PONPES NURUL JADID PROBOLINGGO
PROGRAM : KELILING PESANTREN
LOKASI : PONDOK PESANTREN NURUL JADID PROBOLINGGO
ESPISODE : 13
TGL PRODUKSI : 6 MARET 2008
TGL TAYANG : 30 MARET 2008
SEGMENT 1 => (6’)
BUMPER IN
HIGLIGHT PROGRAM EPISODE INI (30”)
OPENING PROGRAM => HOST CITAM HELMI (IN FRAME)………
Still Text: Crew Menuju Lokasi Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo
(NB: Hanya di Segment 1 saja – di proporsikan sesuai alur)
OPENING PENGANTAR SEGMENT DI LOKASI (HOST) => Cita Helmi
VO.
ASSALAMU’ALAIKUM SOBAT SANTRI/PESANTREN SEOLAH KAWAH CANDRADIMUKA/YANG TIDAK PERNAH KERING MEMASOK MANUSIA IKLAS DAN BERAKHLAK MULIA// SEPERTI YANG DILAKUKAN PONDOK PESANTREN NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO INI//
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
KABUPATEN PROBOLINGGO MERUPAKAN KAWASAN MASYARAKAT MUSLIM DI PROPINSI JAWA TIMUR// KARENA BANYAK PONDOK PESANTREN BERDIRI MEGAH DIKAWASAN ITU// SALAH SATUNYA PONDOK PESANTREN NURUL JADID DI DESA KARANGANYAR KECAMATAN PAITON KABUPATEN PROBOLINGGI//
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
PADA TAHUN 1950 SEORANG ULAMA BESAR DARI PULAU MADURA/ DATANG DAN MENETAP DI DESA KARANGANYAR// KH. ZAINI ABDUL MUN’IM /BELIAU MENGISOLIR DIRI DARI KESERAKAHAN DAN KEKEJAMAN KOLONIAL BELANDA PADA SAAT ITU// NIAT BELIAU ADALAH MENERUSKAN PERJALANAN KE JOGYAKARTA UNTUK BERGABUNG PADA PEJUANG BANGSA INDONESIA//
NAMUN WAKTU BERKATA LAIN/ TERNYATA PADA AWAKTU ITU PERJUANGAN BANGSA INDONESIA SUDAH BERAKHIR// BUMI INDONESIA DALAM KEADAAN AMAN// SEHINGGA KH. ZAINI ABDUL MUNIM TINGGAL DAN MENETAP DIKAWASAN DESA KARANGANYAR// PERLAHAN TAPI PASTI/ PESANTREN ITU BERDIRI SEDIKIT-DEMI SEDIKIT// DIAWAL BERDIRINYA HANYA MEMPUNYAI DUA SANTRI// DAN BEBERAPA TAHUN KEMUDIAN MENJADI 30 SANTRI YANG MONDOK DAN MENETAP PESANTREN ITU//
NAMUN SEIRING PERKEMBANGANNYA/ PONDOK PESANTREN NURUL JADID TIDAK HANYA MEMBERIKAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA/NAMUN MELUAS HINGGA PELAJARAN UMUM// MULAI DARI MADRASAH HINGGA PERGURUAN TINGGI ADA DISANA//
SOUND BITE : KH. ZUHRI ZAINI,BA (PENGASUH PONPES NURUL JADID PROBOLINGGO)
IN : 00. 02. 11
OUT : 04. 14. 16
KEBERADAAN PESANTREN INI TAK LEPAS DARI KONTRUKSI KEMASYARAKATAN YANG MENCITRAKAN ATAS PERJALANAN HISTORIAL SOSIAL DISANA//
HINGGA PONDOK PESANTREN TIDAK HANYA MENJADI LEMBAGA DAKWAH/NAMUN JUGA SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN UMUM// SELAIN SANTRI TEKUN BERIBADAH KEPADA ALLAH/ PESANTREN JUGA MAMPU MENCIPTAKAN MANUSIA-MANUSIA YANG BERTAKWA DAN MUSLIM//
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 2 atau Visual )
(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)
BUMPER OUT
SEGMENT 2 => (7’)
BUMPER IN
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
SOBAT SANTRI/ ILMU SECARA DEFINITIF BERARTI MENGETAHUI YANG TIDAK DIKETAHUI//SEBAGAI MAHKLUK YANG DIBERKAHI AKAL FIKIRAN OLEH ALLAH SWT/MANUSIA WAJIB MENCARI ILMU/ DALAM MENITI JALAN HIDUPNYA// TANPA ILMU MANUSIA AKAN MENGALAMI KESULITAN DALAM HIDUPNYA//
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
SEIRING JALAN/ PONDOK PESANTREN DALAM FUNGSINYA SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN UNTUK MENCARI ILMU// UPAYA INI TENTUNYA DIUSAHAKAN SECARA SISTEMATIS DAN EFEKTIF YANG SESUSAI DENGAN NILAI PESANTREN SECARA UMUM//
BAIK ITU PENDIKAN SALAFIYAH MAUPUN PENDIDIKAN UMUM//
SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN NURUL JADID INI SELALU BERKEMBANG MENURUT ALUR// HAL ITU DILAKUKAN DEMI KEMAJUAN PENDIDIKAN PESANTREN SEKARANG INI//
HINGGA TEPAT TAHUN 1970-AN SISTEM PENDIDIKAN SUDAH MENGALAMI KEMAJUAN PESAT// BAHKAN SEBAGIAN SEKOLAH AGAMA DI PESANTREN INI DI NEGERIKAN OLEH PEMERINTAH// PENGAKUAN ITU ADALAH YANG PERTAMA DI JAWA TIMUR PADA WAKTU ITU//
SOUND BITE : KH. ABDUL HAQ, Lc (KETUA YAYASAN PONPES NURUL JADID PROBOLINGGO)
IN : 04. 25. 04
OUT : 11. 30. 04
PENDIDIKAN DAN PEMBINAAN SANTRI ADALAH SERANGKAIAN UPAYA PEMBELAJARAN KEPESANTRENAN// HAL INI DILAKSANAKAN DALAM RANGKA UNTUK MENGAHANTARKAN SANTRI MENUJU SEBUAH TIPE PRIBADI MANUSIA MUSLIM YANG SEIMBANG// ITUPUN HARUS DIDUKUNG DENGAN FASILITAS YANG MODERN DAN LENGKAP SEBAGAI PENUNJANGNYA//
CITA HELMI (Reporter) => In Frame
(Menerangkan di DI PERPUSTAKAAN))
IN : 22. 52.18
OUT : 24. 08. 19
FASILITAS MEMBACA ITU SEBAGAI KEPERCAYAAN DAN PERHATIAN MASYARAKAT LUAS TERHADAP KEBERADAAN PESANTREN NURUL JADID// BUKTI DAN KEMAJUAN ITULAH YANG AKAN MEMBERIKAN KECERDASAN PARA SANTRI DISANA// ALHAMDULLILAH SAMPAI SEKARANG PERKEMBANGAN PESANTREN INI CUKUP BAIK// MULAI DARI MADRASAH SAMPAI PERGURUAN TINGGI/SEMUA MENGACU DAN BERINDUK PADA NU//
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 2 atau Visual )
(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)
BUMPER OUT
SEGMENT 3 => (7’)
BUMPER IN
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
SOBAT SANTRI/ KESADARAN BERILMU AMAT ERAT BERKAITAN DENGAN AKHLAK BUDI PEKERTI DAN TATA KRAMA// MESKI ZAMAN TELAH BERUBAH/NAMUN MORALITAS SANTRI HARUS TETAP TERJAGA//
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
DI SATU PIHAK PONDOK PESANTREN NURUL JADID INI TERUS MENYESUAIKAN DIRI DALAM KONTEK MODERNISASI// YANG MANA PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN ITU SUDAH BERKEMBANG PESAT DAN TIDAK SEPERTI DULU LAGI // APALAGI DIDUKUNG DENGAN SEGALA FASILITAS TEKNOLOGI YANG MODERN // SUDAH BARANG TENTU / SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL JADI INI SUDAH SIAP AKAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TINGGI SEKARANG// SALAH SATUNYA MEDIA RADIO BERBAHASA ASING//
CITA HELMI (Reporter) => In Frame
(Menerangkan di DI RADIO PONPES NURUL JADID BERBAHASA MANDARIN DAN INGGRIS)
IN : 13.15.03
OUT : 13.52.06
SEMENTARA DALAM METODE PENDIDIKAN/ SANTRI TERUS DIUPAYAKAN UNTUK TAFAQQUH FIL AL DIN// DALAM BIDANG KEILMUAN SANTRI DITEMPA UNTUK MENGUASAI KESEIMBANG KHASANAH KEILMUAN MODERN DAN KLASIK YANG TERTUANG DALAM KITAB KUNING// UTAMANYA BAGI MEREKA YANG DUDUK DIJENJANG MADRASAH IBTIDAIYAH/MADRASAH TSANAWIYAH/ DAN MADRASAH ALIYAH// SEPERTI KEGIATAN SOROGAN//
PENGAJIAN DENGAN METODE INI LEBIH DITEKANKAN KEPADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI TEKS KITAB YANG MENJADI SUMBER BAHAN// METODE SOROGAN INI LEBIH MEMUNGKINKAN SANTRI MEMPEROLEH KESEMPATAN SECARA AKTIF MEMBACA DAN MEMAHAMI KITAB//
CITA HELMI (Reporter) => In Frame
(Menerangkan KEGIATAN MEMBACA KITAB METODE SOROGAN )
IN : 28. 16. 14
OUT : 28. 56. 15
BUKAN BERARTI MEREKA TIDAK MENGUASAI BIDANG KEAGAMAAN/NAMUN KESEIMBANGAN BIDANG LAIN SELALU DITERAPKAN// JADI POLA PENDIDIKAN DAN PEMBINAAN SANTRI DILAKUKAN SECARA INTEGRAL// SEHINGGA TERJADI SEBUAH PROSES YANG SALING MENDUKUNG ANTARA PROGRAM DI SEKOLAH DAN KEGIATAN DIASRAMA//
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
=> Cuplikan Segment dengan mengambil vocal point interest Segment 2 atau Visual )
(include: Tulisan with border …SELANJUTNYA …)
BUMPER OUT
SEGMENT 4 => (7’)
BUMPER IN
Ilustrasi Insert Visual
SOBAT SANTRI/SALAH SATU PERAN PONDOK PESANTREN ADALAH SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN// MELALUI PENDIDIKAN PESANTREN TRANSFORMASI SOSIAL BUDAYA CEPAT TERSERAP// PASALNYA PERAN PESANTREN TERBUKTI EFEKTIF DALAM MELAHIRKAN KADER-KADER HANDAL DALAM SEGALA BIDANG//
Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
DALAM PENGELOLAANNYA/ SEARAH PERKEMBANGAN ZAMAN/ PONDOK PESANTREN INI DITUNTUT UNTUK SELALU DINAMIS DAN MENGIKUTI PERKEMBANGAN// SEHINGGA PADA TARAF BERIKUTNYA TIMBUL PEMBAGIAN TUGAS DAN PERAN ANTARA BEBERAPA PONDOK PESANTREN SECARA FUNGSIONAL SESUAI DENGAN VISI DAN MISI PENGEMBANGANNYA//
MESKIPUN PONDOK PESANTREN NURUL JADID MENGADOPSI SISTEM PENDIDIKAN MODERN/ NAMUN TETAP MEMPERTAHANKAN METODE PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN KHAS PESANTREN// MELALUI PENERAPAN METODE INI/ KEMAMPUAN SANTRI DALAM MEMBACA DAN MEMAHAMI ILMU SELALU UP TO DATE//
ARTINYA SELALU MENGIKUTI PERKEMBANGAN DUNIA//
CITA HELMI (Repoter) => In Frame
(Menerangkan tentang DISKUSI BHS INGGRIS)
IN : 26. 04. 24
OUT : 26. 29. 04
ARAH DAN TUJUAN PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN INI ADALAH SESUAI DENGAN UNDANG-UNDANG PENDIDIKAN NASIONAL NO. 02 TAHUN 1989//
YANG TETAP BERDASARKAN PANCASILA DAN UUD 1945// SEBAGAI TUJUAN
MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA DAN MENGEMBANGKAN MANUSIA SEUTUHNYA//
SEBAGAI SANTRI YANG BERIMAN DAN BERTAKWA KEPADA ALLAH SWT DAN BERBUDI LUHUR// MEMILIKI ILMU PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN KESEHATAN JASMANI DAN ROHANI// JIWA YANG SEHAT/AKAN MENUMBUHKAN FIKIRAN SEHAT PULA//
SEMBOYAN ITU DIBUKTIKAN OLEH PENDIRI PONDOK PESANTREN NURUL JADID KABUPATEN PROBOLINGGO// KEBERSIHAN DAN KEMEGAHAN FISIK GEDUNG TERTATA DENGAN BAIK DISANA//
SEMUA ITU SEBAGAI KELANCARAN PROSES BELAJAR- MENGAJAR DI PONDOK PESANTREN NURUL JADID// SEBAGAI PENUNJANG PRESTASI DAN MENINGKATKAN KUALITAS BERFIKIR PARA SANTRI YANG BELAJAR //
APALAGI SETIA HARI DIANTARA SANTRI DIWAJIBKAN BERDIALAOG MEMAKAI BAHASA INGGGRIS DI SEKITAR LINGKUNGAN PONDOK//INILAH HEBATNYA SANTRI NURUL JADID// PENDIDIKAN AGAMA/ILMU UMUM DAN KEORGANISASIAN MENYATU DALAM MATA PELAJARAN SETIAP HARINNYA// INILAH GAMBARAN KREATIFITAS SKIL YANG MAMPU DIPELAJARI SANTRI NURUL JADID//
SOUND BITE : ZAINIATUS SHOFI AFRILIYAH (SANTRI PUTRI)
IN : 50. 55. 15
OUT : 55. 51. 21
KESEIMBANGAN ITULAH YANG MAMPU BERJALAN BERIRINGAN BERSAMA// SEBAGAI PENYEIMBANG HARAPAN KEDEPAN BAGI PONDOK PESANTREN NURUL JADID PROBOLINGGO// BAHKAN SALAH SATU SANTRINYA MAMPU MENJADI JUARA 3 TINGKAT NASIONAL DALAM LOMBA MEMBACA KITAB KUNING DI BANDUNG//
SEMENTARA BELAJAR DAN MONDOK DI PESANTREN INI TAK TERASA MESKI WAKTU PANJANG// KARENA KEGIATAN BELAJAR DILAKUKAN TERUS-MENERUS// PROSES ITU TAK LEPAS DARI PENGAWASAN SEORANG PEMBIMBING// HINGGA PONDOK PESANTREN NURUL JADID INI TERKENAL DI ASIA TENGGARA// DENGAN JUMLAH SANTRI MENCAPAI 6000 ORANG// SALAH SATUNYA SANTRI BERASAL DARI MALAYSIA INI//
SOUND BITE : AHMAD MUNAWI (SANTRI PUTRA DARI MALAYSIA)
IN : 11. 48. 16
OUT :
MENJADI SANTRI NURUL JADID ADALAH SUATU KEBANGGAAN TERSENDIRI// KARENA SEGALA KEUNGGULAN PENDIDIKAN MAMPU DIRAIH DISANA// SEBAGAI BEKAL MUSLIM YANG BERINTELEKTUAL DALAM BERKARYA UNTUK BANGSA DAN NEGARA// SEMOGA IMPIAN SANTRI KEDEPAN MAMPU TERCAPAI BAIK// AGAR MENJADI SANTRI YANG MEMBANGGAKAN BAGI MASYARAKAT DAN ORANG TUA//
=> PETUAH BIJAK (KE 2): Dr. KH. Ali Maschan Moesa (Ketua PW-NU Jawa Timur)
=> Ilustrasi Insert Visual with Backsound (15”) …
=> CLOSING : …………(HOST) => Cita Helmi…………………………………….
Roll Credit Title (Running Slow: Horizontal , dengan visual aktivitas pondok dengan skala proporsional)
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda