN DARUL ULUM MERUPAKAN PROJEK PERCONTOHAN SISTEM PENDIDIKAN SATU ATAP// APAKAH INI MERUPAKAN JAWABAN MODEL PEMBELAJARAN MASA DEPAN?//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

DENGAN ADANYA BERBAGAI FASILITAS YANG ADA MEMBUAT SANTRI MENJADI BETAH TINGGAL DI KAWASAN PESANTREN DARUL ULUM INI// DIMAN FASILITAS TERSEBUT MAMPU MEMBERIKAN KONTRIBUSI PENGEMBANGAN BAKAT SANTRI DALAM PROSES BELAJAR// HINGGA MAMPU MEMBENTUK MEREKA DALAM SEGI IMTAQ DAN IMTEK//

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound(15”)

KARENA SEMUA TERCAKUP SUDAH MENJADI SATU KESATUAN SISTEM PENDIDIKAN// BAIK ILMU UMUM MAUPUN ILMU AGAMA// DIMANA YANG SEBELUMNYA TIDAK TAHU SAMA SEKALI TENTANG KEHIDUPAN PESANTREN/ TOH AKHIRNYA MENJADI TAHU!// SEHINGGA BEKAL KECERDASAN ITU MAMPU MEMBERIKAN KONTRIBUSI DIRI SENDIRI MAUPUN ORANG LAIN//


CITA HELMI (Reporter) => In Frame

(Menerangkan TENTANG MUHADHARAH/KHITOBAH.)

KEGIATAN KHITOBAH INI SEBAGAI MODAL DASAR MELATIH KEPEMIMPINAN PARA SANTRI DALAM TERJUN DI MASYARAKAT// DIMANA BEKAL AGAMA ITU JUGA MEMBERIKAN KESALEHAN DAN INTEGERITAS ILMU YANG TINGGI// BEKAL ITULAH YANG MAMPU MEMBENTUK MANUSIA YANG MUSLIMAH BERINTELEKTUAL AKHLAQUL KARIMAH//

SOUND BITE : ANDRY TRIWAHYUNI (SANTRI PUTRI PONPES DARUL ULUM)

IN : Wawancara 3

OUT :

MEMASUKI DUNIA PONDOK PESANTREN MEMANG SANGAT MENYENANGKAN// MESKIPUN PADA AWALNYA RASA BOSAN SANGAT MENAKUTKAN// NAMUN KENGERIAN ITU MAMPU TERLEWATI DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM INI// KARENA KENYAMANAN DAN SEMUA FASILITAS TERSEDIA DISANA//

TIDAK HANYA FALITSA DALAM BIDANG BELAJAR SAJA/TETAPI BIDANG-BIDANG LAIN JUGA ADA// INILAH YANG MEMBUAT PARA SANTRI SANGAT SENANG TINGGAL DIKAWASAN PESANTREN// APALAGI PESANTREN SEKARANG TIDAK SEPERTI DAHULU LAGI// DIMANA KESAN TRADISIONAL DAN KOTOR SUDAH TIDAK ADA LAGI// HANYA NAMPAK ASRI DAN NYAMAN YANG SELALU TERLIHAT DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM INI//

SOUND BITE : MIFTAHUL ARIFIN (SANTRI PUTRA PONPES DARUL ULUM)

IN : Wawancara 4

OUT :

HINGGA MAMPU MEMBENTUK SANTRI YANG BERKUALITAS// BAIK PENGUASAAN DALAM BIDANG AGAMA MAUPUN TEHNOLOGI TINGGI// MESKI BERAGAM KARAKTER SANTRI DARI SELURUH INDONESIA/NAMUN RASA KEBERSAMAAN ITU ADA// BELAJAR MANDIRI DAN SALING TOLONG MENOLONG SUDAH MENJADI KEWAJIBAN BAGI PARA SANTRI DISANA//

ITULAH WARNA-WARNI KEHIDUPAN DI PESANTREN!// BELAJAR DAN TERUS BELAJAR MENJADI KEWAJIBAN BAGI MEREKA DISANA// HINGGA MEMBENTUK MUSLIM YANG KUAT DI IMTAQ DAN CANGGIH DALAM BERFIKIR IPTEK// SEMUA ITU SEBAGAI JAWABAN DALAM MENGIKUTI KETERTINGGALAN TEHNOLOGI TINGGI DI MASA MENDATANG//

=> PETUAH BIJAK (KE 2): Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur)

=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …

=> CLOSING : .......(HOST) CITA HELMI ..........................................................................


Roll Credit Title (Running Slow: Horizontal , dengan visual aktivitas pondok dengan skala proporsional)




0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda